Inilah Beberapa Penyebab Timbulnya Asam Urat

 Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Penumpukan asam urat ini akan membentuk kristal di sendi, yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. 

Meskipun umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih.

Dibawah ini penulis paparkan ada beberapa makanan maupun minuman yang berpotensi menyebabkan penyakit asam urat yang ada pada tubuh manusia antara lain :  


Minuman Soda
Jangan terlalu  sering minum minuman bersoda! Perlu diketahui   bahwa di balik sensasi rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda menyimpan bahaya yang serius bagi tubuh.


Menurut Dr. Fields , Sirup jagung fruktosa tinggi, adalah penyebab meningkat…

ALASAN PERLUNYA MENJAUHI MAKANAN HARAM

Hidup ini adalah perjuangan, untuk memenuhi kebutuhan hidup ini, kita perlu bekerja. Karena dengan bekerja penghasilan yang kita dapatkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, terutama makan.

Nah, untuk mengkonsumsi makanan dalam islam diwajibkan makan makanan yang halal. Tentu saja diperoleh dengan bekerja yang benar artinya bukan dari hasil mencuri, merampok, menipu maupun menjadi rentenir.


Makan makanan yang halal adalah kunci untuk membuka pintu kebersihan hati, berbuat kebaikan kepada sesama manusia, tutur kata yang sopan dan pancaran hikmah.

Seperti yang disebutkan dalam hadist nabi, "Mencari rezeki yang halal adalah kewajiban setelah melaksanakan,"

Apabila makanan dan minuman yang diperoleh dengan melakukan kegiatan yang benar, yang halal pula, maka makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan menjadi darah dan daging yang mempunyai energi positif serta memudahkan seseorang untuk melakukan amal-amal yang mulia.

Dan sebaliknya, jika makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita akan melakukan perbuatan-perbuatan maksiat.

Nah, untuk melahirkan generasi-generasi yang mulia, maka anak-anak kita beri makan dari kerja yang benar, yang akan memberikan dari hasil yang halal.

Dengan demikian, mereka akan dengan mudah kita bimbing dengan akhlak mulia, mereka akan mudah melangkah kepada tingkah laku yang baik, sehingga akan mewujudkan anak yang sholeh.

Salih bin Abdullah at-Tusturi berkata, "Siapa yang makan makanan yang haram, mau tidak mau anggota tubuhnya akan cenderung kepada kemaksiatan baik disadari atau tidak, siapa yang makan makanan halal niscaya anggota tubuhnya akan berbuat taat dan diberi taufik untuk berbuat kebaikan.

Allah pun telah mengingatkan kita agar selalu mengkonsumsi makanan yang halal, "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan, karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu," (Q.S Al-Baqarah : 168)

Makanan yang tidak halal tidak akan memberi berkah. Disebutkan dalam sebuah hadist yang artinya, "Jika seseorang bekerja dengan pekerjaan yang tidak halal, maka harta yang diperoleh dari hasil kerja tersebut tidak akan mengandung keberkahan, bahkan bisa menjadi bekal ahli waris ke neraka,"


Kekayaan yang melimpah namun didapat dengan cara-cara yang tidak halal seperti korupsi, merampok, akan menjadikan anak keturunannya tidak sholeh. Akibatnya anaknya menjadi durhaka bahkan bisa keluar dari agama islam atau murtad. Itu akibat dari makanan yang dikonsumsinya berasal dari perbuatan haram.

Baca juga : Fadhilah surah al fatihah.

Abdullah bin Umar pernah berkata, "Seandainya kalian sholat hingga kalian menjadi seperti sesuatu yang berkeluk bak busur, dan puasa hingga kurus seperti senar gitar, semua itu tidak akan diterima oleh Allah, kecuali dengan sifat Wara' yang kuat"

Disebutkan dalam kitab taurat, "Siapa yang tidak peduli (masa bodoh) tentang sumber makanannya, Allah juga tidak peduli dari pintu mana Dia memasukkannya ke api neraka"

Sa'ad bin Abi Waqqash meminta kepada Nabi Muhammad agar berdoa untuknya supaya dijadikan orang yang doanya segera dikabulkan oleh Allah SWT. Nabi berkata, "Perbaikilah makanan yang engkau makan (makanlah makanan yang halal), niscaya engkau akan menjadi orang yang doanya mudah terkabul,"

Makanan halal akan menyebabkan badan sehat, amal ibadah diterima oleh Allah, dan pelakunya akan digolongkan ke dalam golongan orang sholeh dan berakhlak mulia.

Sumber : Cahaya Nabawi

Comments

Popular posts from this blog

RANGKUMAN PELAJARAN FISIKA SEMESTER I KELAS X SMA/MA

Hernia , Penyebab dan Pengobatannya

CARA MUDAH MENGUKIR BAN BEKAS

CARA EFEKTIF MENAMBAL BAN YANG CEPOL PENTILNYA

5 CARA MUDAH MENCEGAH BAN BOCOR

Cara memasang Lampu Rem Motor Revo

Inilah Beberapa Penyebab Timbulnya Asam Urat

CARA MUDAH PASANG BAN LUAR AGAR TIDAK NGOBEL