@ # m w CARA MUDAH MENGUKIR BAN BEKAS

CARA MUDAH MENGUKIR BAN BEKAS

Siapa bilang ban bekas tidak dapat dipakai ulang .....? Bisa kok ban bekas dipakai ulang. Kalau nggak percaya tengok di tempat tukang tambal ban, kalian akan menemui  tumpukkan ban ban bekas yang telah direvisi lagi atau telah diukir. Ban ban bekas tersebut biasanya diukir menyesuaikan kembangan aslinya, karena akan lebih mudah .

Ban bekas yang telah diukir ini sering juga disebut ban batikan ,karena mengukirnya kaya membatik kain.
Ban seperti ini tentu saja ketebalannya berkurang dibandingkan ban aslinya atau yang baru , karena akibat dari gesekan dengan jalan beraspal ban tersebut menjadi hilang ketebalannya dan juga kembangannya . Karena akibat dari gesekan yang berulang ulang dengan jalan beraspal   akhirnya ban  menjadi aus dan gundul.

Ban batikan ini kalau dipakai masih mempunyai jangka waktu kurang lebih 2 bulan , tergantung pemakaiannya  juga ,kalau dipasangkan pada roda depan bisa  bertahan sampai 3 bulan.
Harganya sangat terjangkau oleh masyarakat menengah kebawah dengan harga yang cukup murah ,coba tebak berapa harganya kalau tahu......,ya cuma 20 ribu rupiah sudah sama pasang sekalian.murah bukan ,,,,,? mungkin kalian sudah pernah ada yang mencobanya  , waktu kantong mulai menipis  sedang kebutuhan  lain masih banyak yang belum terbeli. Sedangkan harga ban yang baru bisa mencapai 7 kali lipat harga ban batikan  tersebut. Lumayanlah bisa menolong beberapa bulan ,kalau sehari mau menabung 2 ribu maka sampai tiga bulan dapat untuk beli ban yang baru iya kan.

Menurut tukang tambal ban tersebut penjualan ban batikan cukup lancar ,dibandingkan menjual ban baru.
" wah kalau menjual ban baru bisa berbulan bulan baru laku ,itu juga paling laku satu atau dua ..." kata tukang tambal  ketika ditanya kok nggak jual ban baru.
" modalnya sudah berlipat lipat lagi dari ban batikan , untungnya nggak seberapa...." lanjutnya sambil membongkar ban untuk diganti dengan ban batikan.
Alat yang belum dirangkai
Alat batik ban yang sudah dirangkai


Nah kalian pengin tahu caranya mmengukir ban bekas yang sederhana....? , sediakan alat alatnya  sepertiSilet , alat penjepit berbentuk leter U yang ujungnya berlobang ( kalian bisa menemukan atau menggunakan anting setelan rantai sepeda  motor Yamaha King ), baut beserta murnya , juga sediakan ring tipis sebesar uang limaratusan logan  beberapa biji .dan kunci ring 12 ,karena bautnya ukuran nomor 12.
Dirangkai lebih dahula alat tersebut , caranya : ambil setelan rantai tadi , kemudian lubangnya dimasukin baut ,sebelum keluar kelubang yang kedua masukkan ringnya ada 5 buah  ,baut keluar kelubang kedua .Kemudian mur dipasangkan tapi jangan kencang kencang dulu .Lalu ambil silet bentuk leter U ,kemudian ujung dimasukkan kesetean rantai tadi dan ujung ujungnya dijepit oleh ring  dan mur dikencangkan.
gmbr.mengukir ban  bekas


Setelah alatnya jadi ,ambil ban bekas yang gundul pilih yang agak tebal  caranya :
1. Alat tadi ditempelkan kepermukaan ban lalu ditekan dan ditarik menancap mengikuti bekas kembangan         aslinya  dan melingkar sampai ketemu ujungnya tadi.
2. Setelah sebelah kiri selesai ,gantian sebelah kanan prosesnya sama seprti yang kiri .      
Nah mudah bukan ,cara mengukir ban bekas tadi , kalau sudah biasa lama lama akan lancar.

Demikianlah sekilas info mengenai cara mengukir ban bekas , semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Dan jangan lupa kunjungannya dan masih ada info lainnya.


Subscribe to receive free email updates:

close