TEMPO OLAH RAGA YANG TEPAT

TEMPO OLAH RAGA YANG TEPAT.
 TEMPO OLAH RAGA YANG TEPAT.Orang dengan tubuh terlalu gemuk cenderung lebih berisiko mengidap beberapa penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, liver, artritis, serta gangguan kandung empedu. Kelebihan berat badan dapat memengaruhi kinerja hormon insulin penyebab diabetes dan meningkatkan risiko sakit jantung.  Lemak berlebih mengganggu jantung karena menimbulkan timbunan kolesterol, kenaikan tekanan darah, dan penyumbatan arteri. Selain itu kelebihan lemak membuat darah kehilangan kemampuan untuk membeku yang dapat menyebabkan stroke. Pada wanita, kegemukan dapat mengakibatkan datang bulan yang tidak teratur dan gangguan infertilitas Pada akhirnya, orang bertubuh gemuk memiliki risiko hidup lebih pendek dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.





Oleh karena itu kesehatan bagi manusia  adalah hal yang penting dan utama , karena dengan badan yang sehat kita dapat melaksanakan aktivitas kegiatan sehari hari dengan baik. Untuk menunjang hal tersebut harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi ditambah dengan olah raga yang cukup.

Olah raga yang dilakukan untuk menjaga stamina tetap prima adalah olah raga yang teratur dengan waktu tertentu agar memperoleh hasil yang diinginkan.

Menurut Dr.A.Anies Shahab,Sp.U. olah raga yang benar dan intensif untuk menjaga tubuh agar tetap sehat tidak cukup hanya seminggu sekali karena hal ini tidak akan berpengaruh pada kondisi tubuh .Frekuensi olah raga yang benar adalah minimal 3-6 kali dalam seminggu , untuk memperoleh hasil yang baik : tubuh lebih bugar , peningkatan kekebalan tubuh dan dapat mengendalikan berbagai penyakit degeneratif.

Keluar keringat bukan berarti intesitas olah raga itu telah cukup , karena keringat hanya menandakan , kenaikan suhu tubuh atau reaksi karena adanya hawa panas diluar tubuh.

Olah raga satu sesi baru dikatakan cukup intensitasnya bila detak nadi telah mencapai 70% dari detak nadi maksimal permenit, yang dapat dideteksi sendiri dengan menghitung detak nadi di pergelangan tangan kiri  rumusnya : 70% X ( 220 - usia ) .




Tempo atau durasi yang baik setiap sesi olahraga adalah minimal 30 menit , sebab untuk mengikis lemak  yang berlebih harus lebih dari 20 menit , yang berkurang barulah kolagen dalam otot.
Setelah 20 menit pertama barulah proses membakar lemak yang berlebih dimulai.

Untuk meningkatkan ketahanan tubuh misalnya lari atau jalan atau joging bukan ditentukan oleh seberapa cepat atau seberapa jauh kita menempuh perjalanan , tetap durasi atau tempo kita melakukan olah raga itu yaitu minimal 30 menit.


Demikianlah info kesehatan yang perlu kita lakukan agar badan tetap sehat dan bugar bukankah dengan badan yang sehat dan bugar kita dapat melakukan kegiatan dengan nyaman sehingga apa yang kita cita citakan dapat diraihnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEMPO OLAH RAGA YANG TEPAT"

Post a Comment

close