Tips Mencegah Kematian Bayi Mendadak ( SIDS )

Image
Bagi ibu ibu perlu mewaspadai tidur bayinya , karena bayi yang tidur tengkurap maupun terlentang mempunyai dampak tersendiri.

Kebanyakan orangtua menidurkan bayinya, baik yang lahir normal atau prematur dengan posisi tengkurap atau menyamping. 
Yang lebih memprihatinkan, sedikitnya bayi prematur yang menerapkan posisi tidur yang aman. 


Padahal, bayi prematur risiko mengalami SIDS lebih besar dibandingkan bayi yang lahir cukup besar.


Bayi lahir prematur atau bayi lahir cukup bulan tetapi lahir dengan berat badan rendah (BBLR) berisiko 50% lebih besar mengalami SIDS. 

Tingginya risiko bayi prematur mengalami SIDS karena seluruh sistem organ tubuhnya, terutama paru-paru, belum mencapai tahap pematangan yang cukup sehingga belum siap berfungsi menopang kehidupan di luar rahim ibu.

Menurut dokter spesialis anak dr Pujiati Abas SpA : "Bayi dengan kondisi seperti itu sangat disarankan periksa secara teratur ke dokter anak untuk memantau perkembangan fungsi organ-organnya," kata…

KENAPA BAYI YANG BARU LAHIR SERING GUMOH

KENAPA BAYI YANG BARU LAHIR SERING GUMOH.

Kita akan merasa senang bila buah hati kita sehat ,lincah ,ceria dengan tawa yang menggemaskan, namun kita akan merasa cemas apabila buah hati kita dalam keadaan sakit
Pada mulanya bayi memang sering memuntahkan sebagian ASI .Lama kelamaan fenomena gumoh ini akan berkurang pada usia 12-16 minggu.


Gumoh disebabkan karena terlalu kuat menyedot ASI atau susu ,sehingga tercampur dengan udara. Jadi ketika bayi bergerak cepat , tekanan dalam perutnya akan menjadi tinggi . Yang penting adalah membedakan antara bayi gumoh dan muntah.

Baca Juga :Cara cara dalam mempercepat masuknya kepala bayi ke pinggul.

.Pada kasus muntah , keluarnya isi lambung disertai dengan kontraksi perut yang kuat, sementara pada gumoh tidak.
Penyebab bayi muntah biasanya karena bayi disusui dalam posisi tidur.Seharusnya bayi disusui dalam keadaan tegak dan sang ibu dalam posisi semi tegak. Sebaiknya sendawakan bayi sebebelum pindah keputing susu yang lain.


gb: google

Jika bayi menyusu lewat botol susu , pastikan agar lubang pada botol susu tidak terlalu besar atau kecil . Penyebab bayi muntah yang lainnya adalah kelainan yang dikenal dengan istilah Stenosis pylorus ( sempitnya pintu keluar lambung ).



Penyakit ini sangat jarang terjadi namun orang tua harus mewaspadai tanda tandanya. Gejalanya meliputi bayi muntah dengan kuat dan terus menerus sehingga mengalami penurunan berat badan , sering dehidrasi , mulut kering , keriput pada kulit , mata kering , dan perut membengkak.

Segera periksakan jika menemui tanda tanda seperti itu. Jadi bila yang kita dapati bayi gumoh biasa tanpa kontraksi berlebihan dari perut , maka hal tersebut hal yang lazim yang terjadi pada anak yang baru lahir.   
Semoga info ini berguna bagi ibu ibu,terutama ibu ibu muda yang baru pertama kali melahirkn anak.


Comments

Popular posts from this blog

RANGKUMAN PELAJARAN FISIKA SEMESTER I KELAS X SMA/MA

Hernia , Penyebab dan Pengobatannya

CARA MUDAH MENGUKIR BAN BEKAS

CARA EFEKTIF MENAMBAL BAN YANG CEPOL PENTILNYA

Cara memasang Lampu Rem Motor Revo

5 CARA MUDAH MENCEGAH BAN BOCOR

Inilah Beberapa Penyebab Timbulnya Asam Urat

Rangkuman Pelajaran Sejarah Indonesia Untuk SMA/SMK/MA/MAK Kelas X