CARA TEPAT MEMANFAATKAN LAHAN SEMPIT UNTUK MENANAM CABAI RAWIT

CARA TEPAT MEMANFAATKAN LAHAN SEMPIT UNTUK MENANAM CABAI RAWIT.
CARA TEPAT MEMANFAATKAN LAHAN SEMPIT UNTUK MENANAM CABAI RAWIT.
Rumah padat penduduk diperkotaan biasanya meninggalkan sisa lahan yang sempit,karena kiri dan kanan serta belakang rumah kita sudah dipenuhi rumah tetangga.

Bagi orang yang aktif dengan sisa lahan yang sempit tersebut akan memutar otaknya bagaimana untuk memanfatkan lahan sempit tersebut. Seandainya mau beternak ayam ,wah tidak mungkin deh ,kalau ternak ayam pasti akan bau dan baunya akan menyebar sampai kerumah tetangga sebelah.Bukannya keuntungan yang kita dapat ,tapi malah omelan dari para tetangga .Mereka tidak mau rumah sekitarnya menghirup udara yang tidak bersih karena bau kotoran ayam yang dapat menimbulkan penyakit.

Alternatif pertama tadi nggak mungkin dilaksanakan, masih ada alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu berkebun dengan menanam tanaman warung hidup.Dengan menanam tanaman warung hidup kita bisa menanam cabai,tomat,sayur sayuran yaitu bayam ,terong,pare,kacang kacangan dan lain lainnya.

Dengan menanam tanaman warung hidup tersebut,dapat dimanfaatkan untuk mengurangi pengeluaran belanja dapur,dengan demikian dapat menghemat uang belanja harian.Sebetulnya dengan menanam tanaman warung hidup tersebut dapat untuk mengatasi sewaktu waktu kita kehabisan bumbu dapur pada watu menerima tamu jauh yang tak diduga duga,misal kita tanam cabai rawit.
.
CARA MENANAM BIBIT CABAI RAWIT .
Kalian pasti sudah tahu yang namanya cabai rawit rasanya pedas mempunyai warna merah,ada juga kuning dan hijau, hahaha kaya lagu balonku aja.Cabai rawit banyak beredar dipasar pasar tradisionil bahkan harganya bisa melambung tinggi kalau barang dalam keadaan langka.

Lalu bagaimana cara untuk menanam cabai rawit tersebut..?.Cabai rawit dapat ditanam dengan menggunakan polibak ataupun pot apabila lahan yang kita punyai terbatas.

Nah untuk menanam cabai rawit agar mendapatkan hasil yang bagus kita harus selektif lebih dahulu.Untuk mendapatkan hasil yang baik pertama tama harus dipilih yang mempunyai kualitas ,hal ini dapat kita lakukan dengan memilih buah cabai yang masih tampak segar segar atau tidak layu.

Setelah kita dapatkan buah cabai yang segar segar tersebut ,ambil pisau untuk menyayat buah cabai untuk mengeluarkan bijinya dan ini harus hati hati agar tangan kita tidak terluka kena pisau tersebut.

Biji Cabai yang telah dikeluarkan kemudian kita tempatkan pada tempat penampungan seperti piring plastik ,kalau sudah terkumpul semua lalu biji cabai dijemur tapi tidak kena sinar matahari langsung, kurang lebih selama tiga hari.Setelah itu kita lakukan persemaian yaitu meletakkan biji cabai pada tempat persemaian.

CARA MELAKUKAN PERSEMAIAN BIBIT CABAI RAWIT
Persemaian diawali dengan merendam biji cabai rawit kedalam air hangat selama setengah jam, selanjutnya direndam dalam larutan perangsang akar kurang lebih selama satu hari semalam.

Dalam kegiatan tersebut kita akan mengethui bahwa biji itu berkualitas atau tidak selama direndam.Disini kita akan melihat selama perendaman berlangsung, bahwa biji yang tidak baik akan mengapung dan biji yang berkualitas akan tetap berada dibawah. Untuk mendapatkan hasil cabai rawit yang baik kita ambil biji yang tenggelam dan biji yang mengapung kita buang karena biji yang mengapung tidak akan menghasilkan buah yang kita inginkan. Lalu biji cabai rawit yang berkualitas tersebut kita bungkus pakai kain yang basah dalam waktu satu hari satu malam.

Selanjutnya kita persiapkan tempat persemaian, tempat persmaian dapat menggunakan bak plastik yang sebelah bawahnya dilubangi dulu dengan diameter 15 cm.

Media semai yang akan kita gunakan terdiri dari campuran antara pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 dan jangan lupa media semai tersebut disiram pakai cairan perangsang akar.

CARA MENANAM BIBIT CABAI RAWIT
Lalu bagaimana cara menanam bibit ,cara menanam bibit ini perlu diperhatikan supaya benih dapat dengan mudah dicabut yaitu dengan menanam satu persatu dimedia semai yang nantinya akan ditanam dimedia pot atau polibak.

Selama dalam persemaian bagian atas bibit yang terbuka supaya ditutup dengan menggunakan plastik tipis,gunanya untuk menghindari gangguan baik serangga maupun air hujan.
Dan selama waktu persemaian ,media semai dijaga kelembabannya dengan cara menyiram dengan air secukupnya.

Media tanam seperti pot atau polibak harus sudah disiapkan yaitu dua minggu sebelum bibit kita tanam.
Adapun campuran dari media tanam tersebut terdiri dari campuran tanah gembur,pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1 , yang terus dimasukkan kedalam pot atau polibak dengan diameter 30 cm.

Untuk menjaga kesuburan media tanam satu minggu sebelum dilakukan penanaman, agar disiram dengan larutan perangsang akar pertumbuhan.
Nah setelah dua minggu media yang sudah disiapkan tersebut baru bisa untuk menanam bibit cabai tersebut dalam pot atau polibak yang sudah disiapkan tadi.

Namun sebelum ditanam dalam media pot atau polibak kita, pilih dulu bibit cabai yang baik,yaitu bibit cabai yang mempunyai daun paling sedikit mempunyai empat lembar daun yang sempurna.
Setelah kita temukan bibit yang baik tersebut ,kita cabut dengan hati hati agar akarnya tidak rusak.Lalu kita tanam ke media pot atau polibak yang tengah tengahnya media tanam tersebut, sudah dilubangi dulu dengan ukuran lebih besar dari batang benih cabai rawit tersebut.

Akhirnya setelah benih ditanamkan ke media pot atau polibak jangan lupa untuk menyiram dengan air sesuai kebutuhan .
ORIENTASI KEMASA DEPAN
Dari menyalurkan hobi berkebun dan memperoleh hasilyang bagus, maka pemikiran kita bisa berkembang, orientasi kita perlu dialihkan untuk komersil atau mencari untung.Karena orientasinya kita rubah dari berkebun menyalurkan hobi sekarang orientasinya dirubah untuk mencari kuntungan.

Lalu apa yang akan kita lakukan dengan merubah orientasi tersebut,kita dapat menanam bibit bibit tanaman seperti cabai,tomat,dan sayur sayuran dan bahkan bibit tanaman buah buahan yaitu mangga,jeruk,jambu biji,kelengkeng,rambutan ,jambu air dll. Lalu bagaimana cara menaruh tanaman bibit tersebut ,bukankah lahan kita sempit. Memang dengan lahan yang sempit tersebut kita dapat membuat seperti rak rakan yang terbuat dari kayu ,dibuat bertingkat agar dapat menampung sebanyak mungkin bibit tanaman yang akan dijual.

Lalu bagaimana cara menjualnya , sekarang adalah zamannya internet dimana komunikasi dapat dilakukan dengan internet demikian juga cara pemasarannya dapat dilakukan secara online.Pemasaran menggunakan online ini akan menghemat biaya,waktu dan tenaga. Dan penyebarannya akan berdampak meluas menjangkau seluruh dunia.

Dan yakinlah dengan melakukannya dengan tekun,sabar dan diiringi doa lama kelamaan usaha tersebut akan lancar dan berkembang akan menuai hasil yang diinginkan dan tak didugga duga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA TEPAT MEMANFAATKAN LAHAN SEMPIT UNTUK MENANAM CABAI RAWIT"

Post a Comment

close