JABAL RAHMAH , LEGENDA CINTA NABI ADAM DAN SITI HAWA

Di Arab Saudi, kota suci Mekah banyak meninggalkan cerita cerita sejarah Islam yang tak lekang oleh usia zaman.
Peninggalan sejarah ini banyak dikunjungi oleh mereka yang melaksanakan ibadah haji maupun umroh ,untuk memohon doa. 

Jabal Rahmah sendiri merupakan tempat bukit berbatuan yang mempunyai ketinggian kurang lebih 65 meter dari permukaan tanah , letaknya dipinggiran padang Arofah kota suci Mekah ,Arab Saudi.
Untuk mencapai puncak tersebut melewati tangga berbatuan memerlukan waktu kurang lebih 15 menit. 

Jabal Ramah sendiri mempunyai arti Jabal atau gunung dan Rahmah atau kasih sayang dan jabal Rahmah bisa diartikan tempat bertemunya nabi Adam dan Siti Hawa yang telah lama berpisah ada ratusan tahun lamanya .
Untuk mengenang tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa , oleh Pemerintah Arab Saudi dibangunlah sebuah monomen atau tugu berbentuk persegi panjang berwarna putih ,dengan lebar 1,8 m dan tingginya 8 m dipuncak bukit Jabal Rahmah .

Pemerintah Arab Saudi sendiri sudah menegaskan bahwa berziarah ke Jabal Rahmah bukanlah hal yang  diwajibkan, tetapi masih banyak juga peziarah berdatangan dan berdoa menengadahkan tangan di sana saat wukuf. Lebih-lebih jamaah Indonesia, mereka memadati bukit jabal Rahmah saat wukuf tanggal 9 Dzulhijjah. Sangat disayangkan kita dapati coretan-coretan nama-nama pengunjung  termasuk juga orang orang Indonesia di tugu monumen tersebut. 

Di kaki bukit Jabal Rahmah inilah Rasulullah SAW wukuf, setelah menyampaikan Khutbah Wada’ di Masjid Namirah. Disebutkan, di sinilah Nabi Muhammad mendapatkan wahyu yang terakhir kalinya. 

Baca juga : Sholat jumat wajib bagi laki laki.


Wahyu itu termaktub dalam Quran Surah Al-Maidah (5); 3. Ayat itu dalam terjemahan bahasa Indonesia bunyinya: "Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku.

"Pada hari ini telah Kusempurnakan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." 


Semoga tulisan ini bisa menjadi info tambahan bagi temen temen peminat kisah kisah sejarah Islam dan akan menjadi tambahnya wawasan .  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JABAL RAHMAH , LEGENDA CINTA NABI ADAM DAN SITI HAWA"

Post a Comment

close