@ # m w Cara Mengatasi Motor Macet Gara gara Kehujanan atau Habis Dicuci

Cara Mengatasi Motor Macet Gara gara Kehujanan atau Habis Dicuci

Pagi pagi mau menghidupkan motor  eh ternyata nggak  mau hidup ,udah diselah beberapa kali masih juga macet mesinnya.Inilah penyakitnya kalau kena hujan semalam waktu pulang dari rumah teman , dan macet seperti itu juga pernah  terjadi waktu  habis dicuci.

Untung aja pagi ini hari libur , jadi ada waktu untuk membongkar kemacetan tersebut dalam mengatasi kemacetan yang terjadi.

Pertama Copot Busi.
Setelah busi kita copot pakai kunci busi yang biasanya sudah disiapkan di bawah jok ,kemudian busi itu kita tes apakah masih ada pengapiannya atau tidak .Caranya ngetes busi ,kita pasang lagi di cop busi kemudian kepala busi ditempelkan pada ground atau bodi lalu kita slah .kalau busi keluar percikan api berarti busi masih bisa dipakai.

Kalau busi keluar percikan api berarti busi masih hidup ,dengan demikian kita tidak perlu mengetes koil . Koil merupakan komponen kelistrikan dari kendaraan bermotor, dimana fungsinya untuk menaikan atau mempertinggi tegangan arus listrik yang keluar dari CDI, arus listrik yang besar tersebut di salurkan ke busi, sehingga busi tersebut dapat memercikkan bunga api yang mampu membakar bahan bakar di ruang silinder.
Jadi kalau koil mati atau tidak berfungsi maka pada waktu ngetes busi otommatis busi tidak akan mengeluarkan percikan api walaupun busi tersebut masih hidup. 

Pelipatgandaan arus listrik melalui koil tersebut dihasilkan oleh kerja dari dua jenis kumparan yang berada di dalam koil tersebut, kumparan pertama disebut primer sedangkan yang satunya lagi di sebut skunder. Koil standar bawaan pabrik rata-rata menghasilkan tegangan antara 12 ribu hingga 15 ribu volt,
Koil berfungsi untuk merubah tegangan rendah dari batrai menjadi tegangan tinggi untuk menghasilkan bunga api pada busi.

Cek Kaburasi
Cek Kaburasi ini adalah untuk motor yang masih pakai kaburasi beda dengan motor keluaran baru yang pakai injection.
 injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar sebagai pengganti kaburator. Namun penulis tidak akan membahas injeksi bahan bakar karena topiknya adalah motor yang pakai kaburasi .
 Nah untuk mengecek kaburasi ini ada dua cara , yaitu cara pintas dan cara manual.

Cara pintas
Untuk mengecek kaburasi secara pintas sangat mudah tidak memakan waktu lama yaitu dengan menutup kran bensin yang mengalir ke kaburasi lalu baut pembuangan bensin yang berada dibagian bawah dikendori sampai bensin yang ada dikaburasi keluar semua.Maka kalau bensin itu kecampur air akan kelihatan yang menyebabkan motor tersebut macet.

Cara Manual
Dengan cara ini akan memakan waktu agak lama , karena harus membongkar atau melepas  kaburasi dari dudukannya . 
Lepaskan semua baut yang mengikat karburator. Setelah itu bersihkan ruang  karburator motor menggunakan kuas sehingga semua kotoran yang melekat dapat dibersihkan. Gunakan mesin semprot bertekanan tinggi untuk membersihkan  bagian dalam karburator yang kotor atau tercampur air.
Selanjutnya copot spuyer dan bersihkan spuyer karburator motor tersebut dengan bensin  secara hati-hati ,kemudian disemprot sampai bersih. 
Hasil gambar untuk gambar bersihkan karburasi

  
Setelah selesai pasang kembali kaburator seperti semula dan tempatkan pada dudukannya , jangan lupa tadi kran bensin yang ditutup dibuka kembali.Untuk mengecek bensin sudah turun keruang kaburasi dengan cara mengendorkan baut pembuangan bensin yang ada dibagian bawah,Kalau sudah mengalir keluar bensinnya berarti bensin sudah turun keruang kaburasi, kemudian baut dikencangi lagi.
Nah sekarang untuk menghidupkan dengan dislah lebih dahulu.....nah hidup to.....
















Subscribe to receive free email updates:

close