KENAPA BAYI YANG BARU LAHIR SERING GUMOH

KENAPA BAYI YANG BARU LAHIR SERING GUMOH.

Kita akan merasa senang bila buah hati kita sehat ,lincah ,ceria dengan tawa yang menggemaskan, namun kita akan merasa cemas apabila buah hati kita dalam keadaan sakit
Pada mulanya bayi memang sering memuntahkan sebagian ASI .Lama kelamaan fenomena gumoh ini akan berkurang pada usia 12-16 minggu.


Gumoh disebabkan karena terlalu kuat menyedot ASI atau susu ,sehingga tercampur dengan udara. Jadi ketika bayi bergerak cepat , tekanan dalam perutnya akan menjadi tinggi . Yang penting adalah membedakan antara bayi gumoh dan muntah.

Baca Juga :Cara cara dalam mempercepat masuknya kepala bayi ke pinggul.

.Pada kasus muntah , keluarnya isi lambung disertai dengan kontraksi perut yang kuat, sementara pada gumoh tidak.
Penyebab bayi muntah biasanya karena bayi disusui dalam posisi tidur.Seharusnya bayi disusui dalam keadaan tegak dan sang ibu dalam posisi semi tegak. Sebaiknya sendawakan bayi sebebelum pindah keputing susu yang lain.


gb: google

Jika bayi menyusu lewat botol susu , pastikan agar lubang pada botol susu tidak terlalu besar atau kecil . Penyebab bayi muntah yang lainnya adalah kelainan yang dikenal dengan istilah Stenosis pylorus ( sempitnya pintu keluar lambung ).



Penyakit ini sangat jarang terjadi namun orang tua harus mewaspadai tanda tandanya. Gejalanya meliputi bayi muntah dengan kuat dan terus menerus sehingga mengalami penurunan berat badan , sering dehidrasi , mulut kering , keriput pada kulit , mata kering , dan perut membengkak.

Segera periksakan jika menemui tanda tanda seperti itu. Jadi bila yang kita dapati bayi gumoh biasa tanpa kontraksi berlebihan dari perut , maka hal tersebut hal yang lazim yang terjadi pada anak yang baru lahir.   
Semoga info ini berguna bagi ibu ibu,terutama ibu ibu muda yang baru pertama kali melahirkn anak.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KENAPA BAYI YANG BARU LAHIR SERING GUMOH"

Post a Comment

close