KENAPA MOTOR MIO BANNYA KEMAKAN SEBELAH

Ada beberapa orang bertanya kenapa motor Mio bannya kemakan sebelah , tidak seperti ban motor lainnya yang manual. Kalau motor manual pada umumnya bannya habisnya rata, kiri dan kanan seimbang.

Ada yang berpendapat mungkin,shock breakernya bocor,tapi setelah  diteliti, ternyata gak ada oli yang keluar dari shock breaker tersebut  ,kondisi masih kering kalau  bocor biasanya ada oli yang keluar.

Ada juga yang bilang mungkin T nya miring sebelah, setelah kita coba untuk lari dengan melepas stang, ternyata tidak juga dan masih stabil.

Motor Mio sebetulnya mempunyai shock breaker depan dua dan belakang satu jumlah shock yng ganjil ini tidak seperti pada umumnya motor manual yang berjumlah 4 buah, yaitu depan dua dan belakang dua.

Baca juga : Tips memilih ban berkualitas.

Untuk memecahkan masalah ini ,kenapa motor mio bannya permukaannya habis sebelah, yaitu selalu sebelah kanan yang aus duluan.
Sebelah kanan tidak pakai shock breaker

Mari kita lihat roda belakang motor mio yang ditopang oleh satu shock breaker. Shock ini berada disebelah kiri sedang sebelah kanan tidak pakai shock seperti motor manual.

Dengan kondisi seperti  tersebut ,waktu motor berjalan apalagi berboncengan ,maka beban akan lebih menitik berat kekanan , karena roda belakang yang sebelah kanan tidak memakai shock breaker .
Hal ini tentu  akan membuat beban miring kekanan dengan membuat sudut kemiringan kurang lebih 3 derajat.

Adanya sudut kemiringan tersebut otomatis beban pengendara akan menitik beratkan kesebelah kekanan , karena sebelah kanan roda belakang tidak ditopang oleh shock breaker .

Dengan demikian lingkaran ban sebelah kanan akan lebih banyak atau lebih berat menahan beban , akibatnya lingkaran ban sebelah kananlah yang menggerus aspal atau jalanan lebih berat selanjutnya ban sebelah kanan lebih aus atau kemakan duluan  dan itu yang sering ditanyakan kenapa ban mio kemakan sebelah.   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KENAPA MOTOR MIO BANNYA KEMAKAN SEBELAH"

Post a Comment

close