@ # m w Wahai Jemaah Haji , Inilah 4 Tips Dalam Menanggulangi Suhu Yang Ekstrem

Wahai Jemaah Haji , Inilah 4 Tips Dalam Menanggulangi Suhu Yang Ekstrem

Musim haji telah tiba , banyak jemaah haji dari Indonesia yang telah diberangkatkan ke tanah suci Madinah . untuk menunaikan rukun islam yang kelima.Dalam melaksanakan ibadah haji ini hukumnya  adalah fardhu 'ain , wajib bagi yang mampu yaitu seumur hidup sekali , seperti yang disebutkan dalam firman Allah ,

Hasil gambar untuk gambar ibadah haji di madinah
Dream.co.id



Allah Ta’ala berfirman,

 وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ
Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS. Ali Imron: 97).

Dan para ulama pun sepakat bahwa hukum haji itu wajib sekali seumur hidup bagi yang mampu. Bahkan kewajiban haji termasuk perkara al ma’lum minad diini bidh dhoruroh (dengan sendirinya sudah diketahui wajibnya) dan yang mengingkari kewajibannya dinyatakan  kafir.
Bukan suatu hal yang baru mengenai  suhu panasnya udara ditanah suci  ,kedatangan jemaah haji dari Indonesia di Madinah disambut suhu ekstrem musim panas. Hembusan angin kering dan debu berterbangan menemani udara panas yang berkisar lebih dari 45 derajat Celcius.

Hal itu langsung dirasakan jamaah setibanya di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, saat mereka keluar dari pintu pesawat. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi para jemaah dan Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi.

Untuk mengatasi suhu yang ekstrem tersebut , Kasi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah Ika Nurfarida Sholeh menjelaskan, bahwa untuk menghindari kemungkinan terburuk, jamaah harus meminimalisir kegiatan di luar ruangan.
“Ini dilakukan agar kondisi tetap fit saat puncak ibadah haji. Karena suhu di Kota Madinah sedang panas, sekitar 40-50 derajat Celcius jika menjelang siang hari,” ujarnya di Madinah, kemarin. 

Jamaah juga diimbau perbanyak minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, mereka juga harus memakai masker yang telah dibasahi karena kelembapan udara di Kota Madinah sangat kering dan rendah. Jika tidak kuat, maka akan membuat hidung berdarah.

“Yang paling ringan kulit kering dan bibir pecah-pecah. Sedang  yang paling berat heat stroke yang dapat berakibat penurunan kesadaran hingga kematian," kata Ika Nurfarida Sholeh di sela mengurus kedatangan jamaah kloter pertama di bandara AMAA Madinah.

Untuk mengantisipasi serangan penyakit akibat suhu tinggi, Ika memberikan sejumlah langkah pencegahan sebagai berikut:
1. Meski tak terasa haus harus banyak minum, 300 cc/jam (segelas), tanpa menunggu haus. “Tidak mengapa meski harus sering ke kamar kecil,” katanya.
2. Memakai pelindung: payung, topi, alas kaki, kacamata hitam, berteduh, masker basah, tabir surya.
3. Hindari aktivitas fisik yang berlebihan terutama di luar gedung.
4. Menyemprot wajah dan bagian tubuh yang terpapar sinar matahari.

Itulah beberapa tips yang dianjurkan untuk para jemaah haji dalam menghadapi suhu yang ekstrem di Saudi Arabia agar kesehatannya tetap terjaga. 
sumber :republika.codan lainnya.











Subscribe to receive free email updates: