Menyajikan info info yang bermanfaat untuk anda


Dolalak Kesenian Khas Purworejo



Bukan hanya bedug yang terbesar saja tempat wisata yang ada di kota Purworejo tapi ada tari DOLALAK sebuah tari tradisional yang merupakan ciri khas lainnya kota Purworejo selain bedug yang terbesar itu.



Sejarah terciptanya tarian DOLALAK yang menjadikan tarian khas kota Purworejo berawal dari peniruan oleh beberapa penggembala terhadap gerakan tarian dansa serdadu Belanda.Tarian tersebut dinamakan DOLALAK awal mulanya para serdadu Belanda waktu berdansa sambil mengucapkan DO-LA-LA.

Notasi vocal tersebut yang paling kuat sehingga para penari penggembala tersebut menamakan DOLALAK sampai sekarang.
Pada mulanya tarian tersebut tidak diiringi oleh peralatan musik ,tapi menggunakan nyanyian yang dilagukan oleh para pengiringnya.Lagu lagu yang dinyanyikan biasanya bernada romantis dan dinyanyikan silih berganti kadang secara bersama sama.

Zaman selalu berubah dalam perkembangannya tarian DOLALAK mulai menggunakan musik yaitu terbang,jidur ,kacer dan kendang. Kemudian tarian diiringi nyanyian menggunakan syair syair dan pantun yang berisi tuntunan dan nasehat.
3.bp.blogspot.com


Kostum penari mengenakan layaknya pakaian serdadu Belanda dengan lengan panjang hitam dengan pangkat dipundaknya penuh rumbai rumbai ,celana tanggung ,topi pet dan berkacamata hitam ,pangkat/rumbai dibahu dan dada dan sampur digunakan sebagai pelengkap.


Lihat juga : Keindahan Goa Seplawan

Tarian DOLALAK pada mulanya ditarikan oleh penari pria ,namun dalam perkembangannya tarian DOLALAK ditarikan oleh penari wanita .

Keberadaan tarian ini sudah ada 85 tahun dan telah menyebar hampir ke setiap desa.  


Share:

0 comments:

Post a Comment





Unordered List