5 CARA MUDAH MENCEGAH BAN BOCOR

Dalam bepergian jauh  kita memerlukan alat transportasi baik angkot , kendaraan umum , kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Kalau naik transportasi umum biasanya banyak waktu kita yang terbuang percuma , mau keterminal bus setelah sampai kita harus menunggu dulu  sampai penumpang penuh baru berangkat, mau ke stasiun harus menunggu jadwal pemberangkatan .

Nah lalu solusinya bagaimana ....? ya kita harus menggunakan  kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor.
Karena dengan menggunakan kendaraan pribadi tersebut bila kita bepergian akan langsung berangkat sesuai yang kita rencanakan tanpa harus menunggu lama lama seperti distasiun maupun diterminal bus.


Sekarang masalahnya kalau kita menggunakan kendaraan pribadi ,kalau terjadi suatu musibah misalnya musibah kecil saja ,kita akan menanggung sendiri  contonya kemacetan atau kebocoran ban.
Kalau terjadi kebocoran ban  maka kita harus menuntun jauh mencari tukang tambal ban ,sudah capai berkeringat lagi, belum lagi kalau bawa doi pasti akan kena omelannya lagi.

Nah dalam tulisan ini  saya akan membantu  dalam  mengantisipasi  agar ban sepeda motor kita tidak mudah bocor.


1. CEK  UKURAN  ANGIN  BAN
Sebelum kita berangkat bepergian untuk menaiki kendaraan bermotor, jangan lupa kita cek dulu apakah ban kendaraan kita gembes atau tidak, kalau gembes segera kita pompa dulu  dengan ukuran standar ditukang tambal ban  karena disana ada ukurannya.Apabila  ban kempes atau kurang angin dipaksakan  dinaiki maka akibatnya ban bisa melipat membentuk garis yang lama kelamaan menjadi ban bocor dan bisa juga pentilnya tempat isi angin cepol .

Perlu diketahui  sepeda motor dari  dealer  sudah  dipasang ban dengan ukuran  standar ,ban roda depan lebih kecil daripada  ban roda  belakang .Hal ini tentu saja untuk menjaga  keseimbangan dan kenyamanan pengendaranya.

Nah yang perlu diingat disini waktu mau ganti ban dalam karena sudah usang atau sudah banyak tambalannya, harus disesuaiakn  ukurannya dengan ban luar.Karena apa ,apabila  ban dalam yang lebih besar ukurannya dari ban luar apabila dipasangkan  akan terjadi lipatan  .

Karena adanya lipatan ini waktu dikendarai ban akan menahan beban dan tekanan dari peleg ,sehingga lipatan tersebut semakin kuat lama kelamaan ban dalam tersebut akan terjadi kebocoran pada ban yang melipat tersebut.


2. LAPISI BAN LUAR BAGIAN  DALAM
Biasanya bagi orang yang tidak sabaran waktu terjadi kebocoran  , motor tidak dituntun tapi malah dikendarai atau dinaiki ,lalu ban yang bocor tersebut, ban luarnya akan gembes dan membentuk sudut apabila dipaksakan dikendarai ban luar bagian dalam akan rusak dan pecah pecah sebelah pinggirnya.

Akibatnya kalau dipasangi ban dalam , ban dalam tersebut lama kelamaan akan bergesekan  dengan ban luar bagian dalam yang rusak tersebut dan menjadikan ban dalam lama kelamaan berlubang dan mengakibatkan bocor.

Nah untuk mengantisipasi agar ban dalam tidak rusak , caranya waktu ganti ban dalam ,minta sama tukang tambal ban  untuk melapisi ban luar bagian dalam  dengan ban bekas yang telah dibelah, agar bisa menutupi permukaan ban luar bagian dalam yang rusak atau pecah pecah.

Setelah tertutup semua baru ban dalam yang baru itu dipasangkan ,dengan begitu ban yang baru diganti tersebut akan tahan lama  karena tidak bergesekan dengan ban luar yang pecah pecah bagian dalamnya.

3. GANTI  BAN  DALAM  YANG  SUDAH  BANYAK  TAMBALANNYA
Ban dalam yang sudah banyak tambalannya  biasanya sudah tidak nyaman lagi untuk dipakai apalagi untuk bepergian jauh pasti akan merasa was was ,kalau siang hari masih banyak menemukan tukang tambal ban ,coba kalau malam hari ...? sudah nuntun jauh lagi ditempat yang sepi melewati  jalan persawahan , cewek lagi yang membawa , kan bahaya bisa mengancam iya to.....

Untuk itulah  ban yang sudah banyak tambalannya tersebut  segera diganti  demi keamanan diri kita sendiri.

4. GANTI  BAN  LUAR  YANG  SUDAH  TIPIS / GUNDUL 
Ban luar yang masih bagus  apabila ban tersebut masih tebal dengan kembangan yang masih dalam, ban yang seperti ini akan  mempunyai  usia pemakaian yang lama karena kualitasnya bagus, seperti contohnya : IRC , FEDERAL , CORSA dll.

Namun dalam jangka waktu tertentu lama kelamaan ban tersebut akan mengalami keausan karena dipakai terus akibatnya bannya tipis atau gundul  karena kembangannya dan ketebalannya telah habis,akibat gesekan dengan jalan beraspal.


Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan waktu dikendarai  sebaiknya ban luar yang sudah tipis /gundul tersebut segera diganti dengan ban yang baru .
Karena kalau tidak diganti , ban tersebut waktu dikendarai akan bergesekan dengan aspal ditambah beban motor dan juga penumpangnya lama kelamaan ban akan aus semakin tipis akibatnya bisa berlobang dan meletus waktu dikendarai. 

Hal ini akan membahayakan pengendaranya bukan....?
Nah untuk mengantisipasi  kejadian tersebut sebaiknya sebelum kejadian ban  meletus dijalan lebih baik diganti segera.

5. GUNAKAN  CAIRAN ANTI  BOCOR 
Adapun manfaatnya cairan anti bocor ini  tujuannya untuk berjaga jaga apabila  ban ketusuk paku  ,maka cairan tersebut secara otomatis akan menutup lubang yang kena paku.Belilah cairan anti bocor ini ditoko onderdil sepeda motor terdekat dikota anda,tersedia banyak kemasan dan harga terjangkau.
Cara pemakaiannya : Bukalah tutup pentil ban dan keluarkanlah klep pentilnya agar angin keluar dari dalam ban .

Setelah angin keluar semua   masukkan cairan anti bocor yang telah anda beli semuanya ( untuk sepeda motor 1botol kemasan, untuk mobil 2 botol kemasan ) melalui mulut pentil tersebut.Setelah diisi cairan anti bocor ,kemudian klep pentil dipasang kembali dan diisi angin dengan ukuran standart. 

 Berjalanlah kurang lebih 200 meter agar cairan tersebut rata melapisi permukaan ban bagian dalam. Bisa juga motor distandart tengah
lalu ban yang telah diisi cairan diputar 10 kali atau lebih.

Baca juga : Daftar harga ban luar dan tips memilih.

Demikianlah langkah langkah untuk mengantisipasi agar kendaraan bermotor anda tidak mengalami kebocoran dalam perjalanan ,kritik dan saran akan saya terima dan komentar anda akan selalu saya harapkan ,terima kasih.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 CARA MUDAH MENCEGAH BAN BOCOR "

Post a Comment

close