@ # m w Makan Malam Lebih Awal Berpotensi Mencegah Asam Lambung

Makan Malam Lebih Awal Berpotensi Mencegah Asam Lambung

Kalian mungkin pernah mengalami sakit asam lambung ,rasanya sakit sekali bukan ...?Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur , hal inilah yang  menyebabkan perih dan mual. Sakit  ini dapat  terjadi karena lambung memproduksi asam, untuk mencerna makanan dalam keadaan jadwal yang teratur.
Hasil gambar untuk gambar sakit asam lambung
Ahlinyadiabetes.com
Penyebab Naiknya Asam Lambung
Info yang dikutip dari situs Alodokter.com, sakit asam lambung  pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus. 

Gejala Asam Lambung
Gejala Asam lambung yang dirasakan penderita adalah adanya sensasi terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati. Akibatnya, penderita akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan.
Mulut serta kerongkongan juga akan terasa tidak enak. Penderita juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan menelan makanan. Perawatan serius akan diperlukan jika gejala asam lambung muncul secara terus-menerus.

Bagaimana kalau kita  seringkali mengalami kenaikan asam lambung, mual, dan maag? Padahal selama ini kita merasa bahwa  apa yang kita  makan dengan baik  dan  dengan waktu yang teratur.
Untuk mencegah kejadian tersebut  ada tips yang dilansir dari healthmeup.com, yaitu cara yang lebih efektif lagi untuk menangkal maag. Cara tersebut adalah dengan makan malam lebih awal.

"Makan 3 kali sehari merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Namun khusus untuk makan malam ada perlakuan yang khusus, yaitu sebaiknya kamu makan lebih awal. Jadi kalau biasanya kamu makan pukul 7 malam, maka sebaiknya lakukanlah pada pukul 6. Sebab memberikan jarak waktu yang lama antara makan malam dengan tidur mampu mencegah kenaikan asam lambung," saran Neelanjan Singh, ahli gizi dari Heinz Nutri Life Clinic.

Lebih lanjut dia menjelaskan apabila kamu memberikan jarak waktu yang lama maka kamu memberikan kesempatan makanan yang kamu konsumsi untuk tercerna dengan baik.

"Pencernaan akan lebih baik bekerja ketika kamu berada pada posisi duduk. Apabila kamu tidur setelah makan, maka akan menyebabkan kenaikan asam lambung dan perut kembung. Itulah yang membuat kamu sering merasa mual dan seperti ada rasa panas di kerongkongan," lanjutnya.


Secara umum bentuk pengobatan penyakit asam lambung yang cukup efektif adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang cukup tepat dan kemampuan untuk merubah  gaya hidup yang lebih sehat perlu dilakukan.Hal ini diharapkan dapat meminilisir kambuhnya penyakit asam lambung tersebut.











Subscribe to receive free email updates: