MENGUNJUNGI KEINDAHAN GOA SEPLAWAN



Purworejo mempunyai salah satu goa yang sangat menarik untuk dijadikan obyek  wisata  yaitu GOA SEPLAWAN. Goa ini terletak digugusan bukit menoreh yaitu perbatasan  kab Purworejo dengan kab. Kulon Progo tepatnya berada didesa Donorejo kecamatan Kaligesing  kabupaten Purworejo .
Kalau dari pusat kota Purwoejo goa ini jaraknya lebih kurang 20 km dan berada 700 m dari permukaan laut.Goa SEPLAWAN merupakan salah satu peninggalan sejarah kerajaan masa lalu.


.
Hal ini dapat dibuktikan dengan diketemukannya sebuah arca emas 22 karat yang mempunyai tinggi 9 cm dan beratnya 2.5 kg pada tanggal 15 Agustus 1979 diketemukan disalah satu sudut goa
Patung arca kencana ini berbentuk sepasang pria dan wanita yang sedang bergandengan tangan.


Arca Dewa Syiwa dan Dewi Parwati

Ahli ahli arkeolog meyakini bahwa patung arca ini adalah dewa Syiwa dan dewi Parwati yang merupakan
peninggalan sejarah zaman hindu Syiwa.
Kini patung arca tersebut  disimpan dimusium nasional sebagai barang peninggalan sejarah dan sebagai gantinya pemerintah membangun replika arca didepan mulut goa yang ukurannya lebih besar dari aslinya.



Pemandangan alam terpampang indah disekitar lokasi goa tersebut udaranya amat sejuk dan bersih dan tidak kalah menariknya pemandangan didalam goa, akan kita jumpai ornamen ornammen yang indah seperti  stalaktit dan stalakmit dengan corak beraneka ragam .Dan didalam goa ini juga terdapat
sumber mata air yang sangat menyegarkan.

Stalatit Goa Seplawan
Goa SEPLAWAN mempunyai panjang kurang lebih 500 m dan cabang cabangnya panjangnya  150 - 300 meter.Alam sekitar goa Seplawan cukup indah dan mempunyai lokasi cukup luas.

Halaman yang luas ini dapat kalian manfaatkan untuk kegiatan dari sekolah maupun dari kampus yang ada kaitannya dengan lingkungan ataupun untuk kegiatan penelitian .
Sumber gambar : Google



Kalian yang ingin camping atau berkemah bisa datang kegoa ini untuk membuktikannya, dan benar akan menikmati kesegaran udara alam bebas, yaa....bebas dari polusi terutama untuk kalian yang sehari harinya berkecimpung dengan kesibukan dan kepadatan lalu lintas maka perlu mencobanya.
Jangan dilewatkan Keindahan Pantai Jatimalang




.
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1544840217053-0'); });





Comments

Popular posts from this blog

RANGKUMAN PELAJARAN FISIKA SEMESTER I KELAS X SMA/MA

Hernia , Penyebab dan Pengobatannya

Rangkuman Pelajaran Sejarah Indonesia Untuk SMA/SMK/MA/MAK Kelas X