@ # m w PERKEMBANGAN BAN DARI MASA KEMASA

PERKEMBANGAN BAN DARI MASA KEMASA



. Kalian pasti tahu apa itu ban , bentuknya bulat terbuat dari karet yang melingkar pada roda kendaraan baik sepeda , becak maupun kendaraan bermesin seperti sepeda motor , mobil  bahkan roda pesawat terbangpun menggunakan ban .
Betapa pentingnya ban sebagai alat pelengkap transportasi bagi manusia, kalian bisa pergi dengan nyaman dari desa kekota maupun dari kota yang satu kekota yang lain dengan lancar karena adanya ban tersebut.

Adapun asal mula penemuan ban ditemukan oleh  John Boyd Dunlop yang dilahirkan dari  keluarga petani di Dreghom , North Ayrshire Skotlandia pada tanggal 5 Februari  1840.
Awal penemuan ini dimulai ketikka ia pertama kali mendesign roda sepeda untuk putranya yang sengaja dirancang untuk mengurangi goncangan waktu sepeda dikendarai dijalan yang tidak rata ,yang menyebabkan sakit kepala .John berusaha keras atas keluhan anaknya karena sepeda roda tiganya waktu itu dikendarai tidak nyaman.
 .
. Sumber gambar :Google.
.Pada tahun 1887 , John Boyd Dunlop berhasil  mendesign dan mengembangkan ban yang berisi angin pertama untuk sepeda roda tiga anaknya. Temuan John merupakan sebagai terobosan kemajuan pengembangan ban karet pada abad 18.
Kemudian pada tanggal 7 Desember tahun 1888 temuannya tersebut dipatenkan di Britania Raya Inggris dan sampai sekarang kita bisa menikmati kenyamanannya . ( sumber biografi.com ) .

Dalam perkembangannya munculah pabrikan pabrikan ban  konvensional  seperti : IRC , FEDERAL, SWALLOW, CORSA,BRIDGETSTONE , MICHELLIN  dll.
Perusahaan tersebut memproduksi ban luar maupun ban dalam yang mempunyai kualitas bagus dan harga terjangkau kecuali ban ban tertentu yang mempunyai harga lebih mahal . 
Ban ban tersebut akan memberi rasa aman dan  nyaman dijalanan apabila digunakan baik di jalanan aspal mapun bukan dan massa pemakaianya cukup lama .
Untuk jalan jalanan tertentu ban didesign sesuai kondisi sehingga pengguna akan merasa betah dan menjamin keselamatan pemakainya.
Pengguna tinggal memilih karena design ukiran ban yang aneka macam yang befungsi memberi keselamatan dijalan raya.

Kenyataannya untuk dipergunakan ban tersebut masih harus diisi angin  , karena tanpa dipompa ban tersebut belum bisa dipergunakan .

BAN TUBELES
Pabrikan selalu mengadakan inovasi inovasinya untuk menemukan hasil produk yang lebih baik .Dengan adanya pemuan baru seperti Ban Tubeles akan menambah keanekaragaman hasil produk yang akan memberikan daya saing yang lebih menguntungkan .
.
.Sumber gambar :Google.
. Ban tubeles hasil dari inovasi merupakan ban yang cara pemakaiannya tidak menggunakan ban dalam.
Dengan menggunakan ban model ini pengguna dimanjakan karena akan lebih irit baik dalam segi ekonomi maupun dalam kenyamanan berkendara.
Secara fisik ban ini bentuknya agak melingkar dibandingkan ban tubetype ( atau yang pakai ban dalam ) dan mempunyai ketebalan yang lebih.sehingga akan lebih nyaman apabila dibawa lari dengan tikungan tikugan tajam dan jalan yang mulus.

.Sumber gambar:Google.
. Keuntungan lain  ban ini apabila  ketancap pakupun masih bisa bertahan lama ,karena ban tidak langsung kempes sehingga pengguna masih punya waktu untuk mencari tukang tambal ban ,beda sekali dengan ban  model tubetype ( yang pakai ban dalam ) apabila kena paku akan langsung kempes hal ini tentusaja akan merepotlan pemakai kendaraan tersebut.    

Kini sesuai dengan tuntutan jaman telah diproduksi ban NPT ( Non Pneumatic ) atau ban tanpa angin yang merupakan ban tehnologi masa depan untuk kendaraan bermotor.
Ban ini diperkenalkan oleh pabrikan ban asal Korea Selatan.


HANKOOK  iFLEX.

. Sumber gambar :Google.
. Hankook iFlex adalah prototipe ban Non Pneumatic (NPT) pertama dari pabrikan  Hankkok Tire.
Ban ini dirancang dengan menggunakan bahan bahan yang  ramah lingkungan  ." Dengan menggunakan  Hankook iFlex , performa pengemudi akan memperoleh kecepatan yang tinggi dan sempurna , itu adalah hasil dari komitmen lama Hankook Tire dalam mengembangkan  tehnologi ban inovatif ,progresif secara mandiri "  Ujar wakil kepala dan CEO Hankook Tire Seung Hwa Suh.
Menurutnya ,pengembangan ban ini juga bertujuan untuk memperkuat kepemimpinan tehnologi Hankook dipasar ban global ,dan ia juga berjanji akan terus mengembangkan ban berorientasi masa depan yang canggih dan ramah lingkungan .


.
sumber gambar :Google.
Ban ini telah melalui serangkaian test ketat yang berfokus pada lima katagori  yaitu : daya tahan , kekerasan , daya tahan , stabilitas , kemampuan slalom dan kecepatan.
Hankook menjamin bahan yang dipergunakan iFlex bisa dengan mudah didaur ulang untuk memaksimalkan  potensi produk ramah lingkungan .
sumber : oto-detik.com.


. Sumber gambar :Google.
. Ternyata tidak hanya Korea Selatan yang dapat menciptakan ban tanpa angin ( NPT - Non Pneumatic ), Jepang pun tak mau ketinggalan dalam inovasinya  yaitu menciptakan ban tanpa angin dan anti bocor .

Dipameran Tokyo Motor Show  2015 Sumitomo Rubber Industries ( Dunlop Jepang ) penampilan dua konsep baru GYROBLADE AIRLESS TIRE  dan CORESEAL TIRE SEALANT keduanya membuat tak perlu lagi membawa ban cadangan. Keduanya merupakan ban tehnologi masa depan, tanpa angin dan anti bocor .



GYROBLADE AIRLESS TIRE  .
Gyroblade adalah konsep ban tanpa angin dan anti bocor.
Designnya , peleg logam yang dilingkari bahan resin khusus , kemudian dilapisi tapak ban konfigurasi ini memenuhi seluruh syarat sebuah ban , tanpa perlu diisi angin.
Design Gyroblade bukan hanya aman saat ban bocor karena benda tajam , tetapi juga memangkas perawatan , sekali digunakan mobil tak perlu mengganti ban.
sumber : Kompas .com.
Namun pengguna ban tanpa angin ini masih golongan tertentu dan belum merambah sampai kesemua negara.
Demikianlah sekedar info mengenai  perkembangan ban yang ada dari pertama diciptakan sampai sekarang.  .



Subscribe to receive free email updates:

close