Inilah Utusan Sebelum Datangnya Kematian

Kadang kadang manusia itu tidak menyadari,bahwa hidup didunia hanyalah sementara.Manusia disibukkan oleh kehidupan dunia yang fana untuk mencari harta ,kesenangan dan lupa akan adanya kehidupan akhirat.Harta yang melimpah,isteri yang cantik,istana yang megah kalau sudah meninggal tidak akan dibawa serta.


Jodoh ,rezeki, dan kematian hanyalah Alloh yang tahu. Kematian bukanlah akhir dari segalanya tapi merupakan awal perjalanan menuju kehidupan akhirat.Kehidupan akhirat adalah kehidupan yang kekal abadi ,manusia mau senang atau sengsara tergantung perbuatannya didunia .Diakhirat adalah hasil dari amal ibadah kita tunduk sama perintah Alloh dan Rosulnya ,atau kita melanggar perintah Alloh dan rosulnya.

Bersyukurlah bagi manusia yang tekun menjalankan ibadahnya,karena dengan menjalankan ibadah berarti ia ingat akan kehidupan akhirat.Apalagi buat mereka mereka yang usia lanjut.

Diceritakan bahwa para nabi bertanya kepada malaikat maut :" Apakah kamu punya utusan yang memberi peringatan kepada manusia agar mereka bersiap siap menerima kedatanganmu?".

Malaikat maut menjawab :" Telah memberi peringatan kepada manusia dengan mengirim utusan yang sangat banyak, diantaranya :
1.TENAGA YANG SUDAH MELEMAH,
2.PENYAKIT ,
3.UBAN YANG MULAI TUMBUH,
4.USIA YANG SUDAH TUA,
5.SERTA BERUBAHNYA PENDENGARAN DAN PENGLIHATAN,
6.KULIT YANG TELAH KERIPUT,
7.GIGI YANG MULAI BERGUGURAN,
8.LANGKAH YANG MULAI GONTAI,

.

Umur umat nabi Muhammad saw tidak sama dengan umur umat nabi yang terdahulu ,umur umat nabi yang terdahulu panjang panjang ,sedang umur umat nabi lebih pendek. Disebutkan dalam sebuah hadist usia umat Rosululloh saw pada umumnya berkisar antara 60 sampai 70 tahun.Rosululloh pernah mengadukan pendeknya usia umat beliau itu kepada Alloh swt.




Dengan penuh kasih Alloh pun menjelaskan,meski usia umat islam lebih pendek dari umat nabi yang terdahulu ,Alloh swt telahn menganugerahkan banyak keutamaan kepada umat Rosululloh .Diantaranya Lailatul Qodar yaitu malam yang nilainya lebih dari seribu bulan. Bagi seorang mukmin masa muda sangat penting untuk mmengisi kehidupannya dengan perbuatan yang positif agar masa tua telah mempunyai bekal untuk kehidupan akhirat.

Dalam Islam usia 40 tahun dianggap usia yang istimewa.Ia dipandang sebagai tonggakawal kemapanan seseorang,Rosululloh pun diangkat sebagai nabi oleh Alloh swt pada usia 40 tahun.


Bagi kaum Sufi usia 40 tahun dianggap sebagai pintu gerbang menuju Alloh swt.Seorang sufi besar Syaikh Abdul Wahhab bin Ahmad Asy sya rani,dalam kita Bahrul Maurud ,menulis " telah diambil perjanjian dari kita apabila usia telah mencapai 40 th hendaklah bersiap siap melipat kasur dan selalu ingat pada setiap tarik nafas,bahwa kita sedang berjalan menuju akhirat sampai tak merasa tenang lagi rasanya hidup didunia ". Sedang yang dimaksud dengan melipat kasur adalah untuk mempeerbanyak ibadah.

Dalam surat yasin ayat 68 disebutkan ,"Dan barang siapa yang kami panjangkan umurnya niscaya kami kembalikan dia kepada kejadiannya, maka apakah mereka tidak memikirkan ?" (yasin :68). Dalam surat yasin tersebut dietrangkan ,bahwa manusia dipanjangkan umurnya sampai usia lanjut dan akan dikembalikan oleh Alloh menjadi lemah seperti kejadian semula.

Baca juga : Hukuman zina dalam islam.

Apabila orang itu juga belum bertobat padahal aku telah mengirim utusan utusan yang banyak kepadanya,maka ketika aku mencabut nyawanya akan kukatakan kepadanya: " Bukankah aku telah mengirim kepadamu setelah datang para rosul dan memberi peringatan kepadamu? aku adalah utusan dan pemberi peringatan terakhir ".

Memang benar pada usia usia tertentu petunjuk tersebut diatas akan dialami oleh manusia,dan mereka akan menyadari atau tidak . Setelah menjalankan rukun Islam ada 7 sunnah Rosululloh yang dapat mencapai keselamatan dunia akhirat yang dikutip dari buku Misteri 7 Malam Pertama di Alam Kubur oleh : Lukman Hakim S,Ag /Media Pustaka yaitu :

1.SENANTIASA KEKALKAN WUDHU
Wudhuk adalah salah satu cara untuk mensucikan diri dari hadas kecil,karena orang yang menjaga wudhuknya akan disayang Alloh. Kholifah Ali bin Abu Tholib berkata " orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu sholat walau ia sedang tidak sholat,dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa ,ampuni dosa dan sayangi dia ya Alloh ".

2.ISTIGHFAR SETIAP MASA
Dengan istighfar untuk mohon ampunan dari Alloh atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan dan berjanji kepada Alloh untuk tidak mengulang kembali kesalahannya tersebut. Alloh swt berfirman :"Dan Alloh tidak sekali kali akan menyiksa mereka sedang engkau wahai (Muhammad) ada diantara mereka,dan Alloh tidak akan menyiksa mereka sedang mereka beristighfar(meminta ampun)( Al-Anfal :33 ).

3.MEMBACA AL QUR AN SEBELUM TERBIT MATAHARI
Salah satu sunnah Rosululloh adalah membaca Al Qur an terutama sebelum terbit matahari.Besar pahalanya bagi orang yang membaca Al Qur an dan memahami isinya. Alloh swt berfirman :"Sesungguhnya Al Quran ini memberi petunjuk kejalan yang amat benar(agama islam) dan memberikan berita yang menggembirakan orang orang yang beriman , yang mengerjakan amal amal sholeh , bahwa mereka beroleh pahala yang besar.(Al-Isro:9 ).

 Rosululooh bersabda :"Pada tiap tiap pagi lazimkanlah atas tiap tiap ruas anggota seseorang kamu sedekah,tiap tiap tahlil satu sedekah,tiap tiap takbir satu sedekah,menyuruh berbuat satu sedekah dan cukuplah (sebagai ganti) yang demikian itu cukup dengan mengerjakan sholat dua rokaat sholat Dhuha".(Hadist Riwayat: Al- Bukhori Muslim).

6.SHOLAT SUNNAH TAHAJUD
Sholat tahajud yaitu sholat yang dikerjakan tengah malam setelah terjaga dari tidur malam. Sholat sunnah tahajud sebaik baiknya sepertiga malam yang terakhir. Adapun fadhilah dari sholat sunnah tahajud : 
1. Mendapat perlindungan dari Alloh, 
2. Dikasihi oleh para ahli ibadah dan orang mukmin, 
3. Percakapannya menjadi hikmah dan bijaksana, 
4. Dimudahkan hisab keatasnya, 
5. Mendapat catatan amal dari tangan kanan,

Alloh swt berfirman :"Dan bangunlah dari sebagian waktu malam serta kerjakanlah sembahyang tahajud padanya. Sebagai sembahyang tambahan bagimu ,semoga Tuhanmu membangkit dan menempatkanmu pada hari akhirat ditempat yang terpuji".(Al-Isro:79)
.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Utusan Sebelum Datangnya Kematian"

Post a Comment

close