@ # m w Jembatan Kaca Membuat Bergidik Bagi Yang Menyeberanginya

Jembatan Kaca Membuat Bergidik Bagi Yang Menyeberanginya



Negeri China mempunyai karya yang sangat fenomental untuk menarik wisatawan dalam  maupun touris dari luar negeri.Karya tersebut berupa sebuah jembatan kaca yang belum ada tandingannya dan yang dikhususkan hanya untuk pejalan kaki .Jembatan yang dibangun diantara dua bukit dengan kedalaman 300 meter dan panjang 430 meter tersebut dalam pengerjaannya telah  menelan biaya   $3.4 juta (Rp45 miliar),Jembatan tersebut berada Zhangjiajie ,China.Jembatan tersebut telah memecahkan rekor dengan panjang  430 meter dan tinggi 300 meter.
Dok.CNN Travel




Lokasinya ada di Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China. Traveler bisa mencoba melewati jembatan kaca terpanjang di dunia. Jembatan tersebut telah memecahkan rekor dengan panjang 430 meter dan tinggi 300 meter .

Selain itu, jembatan kaca tersebut juga memiliki lebar hingga enam meter dan menggantung di ketinggaian 300 meter pada salah satu jurang di Taman Nasional Tiananmen. Jembatan itu juga berlokasi di Taman Nasional yang jadi setting film fiksi Avatar. Bahan yang digunakan untuk membangun jembatan ,  jembatan itu tercipta dari 99 kaca jendela yang terbagi menjadi tiga lapis kaca transparan. Jembatan tersebut juga mendapat 10 rekor dunia untuk desain dan proses pengerjaannya.
Dok.CNN Travel

Bukan main-main Jembatan tersebut dalam pengerjaannya telah menelan  biaya $3.4 juta (Rp45 miliar), jembatan sepanjang 430m itu menghubungkan dua tebing gunung di Zhangjiajie, provinsi Hunan. 
Dok.CNN Travel
Yang membuatnya makin menarik adalah lantai jembatan yang akan terbuat dari kaca. Meski tidak sepenuhnya, namun tetap bisa membuat wisatawan bergidik ngeri saat menengok ke bawah .Hingga akhirnya harus ditutup untuk perbaikan setelah 13 hari diresmikan dan tutup selama hampir sebulan.Ada kejadian lucu ketika seseorang mau melangkah , sudah ketakutan terlebih dahulu kemudian jalannya merayap dilantai sambil teriak ketakutan  ,bahkan ada yang nggak berani menyeberang .Tapi bagi yang berani bahkan sambil lompat lompat dan juga berfoto selfi sambil duduk dilantai .

Dok.CNN Travel
Selama jembatan ditutup, perbaikan di berbagai sisi pun dilakukan agar semakin kuat dan aman untuk traveler. Sebuah sistem monitoring yang canggih juga telah diterapkan untuk membantu mengontrol jumlah pengunjung yang melintas di jalan masuk dan keluar jembatan ,
Selain itu, sebuah shuttle bus juga akan mulai beroperasi untuk mengantar wisatawan ke kawasan jalan masuk jembatan. Sehingga traveler yang berkunjung pun bisa lebih mudah mencapai areajembatan untuk pejalan kaki ini.

Untuk dapat menapaki jembatan tersebut sebelumnya wisatawan harus pesan tiket  terlebih dahulu via online. Kemudian dideppan pintu masuk  gesekkan ID card tersebut. Untuk harga tiketnya sudah lumayan mahal  yaitu 138 Yuan ( atau sekitar Rp 268 ribu) .
Sementara itu News Australia memberitakan bahwa jumlah pengunjung akan dibatasi 1.000 orang per jam dan maksimal 8.000 orang per hari. Hal ini dilakukan supaya pengunjung tak perlu mengantre terlalu lama dan lebih leluasa berjalan di jembatan .
REUTERS
Untuk membuktikan kekuatan jembatan kaca tersebut tidak main main , mereka menggunakan martil untuk menghantam permukaan kaca jembatan.

Jembatan kaca Zhangjiajie ini bahkan mengalahkan Grand Canyon Skywalk di AS yang panjangnya 21 meter dan tingginya 219 meter dari tanah. Juga mengalahkan Glacier Skywalk di Alberta, Kanada yang panjangnya 35 meter dan tingginya sedikit kurang dari 300 meter.  
Sumber:Detik Travel

Subscribe to receive free email updates:

close