Inilah Beberapa Penyebab Timbulnya Asam Urat

 Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Penumpukan asam urat ini akan membentuk kristal di sendi, yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. 

Meskipun umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih.

Dibawah ini penulis paparkan ada beberapa makanan maupun minuman yang berpotensi menyebabkan penyakit asam urat yang ada pada tubuh manusia antara lain :  


Minuman Soda
Jangan terlalu  sering minum minuman bersoda! Perlu diketahui   bahwa di balik sensasi rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda menyimpan bahaya yang serius bagi tubuh.


Menurut Dr. Fields , Sirup jagung fruktosa tinggi, adalah penyebab meningkat…

CARA CARA MENCEGAH UBAN

.
CARA CARA MENCEGAH UBAN 
Uban identik dengan usia tua karena seseorang apabila usia sudah menginjak 40 th biasanya rambutnya akan tumbuh uban. Namun sekarang ada beberapa wanita yang mulai banyak beruban pada usia 20 th. Roshini Rajapaksa dari Associate Profesor dari NYU School of Medecini menuliskan ,rambut beruban berhubungan dengan etnis seseorang pasalnya etnis Kaukasian cenderung akan mengalami rambut beruban lebih cepat dibandingkan orang Asia dan Afrika Amerika.


Sumber gambar : Google.
Rambut yang beruban dapat terjadi karena riwayat keluarga ,kenapa seseorang tumbuh uban lebih cepat. " Anda bisa bertanya orang tua,kakek nenek,kapan pertama kali rambut mereka mulai kelihatan abu abu, " tulis Roshini. 

Ada faktor lain yang menyebabkan rambut beruban lebih awal, yaitu faktor gaya hidup dan lingkungan yang menjadi penyebab rambut mulai tumbuh uban lebih awal seperti merokok ,sering terkena sinar ultra violet dan polusi udara. Meski jarang terjadi dalam beberapa kasus, beruban lebih awal bisa jadi tanda adanya mssalah kesehatan.Penyakit itu antara lain Vitiligo atau kondisi kulit yang kehilangan pigmentasi,anemia pernisiosa yaitu ketika tubuh sulit menyerap vitamin B12 dan masalah kelenjar Tiroid. 

Ada juga banyak orang berpendapat tumbuhnya uban lebih awal dengan menghubungkan kondisi stres atau banyak pikiran. Perlu diketahui helai rambut yang menjadi putih dapat terjadi ketika folikel rambut memproduksi melanin lebih sedikit . Apa itu melanin , melanin adalah pigmen yang memberi zat warna pada rambut. Untuk menutupi rasa malu kebanyakan wanita menggunakan cat rambut untuk mengembalikan warna rambut aslinya seperti semula. Sumber : Kompas.com 

ZAT ZAT MAKANAN UNTUK MENCEGAH UBAN .
Seperti sudah diuraikan diatas rambut uban dapat terjadi karena rambut kehilangan zat warna(pigmentasi),faktor keturunan ,gaya hidup dan lingkungan. Tetapi uban dapat terjadi karena kekurangan zat zat makanan tertentu.

Gizi yang seimbang merupakan faktor penting dalam menjaga warna rambut dan kesehatannya, sehingga kekurangan zat makanan akan menyebabkan timbulnya uban ,selain mencegah timbulnya uban , memilih makanan yang sehat juga memperbaiki fungsi tubuh yang juga memperbaiki kesehatan rambut. Dibawah ini zat zat makanan yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah timbulnya uban lebih awal,

1.VITAMIN B.
Menurut Linus Pauling Institute of Oregon State University, kekurangan asam folat dan blotin secara langsung dapat menyebabkan timbulnya uban. Vitamin B6 dan B12 merupakan zat penting dalam memproduksi sel darah merah yang berfungsi mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke kulit kepala.

Vitamin B12 juga membantu memproduksi hormon dan menyeimbangkan sistem tubuh yang mempengaruhi warna rambut. Adapun makanan yang kaya akan vitamin B antara lain : susu ,sereal,pasta,roti gandum ,daging ayam,daging sapi ,telor dan sayuran sayuran hijau.


2.VITAMIN A,C, dan E.
Walaupun adanya uban dapat terjadi karena proses penuaan , hal ini dapat dihambat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya anti oksidan. Vitamin vitamin yang mengandung antioksidan dapat melawan radikal bebas yang berkaitan dengan penuaan. 

\Adapun vitamin yang mengandung antioksidan kuat antara lain vitamin A ,C dan E. Untuk menunda proses penuaan kita perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A antara lain : sayur sayuran dan buah buahan berwarna orange dan kuning ,produk susu dan sayuran hijau gelap. 

 Sedangkan untuk vitamin C dapat ditemukan pada bluberi,stroberi ,jeruk,kentang , melon dan tomat. Untuk Vitamin E dapat kita jumpai pada sayur sayuran hijau, kacang kacangan dan gandum. Agar kandungan vitamin tidak hilang makanan yang mengandung vitamin vitamin ini sebaiknya tidak diproses terlalu lama, karena kalau terlalu lama kandungan vitaminnya akan hilang.

3.S E L E N I U M .
Untuk kerja dan produksi hormon termasuk hubungannya dengan kesehatan dan proses penuaan rambut dibutuhkan Selenium. Selenium sering digunakan untuk mengobbati uban ,karena perannya yang melawan proses penuaan dan radikal bebas. Zat ini dapat ditemukan pada makanan dan gandum, kismis,kacang kacangan,biji bunga matahari dan ikan mackerel.

4.T E M B A G A .
Seperti yang dilaporkan oleh Linus Pauling Institute,kekurangan tembaga dalam tubuh berhubungan dengan tumbuhnya uban. Karena merupakan zat gizi, tembaga penting untuk pembentukan melanin ,sumber warna rambut. Adapun makanan yang mengandung sumbber tembaga yang baik yaitu cokelat hitam ,hati sapi,biji bunga matahari ,kacang mede,lentil,jamur,selai kacang dan almond.

Itulah makanan makanan yang mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah timbulnya uban lebih awal ,ataupun mencegah proses penuaan.
Sumber : Kompas.com

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

RANGKUMAN PELAJARAN FISIKA SEMESTER I KELAS X SMA/MA

Hernia , Penyebab dan Pengobatannya

CARA MUDAH MENGUKIR BAN BEKAS

CARA EFEKTIF MENAMBAL BAN YANG CEPOL PENTILNYA

5 CARA MUDAH MENCEGAH BAN BOCOR

Cara memasang Lampu Rem Motor Revo

Inilah Beberapa Penyebab Timbulnya Asam Urat

CARA MUDAH PASANG BAN LUAR AGAR TIDAK NGOBEL