Menyajikan info info yang bermanfaat untuk anda

PENYAKIT JANTUNG DAN CARA CARA PENCEGAHANNYA

 PENYAKIT JANTUNG DAN CARA CARA PENCEGAHANNYA.

Dalam era globalisasi saat ini  penyakit jantung  tak lagi didominisasi   orang-orang tua. Saat  ini, justru semakin banyak orang berusia muda terserang penyakit jantung. Ini menunjukkan bahwa penyakit jantung sasarannya tak mengenal usia.

Yang menjadi pertanyaan kenapa  penyakit jantung menyerang orang orang  di usia muda ? Lalu apa  yang harus  dilakukan untuk pencegahannya apabila momok tersebut menyasar anak muda .

Dr.Henry McGill  dalam  sebuah studinya melakukan pemeriksaan terhadap 760 mayat remaja dan orang berusia muda, dalam  penelitian tersebut  ditemukan sumbatan pada arteri koroner yang disebabkan oleh penumpukan kolestrol.
gbr:google


Hal tersebut menunjukkan bahwa, pencegahan penyakit jantung di masa depan sudah harus dilakukan sejak usia anak-anak, ungkap penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnaL Circulation.
“Intinya adalah bahwa pencegahan jangka panjang penyakit arteri koroner sudah harus dimulai pada masa anak-anak atau setidaknya di usia remaja,” ujar penelit senior Dr. Henry, ilmuwan senior dari Southwest Foundation for Biomedical Research di San Antonio, Texas.

Dalam Studi tersebut meneliti arteri orang-orang muda yang meninggal karena penyebab lain, seperti bunuh diri, pembunuhan, dan juga kecelakaan.

Seperlima dari orang-orang muda berusia 30-34 telah muncul plak atau deposit lemak di dalam arteri koroner mereka, yang menandakan adanya risiko menuju serangan jantung dan stroke di masa depan.
Dalam penelitian ini, terlihat bahwa laki-laki dua kali lebih berisiko mengalami munculnya plak dibandingkan wanita dengan rentang usia yang sama.

Faktor risiko terbesar terjadinya sumbatan arteri adalah obesitas dan tingginya kadar low density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal dengan kolestrol jahat, yang mana inilah yang akan menempel di dinding-dinding arteri.
Sedangkan faktor risiko lain seperti merokok, tekanan darah tinggi, dan kadar high density lipoprotein (HDL) atau Kolestrol baik yang rendah juga meningkatkan risiko seseorang mengalami penyumbatan arteri.

Penelitian ini juga menemukan, bahwa laki-laki muda berusia 20-an dan 30-an dengan kolestrol tinggi, dua sampai tiga setengah kali lebih berisiko meninggal karena penyakit jantung. Bahkan, berisiko mengalami kematian dini empat hingga sembilan tahun lebih awal dibanding para pria dengan kadar kolestrol lebih sehat.

Dari penelitian ini, terungkap bahwa orang-orang berusia muda di awal 20-an harus mulai menguji kadar kolesterolnya, seperti yang direkomendasikan oleh National Cholesterol Education Project, kata Dr Peter Libby, Kepala Kedokteran Kardiovaskular di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston.
“Bahkan mereka yang berusia 20-an harus tahu berapa angka kolestrol mereka dan memastikan bahwa kadar koelsterol mereka dalam kendali,” kata Libby.
 “Ini jauh lebih baik untuk mencegah penyakit ini di awal, daripada mengobati serangan jantung dan stroke ketika sudah terjadi.”  lanjutnya.

Saat ini penyakit jantung memang tak lagi hanya menyerang orang-orang berusia lanjut. Kini, justru semakin banyak orang berusia muda terserang penyakit jantung. Sebenarnya apa penyebab penyakit jantung di usia muda? Adakah yang bisa dilakukan untuk pencegahan?


Cara cara Mencegah Penyakit Jantung


1. Berhenti merokok.
Banyak orang tidak menyadari bahwa menghisap rokok tidak baik bagi kesehatan, meskipun peringatan secara umum sudah diketahuinya tapi kenapa mereka tetap tak peduli dengan kesehatan dirinya. Peringatan tersebut sangat beralasan karena mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini untuk mencegah penyakit jantung agar jantung tetap sehat.

2. Jangan Makan Makanan yang mengandung Minyak Jenuh
 Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak jenuh lebih dari 20 gram setiap hari, dan gunakan minyak trans sesedikit mungkin. Lemak jenuh dan lemak trans akan menyebabkan radang arteri. Cinnamon roll (roti kayu manis) memiliki 7 gram lemak jenuh. Minyak trans (misalnya dalam mentega atau margarin), sering ditemukan dalam makanan yang diproses atau dipanggang dalam oven. 

3. Banyak Makan Sayuran dan Buah 
Makan sayuran dan buah setiap hari sangat baik bagi kesehatan badan kita  . Buah dan sayuran penuh dengan serat. Secara bertahap tingkatkan jumlahnya dalam 2 – 6 minggu. karena jika jumlahnya meningkat drastis, malah kurang baik hasilnya, dan dapat mempengaruhi pencernaan diri sendiri.

4.Rajin Berolahraga Setiap Hari
Jalan selama 30 menit setiap hari ataupun lari lari kecil asal dilakukan rutin akan baik bagi kesehatan dan akan memperlancar peredaran darah. , coba jalan setengah jam setiap hari, akan menurunkan resiko serangan jantung sekitar 30 persen. 
Kualitas olah raga yang benar , bukan banyaknya keringat yang keluar , akan tetapi waktu yang tetap misalnya 30 menit setiap hari tapi rutin. 

5.Hindari Stres
Hindari Stres. Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.

Demikian info mengenai penyakit jantung dan cara cara pencegahannya yang bersumber dari media kompas.com . Semoga info ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan khususnya generasi muda untuk lebih memperhatikan kesehatannya untuk mengisi kemerdekaan untuk memimpin bangsanya.
 
Share:

0 comments:

Post a comment

Bidvertiser

Support