@ # m w Inillah 6 Kriteria Yang Ada Pada Manusia dan Di Sukai Nyamuk

Inillah 6 Kriteria Yang Ada Pada Manusia dan Di Sukai Nyamuk

Nyamuk merupakan serangga yang suka menggigit kulit manusia , kehadirannya waktu kita tidur baik siang maupun malam akan sangat mengganggu.Gigitannya aka meninggalkan bekas bekas dikulit berupa gatal gatal maupun bentol bentol bahkan lebih parah lagi akan menimbulkan beberapa penyakit seperti malaria  maupun demam berdarah .

Manusia dengan mengeluarkan sinyal sinyal tertentu akan mudah berpotensi menjadi mangsa serangan  nyamuk untuk dihisap  darahnya .Karena manusia merupakan target sumber makanan yang paling empuk  .
Lalu sinyal sinyal apa sajakah yang ada pada manusia yang berpotensi menjadi santapan nyamuk  ?
Dibawah ini penulis kutip dari merdeka.com dan sumber lainnya dimana manusia yang mempunyai sinyal sinyal yang berpotensi lebih disukai nyamuk   
 

Hasil gambar untuk gambar nyamuk
satujam.com

1. Mengkonsumsi Bir 

Manusia yang mempunyai   kadar ethanol dalam keringatnya akan lebih  disukai nyamuk .
Dimana seseorang yang mempunyai kadar ethanol yang meningkat temperatur tubuh juga naik ini dapat dijumpai pada orang yang mengkonsumsi minuman seperti bir .Mereka yang biasa mengonsumsi bir akan cenderung melepaskan etanol melalui keringatnya yang bisa menarik perhatian nyamuk.

2. Menyukai Baju Warna Gelap
Selain orang dengan kadar ethanol dalam keringat   ternyata nyamuk menyukai pula mereka yang suka mengenakkan pakaian berwarna gelap , kenapa demikian menurut James Day ahli medical Entomologist dari University of Florida menyatakan bahwa nyamuk lebih mudah mendeteksi dan tertarik dengan orang yang menggunakan waarna pakaian gelap seperti warna hitam ,biru tua dan merah ketimbang warna lainnya. 



3. Adanya Bakteri
Sungguh peka sekali indera nyamuk  sampai dapat mengetahui adanya bakteri yang hidup di tubuh manusia sehingga menarik pperhatiannya .Bakteri ini dapat menarik perhatian nyamuk  ternyata  bakteri tersebut melepaskan aroma tertentu.


Penelitian lain telah menunjukkan bahwa tipe dan jumlah tertentu dari bakteri yang hidup secara alami di kulit manusia berpengaruh terhadap daya tarik kita di mata nyamuk. Pada studi tahun 2011, ilmuwan menemukan bahwa memiliki sejumlah besar beberapa tipe bakteri dapat membuat kulit menjadi lebih menarik bagi nyamuk. Anehnya, jika memiliki banyak bakteria dari tipe yang lebih bervariasi membuat kulit justru kurang menarik bagi nyamuk.

4.Adanya Keringat

Jagalah kebersihan dengan cara mandi yang teratur , dengan cara tersebut badan akan bersih dari keringat , karena   keringat yang terdiri dari amonia, asam urat, asam laktat, dan senyawa tertentu begitu menarik perhatian nyamuk. 
  
5.Golongan Darah Tertentu
Nyamuk menggigit kita untuk mendapatkan protein dari darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada tipe darah tertentu yang lebih menggugah selera nyamuk. Studi menemukan bahwa dalam pengaturan terkontrol, nyamuk yang mendarat di tubuh orang-orang bergolongan darah O jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan golongan darah A. Selain itu, karena gen tertentu, sekitar 85 persen orang di dunia mengeluarkan sinyal kimiawi yang menunjukkan golongan darah mereka melalui kulit, sementara sisanya tidak. Nyamuk lebih tertarik pada orang yang mengeluarkan sinyal kimiawi dibanding dengan yang tidak.

6.Wanita Hamilan
Tahukah kamu bahwa ibu hamil lebih menarik perhatian nyamuk? Sebab pernapasan mereka akan cenderung lebih berat. Suhu tubuh juga lebih tinggi. Sehingga para nyamuk doyan menggigit tubuh ibu hamil. 

Ternyata bukan tanpa alasan lho nyamuk-nyamuk ini lebih sering menggigit ibu hamil. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2000, diketahui bahwa ibu hamil memang memiliki risiko lebih besar, tepatnya 2 kali lipat untuk digigit oleh beberapa jenis nyamuk tertentu. Menurut seorang pakar kesehatan, Hal ini disebabkan oleh kecenderungan ibu hamil yang lebih banyak mengambil napas dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Alhasil, ibu hamil jadi lebih banyak memproduksi karbondioksida. Dan karbondioksida inilah yang akhirnya menarik perhatian para nyamuk.

 Perut ibu hamil yang berisi janin memiliki suhu lebih hangat jika dibandingkan dengan suhu tubuh orang biasanya, yakni sekitar 0,7 derajat Celcius lebih hangat. Hangatnya suhu dari perut ibu hamil ini ternyata berimbas kepada peningkatan pelepasan senyawa asam laktat yang juga bisa menarik perhatian nyamuk.










Subscribe to receive free email updates:

close