Kemenpar Menggandeng Bloggers Dunia Untuk Mempromosikan Pariwisata Indonesia


Enak ya jadi blogger yang mapan , tiap bulan pundi pundi dolar mengalir kerjanya dirumah sendiri,ditempat terbuka , ataupun dikantor ( bagi yg  punya kantor) ataupun ditempat penginapan/ hotel karena travelnya keluar kota .  Jalan jalan rekreasi atau travelling aja bisa dijadikan obyek penulisan di blognya yang potensial menghasilkan uang. 

Seperti yang dilakukan oleh para blogger asing yang di undang ke Indonesia untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

















 
Para blogger tersebut sudah barang tentu blogger pilihan yang sudah mempunyai follower yang banyak mungkin sudah jutaan , sehingga pemerintah Indonesia berani menggunakan mereka .
Ini dapat dijadikan motivasi para bloger yunior dan senior Indonesia untuk menjadikan dirinya lebih berkualitas , menciptakan karya karyanya lebih banyak disukai follower dan tentu saja karya karya tersebut bermanfaat bagi followernya.     
 
Untuk itu Kementrian Pariwisata mengajak kerja sama  para blogger dan influencer dari Eropa, Amerika, dan Afrika diundang dalam Trip of Wonders 2016. Mereka semua diajak berpetualang ke tempat-tempat eksotis di Bandung, Yogyakarta dan Jawa Tengah, Raja Ampat, serta Lombok. Hal itu dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke level dunia. Menpar Arief Yahya menyebutnya sebagai endorser. Pasalnya, blogger dan influencer bisa memberikan berpengaruh kuat pada followers dan friends-nya di media sosial.
 
Trip of Wonders 2016  diharapkan mampu memberikan warna bagi dunia pariwisata , dan dapat merekam  akan keindahan dan kekayaan alam serta keragaman budaya Indonesia yang dapat memberikan pengalaman berwisata yang tidak terlupakan . 

Trip of Wonders tersebut dapat mengenalkan kepada dunia ,mengenai indanya destinasi pariwisata favorit yang ada di Indonesia yang wajib  dikunjungi oleh turis turis mancanegara unuk datang ke Indonesia. 
 

Metode promosi yang dilakukan Kemenpar berbeda dari biasanya ,Sebanyak 25 travel blogger, photografer, adventure, dan lifestyle blogger dari beragam negara ikut dilibatkan menjadi endorser Wonderful Indonesia. Komposisinya, antara lain Amerika Serikat (7 orang), Inggris (5 orang), Jerman (1 orang), Prancis (4 orang), Belanda (2 orang), Afrika Selatan (1 orang), Spanyol (1 orang), Brazil (2 orang), Polandia (1 orang), dan Hungaria (1 orang). Mereka semuanya punya banyak followers di dunia maya.

Blogger Blogger Luar Negeri 
Karena Anggaran Dipangkas, apakah dengan mengundang blogger luar negeri  Kemenpar Ubah Strategi Promosi Wisata , seperti yang diberitakan di koran koran ,
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengubah strategi promosi pariwisata Indonesia. Ini untuk merespon kebijakan efisiensi anggaran.

"Jadi sebelumnya, anggaran yang ada dialokasikan untuk 50% branding, 30% advertising, dan 20% selling, sekarang diubah," kata Menteri Arief Yahya di Jakarta, Jumat (16/9/2016) malam.

Menpar mengubah kebijakan dengan perbanyak persentase untuk kegiatan "selling" atau penjualan.
Kemenpar pun menerapkan kebijakan branding 20%, advertising 30%, dan selling 50%.
"Untuk jangka pendek ini bagus tapi untuk jangka panjang kurang ideal," katanya.

Menurut dia, pariwisata memerlukan branding yang kuat agar bisa mendatangkan dampak yang positif dalam jangka panjang.
"Menteri yang baik itu mewariskan brand yang kuat untuk penerusnya," katanya.
Namun ia menegaskan hal itu terpaksa dilakukan sebagai respon terhadap keadaan yang saat ini menerapkan kebijakan pengetatan anggaran.
Untuk tahun depan, pihaknya berharap anggaran promosi pariwisata bisa tetap sama seperti "benchmark"-nya atau seperti negara-negara lain menganggarkan biaya promosinya.

"Negara lain menganggarkan dua persen dari proyeksi devisa atau 20 dolar AS perwisman," katanya.  

Strategi Media yang dilakukan Menpar Arief Yahya memang sedikit berubah komposisinya. Antara Paid Media, Own Media, Social Mediadan Endorser Media mulai dioptimalkan. Begitu pun komposisi antara branding, advertising dan selling. Kini selling memiliki porsi yang lebih kuat. "Branding kita sudah kuat mendunia dan harus terus dirawat agar semakin kuat. Saat ini waktunya untuk memperkuat advertising dan selling," kata Menpar Arief Yahya.Sumber :detik.com
Kota Purworejo

   Seandainya saja perjalanan Trips of Wonders itu pada awal bulan Oktober 2016 sempat mampir ke kota Purworejo., para bloger bisa mengabadikan hari jadi kota Purworejo yang ke 1115 , karena pada awal bulan tersebut kota Purworejo sedang memperingati hari jadinya dengan mempersembahkan serangkaian kegiatan pentas seni, ziarah kemakam  bupati Purworejo yang pertama,dan dapat memperkenalkan

Bedug Terbesar Di Dunia Purworejo Tempatnya,, juga destinasi wisata dikota Purworejo lainnya, seperti Menengok Keindahan Goa Seplawan ,Eloknya Pantai JatimalangEloknya Pantai Jatimalangpantai Ketawang ,Curug Silangit , hutan alam Purworejo dan masih banyak lagi  .Dan apabila para blogger luar negeri yang masuk dalam kelompok Trips Of Wonders  dapat mengabadikan hari jadi kota Purworejo serta destinasi wisata lainnya , maka kota purworejo akan dapat dilihat oleh follower dunia . Semoga....      














































































Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemenpar Menggandeng Bloggers Dunia Untuk Mempromosikan Pariwisata Indonesia "

Post a Comment

close