Tips Mengatasi Tidur Mendengkur


Tidur mendengkur disebabkan oleh menyempitnya saluran udara baik ditenggorokan maupun dilubang hidung  yang mengontrol jumlah oksigen yang masuk kedalam tubuh.

Adapun suara mendengkur dapat timbul disebabkan oleh getaran yang dibuat oleh udara karena usahanya untuk dapat masuk kedalam tubuh melalui langit langit mulut , tonsil , uvula , lidah dan otot otot yang ada ditenggorokan tidak lancar
Mendengkur terjadi karena udara yang dihirup tidak dapat bergerak bebas melalui hidung dan mulut.

Mendengkur atau ngorok adalah kondisi gangguan tidur yang terjadi pada seseorang. Gangguan tidur  mendengkur  dalam istilah kedokteran disebut Sleep Apnea, bila kondisi ini dialami oleh seseorang dalam jangka waktu yang cukup lama maka akan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti hypertensi, penyakit jantung, stroke, bahkan pada kondisi tertentu gangguan tidur ini bisa menyebabkan kematian.

Tidur mendengkur adalah suatu masalah, masalah baik bagi dirinya sendiri maupun masalah untuk orang lain yang di sampingnya atau orang yang mendengarnya.

Dibilang masalah buat orang lain, contohnya seorang yang tidur di sebelahnya akan merasa terganggu, berisik dengan suara dengkurnya yang keras. Akibatnya orang yang tidur di sebelahnya tidak bisa tidur. Kemudian orang yang tidur di sebelahnya marah-marah, bahkan bisa mengusir untuk tidur di tempat lain.

Sedang masalah untuk dirinya sendiri adalah ia merasa malu, ia akan dimarahi atau diomeli oleh orang yang disebelahnya, atau bisa juga jadi bahan tertawaan teman-temannya.

Tidur mendengkur disebabkan oleh menyempitnya saluran udara baik ditenggorokan maupun dilubang hidung  yang mengontrol jumlah oksigen yang masuk kedalam tubuh.
 Adapun suara mendengkur dapat timbul disebabkan oleh getaran yang dibuat oleh udara karena usahanya untuk dapat masuk kedalam tubuh melalui langit langit mulut , tonsil , uvula , lidah dan otot otot yang ada ditenggorokan.
Mendengkur terjadi karena udara yang dihirup tidak dapat bergerak bebas melalui hidung dan mulut.

Lalu, mengapa tidur mendengkur bisa terjadi? Inilah referensi yang diambil dari majalah Cahaya Nabawi, penyebab tidur mendengkur yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :



  1. Bertambahnya umur, bertambahnya umur ini menyebabkan tonggorokan menjadi menyempit.
  2. Adanya gangguan hidung atau sinus
  3. Bertambahnya berat badan
  4. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan konsumsi kopi yang berlebihan.
  5. Minimnya olahraga dan
  6. Posisi tidur yang telentang.
Lalu, bagaimana untuk mengatasinya? Di bawah ini ada beberapa tips atau cara-cara untuk mengatasi akibat dari tidur mendengkur, yaitu :
  1.  Menurukan berat badan
  2. Olahraga teratur
  3. Berhenti merokok
  4. Tetapkan pola tidur dengan posisi menyamping
  5. Hindari kafein dan makanan berat sebelum tidur
  6. Pastikan agar hidung tak tersumbat
  7. Atur posisi kepala lebih tinggi dari badan.
Itulah tips untuk mengatasi tidur mendengkur. Semoga bermanfaat.   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Tidur Mendengkur"

Post a Comment

close