Tips Mencegah Kematian Bayi Mendadak ( SIDS )

Image
Bagi ibu ibu perlu mewaspadai tidur bayinya , karena bayi yang tidur tengkurap maupun terlentang mempunyai dampak tersendiri.

Kebanyakan orangtua menidurkan bayinya, baik yang lahir normal atau prematur dengan posisi tengkurap atau menyamping. 
Yang lebih memprihatinkan, sedikitnya bayi prematur yang menerapkan posisi tidur yang aman. 


Padahal, bayi prematur risiko mengalami SIDS lebih besar dibandingkan bayi yang lahir cukup besar.


Bayi lahir prematur atau bayi lahir cukup bulan tetapi lahir dengan berat badan rendah (BBLR) berisiko 50% lebih besar mengalami SIDS. 

Tingginya risiko bayi prematur mengalami SIDS karena seluruh sistem organ tubuhnya, terutama paru-paru, belum mencapai tahap pematangan yang cukup sehingga belum siap berfungsi menopang kehidupan di luar rahim ibu.

Menurut dokter spesialis anak dr Pujiati Abas SpA : "Bayi dengan kondisi seperti itu sangat disarankan periksa secara teratur ke dokter anak untuk memantau perkembangan fungsi organ-organnya," kata…

SLA KAB. LAMONGAN YANG MEMBANGGAKAN

Kita harus acungi jempol kepada dunia pendidikan Kab. Lamongan, karena telah berhasil mengangkat pendidikan murid-muridnya, khususnya SMA Negeri yang telah lulus 100% dalam mengikuti Ujian Nasional tahun 2016. Bukan itu saja, sebannyak 513 siswanya diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) melalui jalur undangan (SNMPTN).

"Bahkan ada dua siswanya yang diterima di Fakultas Kedokteran Tiongkok," kata Fadeli

Tidak itu saja, SMK N 2 Lamongan telah berhasil menciptakan becak bertenaga surya, merupakan hasil yang membanggakan bukan?



Kemudian setelah berhasil meluncurkan Becak Tenaga Surya (Bataya), kini SMK N 2 Lamongan berinovasi lagi menciptakan Bak Sampah Tenaga Surya (Basagaya). Bak sampah ini bisa mengucapkan "Terimakasih" secara otomatis kepada orang yang telah membuka dan membuang sampah di dalamnya.

"Inovasi ini harus dihargai sehingga anak-anak kita ini tidak akan pernah berhenti untuk berkreasi," kata Bupati Lamongan, Fadeli.

Bupati Lamongan juga mengucapkan terimakasih kepada dunia pendidikan Lamongan yang semakin hari kualitasnya semakin meningkat, sehingga menjadi kebanggaan Kab. Lamongan.

Menurut Kepala SMK N 2 Lamongan, Drs. Matekur mengatakan, "Basagaya merupakan hasil karya dari inovasi para siswa dan siswinya, guru dan para pengajar hanya mendampingi pembuatannya."

"Semua pengerjaan murni dari para siswa, kami mulai ide awal, konsep pengerjaan sampai selesai. Basagaya akan memberikan reward berupa ucapan terimakasih telah membuang sampah pada tempatnya, setiap kali ada sampah yang dimasukkan," kata Matekur.

Dengan hasil inovasi siswanya ini, Matekur berharap masyarakat semakin sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.   

Comments

Popular posts from this blog

RANGKUMAN PELAJARAN FISIKA SEMESTER I KELAS X SMA/MA

Hernia , Penyebab dan Pengobatannya

CARA MUDAH MENGUKIR BAN BEKAS

CARA EFEKTIF MENAMBAL BAN YANG CEPOL PENTILNYA

Cara memasang Lampu Rem Motor Revo

5 CARA MUDAH MENCEGAH BAN BOCOR

Inilah Beberapa Penyebab Timbulnya Asam Urat

Rangkuman Pelajaran Sejarah Indonesia Untuk SMA/SMK/MA/MAK Kelas X