Thursday, 11 October 2018

Inillah Beberapa Manfaat Buah Mangga Untuk ibu Hamil

Hamil muda adalah sangat rentan oleh karena itu perlu perhatian khusus.untuk mencegah terjadinya resiko yang sangat  fatal bagi janin yang ada dalam kandungan. 
Salah satu yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan yang sehat , karena asupan makanan yang sehat ini sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya  keguguran. Adapun  gangguan yang  acapkali  terjadi pada ibu hamil muda atau  di trimester pertama adalah mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan.
Maka dari itu  pada usia kehamilan trimester pertama perlu perhatian khusus untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral agar janin dalam kandungan  dapat berkembang dengan baik. 



Buah buahan sangat bagus untuk ibu hamil muda ,namun tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh ibu hamil muda salah satunya adalah buah nanas.

Salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil muda yaitu buah mangga
Karena buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selain itu, buah mangga dapat dapat meperlancar penceranaan. Kandungan Vitamin A dan C dalam buah tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah mangga juga dapat mencegah dan mengatasi gejala morning sickness, dan kesulitan BAB yang biasa dialami wanita hamil.

Dibawah ini tips yang penulis lansir dari Himedik.com pentingnya buah mangga bagi ibu yang lagi hamil
Buah Mangga menjadi salah satu buah yang harus kamu makan saat kehamilan.
Himedik.com - Banyak konsumsi buah dan sayur selama masa kehamilan adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Buah mangga bisa menjadi satu diantara berbagai pilihan buah yang bisa kamu santap di tengah masa kehamilan.

Pasalnya buah mangga adalah sumber energi, antioksidan dan nutrisi penting yang sangat baik. Namun tetap penting untuk memantau porsi dan menghindari terlalu banyak makan.
Yang terbaik adalah mengonsumsi tidak lebih dari satu mangga sehari karena satu porsi mangga 100 gr mengandung sekitar 13.66 gr gula.
Berikut HiMedik berikan 8 manfaat makan buah mangga selama masa kehamilan, dikutip dari momjunction.
1. Mencegah anemia
Mangga kaya vitamin C dan zat besi. Zat besi sebanyak 0,16mg dalam 100 gr mangga bermanfaat untuk mengatasi anemia yang sering menjadi risiko bagi wanita hamil.

2. Asam folat membantu perkembangan janin
Mangga adalah sumber asam folat yang sangat penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Konsumsi mangga mencegah cacat saraf yang dapat terjadi pada awal kehamilan.

3. Serat membantu kesehatan pencernaan
Kandungan serat di mangga membantu kamu merasa kenyang untuk durasi yang lebih lama. Mangga juga membantu pencernaan dan mencegah sembelit yang dialami wanita hamil di trimester pertama.

4. Sumber antioksidan
Vitamin C dalam mangga bertindak sebagai antioksidan kuat yang membantu mengembangkan resistensi terhadap radikal bebas, yang dapat mengganggu perkembangan janin dan bahkan menyebabkan kanker. Vitamin C juga dapat menurunkan risiko kelahiran prematur.

5. Vitamin A untuk perkembangan bayi
Vitamin A yang berlimpah ditemukan di mangga, membantu pembentukan gigi dan tulang bayi. Ini juga penting untuk perkembangan sistem mata dan kekebalan tubuh dan membantu perkembangan jantung, paru-paru dan ginjal.

6. Vitamin B6 ideal untuk otak janin dan sistem saraf
Mangga juga merupakan sumber vitamin B6, yang memainkan peran dalam perkembangan otak janin dan sistem saraf.

7. Mencegah morning sickness
Rasa mangga yang segar membantu mencegah mual di pagi hari. Vitamin B6 dalam buah ini juga memainkan peran kunci dalam membebaskan kamu dari mual dan morning sickness.

8. Menyeimbangkan cairan tubuh
Ketika volume darah meningkat selama kehamilan, tubuh membutuhkan mineral ekstra. Mangga mengandung elektrolit seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium yang membantu dalam menjaga keseimbangan cairan. Elektrolit memastikan saraf, jantung, otak dan otot berfungsi sebagaimana mestinya.

Demikianlah info sehat manfaat buah mangga bagi ibu hamil muda semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan sang ibu maupun janin yang ada dalam kandungan. 

 

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner