Mewaspadai Kerusakan Gigi Saat Hamil

Mewaspadai Kerusakan Gigi Saat Hamil
Mewaspadai Kerusakan Gigi Saat Hamil
Halo  selamat siang pembaca kita jumpa lagi, kali ini saya akan menyuguhkan info yang lain yaitu mengenai kerusakan gigi saat hamil .Sudah barang tentu tulisan ini ditujukan kepada ibu ibu yang sedang hamil.

Perlunya penjagaan kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum menikah. Hal ini perlu sekali mengingat dampak yang ditimbulkan dapat mempengaruhi terhadap kandungannya.  Kepedulian tentang kesehatan gigi ibu hamil adalah dengan menyebarluaskan informasi bagaimana merawat gigi dengan baik dan  benar sejak sebelum hamil dan saat kehamilan.

Gigi yang sehat , gigi yang putih bersih dan gigi yang utuh adalah dambaan semua orang tak terkecuali laki laki ataupun perempuan. Karena dengan gigi yang utuh bersih dan sehat akan memberikan kepercayaan diri seseorang dalam segala bidang baik dalam berbicara , bertatap muka maupun dalam berpenampilan sehari hari.

 Namun disini penulis mau memberikan info sesuai dengan judulnya yaitu Mewaspadai Kerusakan Gigi saat Hamil.
 Selain perubahan secara fisik, perubahan hormonal dan perilaku terjadi pada ibu hamil. Hal-hal tersebut berpengaruh juga pada keadaan gigi dan mulut mereka. 

Selama masa kehamilan sering kali calon ibu mengalami keluhan pada gigi dan mulut. 
Terkadang ibu hamil tersebut memang sudah mengalami masalah pada gigi dan menjadi bertambah parah ketika hamil. Oleh karena itu sangat disarankan dilakukan konsultasi ke dokter gigi ketika seseorang sudah merencanakan kehamilan guna melakukan pencegahan dan perawatan.


Kerusakan gigi pada masa kehamilan ternyata tidak dapat disepelekan . Hal ini sama berbahayanya  bagi janin atau jabang bayi seperti merokok dan minum alkohol, yaitu dapat mempengaruhi kesehatan rahim dan perkembagan janin.


Untuk pencegahannya kerusakan gigi pada masa kehamilan masih menurut drg.Hanifah yaitu sebaiknya dilakukan langkah langkah sebagai berikut :

1. Menggunakan pasta gigi yang dapat membuat mulut segar yang sesuai dengan kenyamanan pema agar tidak menimbulkan mual mual.

2. Segera berkumur setelah muntah agar sisa asam lambung dari perut tidak tertinggal didalam mulut yang dapat merusakkan gigi.
3. Berkumur dengan obat kumur jika mulut terasa kurang nyaman.
4. Gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan bagian gigi yang sulit   dijangkau sikat gigi.
5. Batasi makanan dengan rasa terlalu asam dan manis karena berpotensi merusak gigi.
6. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium karena perkembangan gigi janin ditentukan sejak trimester pertama. 

Masa kehamilan merupakan masa yang membahagiakan bagi setiap pasangan. Karena mereka akan memperoleh keturunan dari hasil  buah cinta mereka berdua.Sudah kodratnya bagi seorang wanita pada dirinya dikarunia oleh Alloh untuk mengandung anaknya.  Selama masa kehamilan akan terjadi perubahan perubahan pada sang ibu.Untuk itulah seorang ibu yang hamil dituntut agar hati hati selama kehamilannya agar anaknya lair dengan selamat. 


Didalam menjalani kehamilannya seorang ibu hamil menurut  drg.Hanifah Shahab biasanya terjadi perubahan perubahan  , yaitu perubahan hormonal yang cenderung melemakan gigi dan gusi sehingga menyebabkan seorang yang sedang hamil sering mengalami radang gusi atau gusi menjadi sensitif.

Tindakan yang paling mudah dan aman adalah melakukan tindakan preventif atau pencegahan sebelumnya, dimana pasangan yang merencanakan untuk hamil sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi mulut sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas kehamilan nantinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mewaspadai Kerusakan Gigi Saat Hamil"

Post a Comment

close