SHOLAT JUMAT WAJIB BAGI LAKI LAKI

SHOLAT JUMAT WAJIB BAGI LAKI LAKI.
SHOLAT JUMAT WAJIB BAGI LAKI LAKI.Seseorang yang taqwa adalah orang yang patuh dalam menjalankan perintah perintah Alloh dan menjauhi segala larangan larangannya.
 Untuk lebih mendalamnya pengertian takwa menurut syara' :

"Taqwa itu berarti menjaga dan memelihara diri dari siksa dan murka Allah dengan jalan melaksanakan perintah-perintah-Nya serta menjauhi semua larangan-larangan-Nya, menjauhi semua kemaksiatan dan taat kepada Allah SWT."

 Sebagaimana firman Allah mengenai  taqwa tersebut di atas :
 " Sesungguhnya orang-orang yang paling mulia di antara kamu sekalian di sisi Allah adalah orang yang  paling bertaqwa".  

Selain mengerjakan sholat fardhu yang lima waktu beserta sunah sunahnya , sholat jumat adalah wajib dikerjakan oleh seorang pria yang telah dewasa. 
Sholat jumat sendiri hukumnya  adalah fardhu ain artinya hanya dikerjakanoleh laki laki dewasa yang tidak sakit dan berakal sehat.
gbr: google

berdasarkan kepada hadis nabi; Dari Thariq bin Syihab ra bahwa Rasulullah SAW bersabda :

                                                                                                                                                                         
الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِى جَمَاعَةٍ إِلاَّ أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوِ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِىٌّ أَوْ مَرِيضٌ

 " Sholat jumat itu adalah kewajiban bagi setiap muslim dengan berjamaah , kecuali atau tidak diwajibkan atas 4 orang yaitu : budak , wanita ,anak kecil dan orang yang sedang sakit ." ( HR.Abu Daud ).

Dengan demikian laki laki sehat yang cukup umur yang  meninggalkan sholat jumatakan mendapat dosa dari Alloh swt , karena Alloh sudah memerintah umatnya untuk mengerjakan sholat jumat seperti yang disebutkan dalam firman Alloh yang artinya : 

" Hai orang orang yang beriman apabila diseru untuk mengerjakan sholat jumat  maka bersegeralah kalian kepada mengingat Alloh  dan tinggalkanlah jual beli , yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui ." ( Al Jumah ayat 9 ).

Sedangkan hukum meninnggalkan sholat jumat dalam islam telah dijelaskan dalam sabda nabi dan juga firman Alloh .Sabda nabi yang diutarakan oleh HR.Malik :

                                                                                                                                                               

 مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ وَلاَ عِلَّةٍ طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ
    
" Barang siapa meninggalkan sholat jumat 3 kali tanpa sebab maka Alloh mengunci mata hatinya." (HR.Malik ).

dan demikian pula sabda rosul :                                                                                                                     

مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ
" Barang siapa tidak mengerjakan sholat jum at 3 kali karena meremehkannya maka Alloh akan mengunci mata hatinya ." ( HR.Al.Tirmidzi ).  

Adapun hukum sholat jumat bagi wanita  dalam hadist diatas disimpulkan bahwa wanita tidak diwajibkan mengerjakan sholat jumat , akan tetapi bila seorang wanita mengerjakan sholat jum at berjamaah bersama sama imam , maka sholatnya sah sah saja. 

Keutamaan Sholat Jum at
a. Orang yang berjalan untuk mengerjakan sholat jum at akan mendapat pahala untuk setiap langkahnya , setara dengan ibadah satu tahun sholat dan puasa.

Aus bin aus berkata , Rosululloh bersabda :
 " Siapa yang mandi pada hari jum at , kemudian bersegera berangkat menuju masjid  dan menempati shaf terdepan  kemudian dia diam , maka setiap langkah yang ia ayunkan mendapat pahala puasa dan sholat selama satu tahun dan itu adalah hal mudah bagi Alloh ." (HR.Ahmad dan Ashabus Sunan yang dinyatakan shohih oleh Ibnu Huzaimah )  

b. Mendapat pahala yang besar terutama bagi mereka yang bersegera pergi kemasjid untuk melaksanakan sholat jum at .

c.*"Barang siapa yang mandi pada hari jum at sebagaimana mandi janabah , lalu berangkat menuju masjid ,  maka ia seolah berkurban dengan seekor unta.
   *Barang siapa yang  datang pada kesempatan ( waktu ) kedua maka ia seolah olah berkurban denganseekor sapi.
   * Barang siapa yang datang pada kesempatan waktu yang ketiga maka ia seolah olah berkurban denganseekor kambing yang bertanduk.
   * Barang siapa yang datang pada kesempatan waktu yang keempat maka ia seolah olah berkurban dengan seekor ayam.
   * Barang siapa yang datang pada kesempatan waktu yang kelima maka ia seolah olah berkurban dengansebutir telor ayam. 
 Dan sesudah imam keluar untuk memberi khutbah maka para malaikat hadir  mendengar dzikir ( khutbah ) tersebut ." (HR.Bukhori )

 Demikian sedikit informasi mengenai kewajiban sholat jum at bagi laki laki semoga setelah dengan membaca tulisan ini menjadi lebih rajin melaksanakan sholat jum at .Amin amin ya robbal 'almin
dan apabila ada keselahan dari tulisan ini mohon tegurannya lewat komentar atau email.  


No comments:

Post a Comment

close