Menyajikan info info yang bermanfaat untuk anda


Bedug Terbesar Di Dunia Purworejo Tempatnya

 A . MASJID DARUL MUTTAQIEN DAN BEDUGNYA


Sumber gambar : Google .

. Ditengah tengah kota kabupaten Purworejo kalian akan menemukan sebuah masjid yaitu masjid Darul Muttaqien yang letaknya disebelah barat alun alun Purworejo yang sudah sangat terkenal sebagai masjid Agung karena memiliki bedug terbesar didunia.
Banyak wisatawan yang berkunjung karena keingin tahunya atau ingin membuktikan kebenaran bedug tersebut yang menjadikannya daya pikat  sehingga mereka mau datang berkunjung ke kota Purworejo.

Masjid Agung Darul Muttaqien ini dibangun pada masa pemerintahan bupati Purworejo yang pertama
yaitu Kanjeng Adipati Arya Cokronagoro I pada tahun 1834 M. Masjid tersebut merupakan salah satu mas
jid tertua yang masih berdiri kokoh dalam bentuk aslinya hingga saat ini yang juga masjid kebanggaan umat muslim kota Purworejo.

Perlu untuk dikunjungi juga Dolalak Kesenian Khas Purworejo

Bedug Pendowo
Didalam masjid tersebut terdapat bedug, yaitu bedug terbesar didunia yang merupakan salah satu peninggalan sejarah kota Purworejo.Dan bedug tersebut merupakan salah satu karya besar umat islam yang dibuat pada masa pemerintahan bupati Purworejo pertama yaitu Adipati Arya Cokronagoro I yang sangat peduli dengan perkembangan umat islam.

Bedug ini diberi nama bedug Kyai Begelen atau bedug Pendowo yang mempunyai panjang 282cm garis tengah depan 194 cm dan garis tengah belakang 180 cm,keliling bagian depan 601 cm dan keliling bagian belakang 564 cm dengan jumlah paku depan 120 buah dan paku belakang 98 buah .
Bedug ini kulitnya dibuat dari lulang kulit banteng menjadikan bedug ini kuat tahan lama,bedug ini sudah berusia 177 tahun dan telah menjadi ikon dan kebanggan umat islam kota Purworejo.


Baca juga : Dolalak kesenian khas Purworejo

Sampai sekarang bedug ini telah menjadi cagar budaya atau peninggalan sejarah yang harus dijaga dan dirawat sebagai kebanggan umat islam Purworejo khususnya dan bagi bangsa Indonesia umumnya.  
Sumber gambar :Google
Share:

0 comments:

Post a Comment





Unordered List