Cara Pasang Kampas Rem Cakram Motor Revo

Rem merupakan salah satu kelengkapan yang vital bagi
kendaraan bermotor maupun bukan
kendaraan bermotor dan bukan harus mempunyai atau
diperlengkapi rem.Dengan adanya rem memungkinkan
pengendara dapat mengendalikan kendaraannya agar tidak
terjadi kecelakaan dan memberikan rasa nyaman juga aman.
Letak rem kendaraan bermotor ini ada disekitar roda , baik roda depan maupun roda belakang.


Adapun fungsi dari rem adalah untuk mengurangi kecepatan , menghentikan kendaraan pada waktu dalam perjalanan , dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Macam Rem
Rem kendaraan bermotor ada dua macam , yaitu Rem Tromol (Drum Brake) dan Rem Cakram (Disk Brake).

1.Rem Tromol (Drum Brake) bekerja dengan menggunakan sepasang sepatu yang menahan bagian dalam
   dari tromol yang berputar bersama-sama dengan roda, baik secara hidrolis maupun mekanis.

2.Rem Cakram (Disk Brake) dengan prinsip kerjanya adalah sepasang kaliper yang tidak berputar menjepit
   piringan cakram yang berputar menggunakan tenaga hidrolis , kemudian terjadilah gesekan yang akan
   memperlambat putaran roda kendaraan.

Cara pasang Rem Cakram Motor Revo
Sebelumnya sediakan terlebih dahulu Kampas rem yang baru,dan alat alatnya yaitu kunci 8 , obeng min,kunci L juga kuas dan oli.Agar lebih leluasa ban depan dilepas dahulu dengan kunci 19.Selanjutnya dengan menggunakan obeng min kita lepas penutup baut kunci L  yang ada dikaliper dudukan kampas rem . 


Perlu untuk di ketahui kaliper rem merupakan bagian sistem rem yang tugasnya mencengkram  piringan cakram yang menyatu dengan roda sehingga putaran roda bisa berhenti. Sistem kerjanya tergantung dari tekanan hidrolik master cakram. Tekanan hidrolik ini akan menekan piston dan kampas rem sehingga akan menjepit cakram , sehingga laju kendaraan dapat dikurangi kecepatannya. Kaliper rem terdiri dari komponen chasing, piston, serta bantalan rem/kampas rem.

Setelah penutup kunci itu terbuka baru kita melepas baut kunci L dengan kunci L yang telah disediakan tadi.Ada dua baut kunci L yang berfungsi mengancing kampas rem cakram tersebut.

Rem Cakram Motor Revo
Kalau sudah ditarik keluar kemudian kampas rem yang telah habis asbesnya kita ganti dengan kampas rem yang baru.Tapi tunggu dulu sebelum memasang kampas rem yang baru tersebut ,sebaiknya silinder yang berupa drum kita bersihkan dulu menggunakan kuas , setelah bersih silinder drum tersebut diolesi oli yang baru dengan kuas juga , agar dapat berfungsi dengan baik apabila digunakan untuk mengerem.

Tindakan selanjutnya silinder secara bersamaan ditekan kedalam ,kalau tidak mau masuk baut kunci 8 pada kaliper rem tersebut kita kendori sedikita agar silinder waktu ditekan dapat masuk.


Karena sudah dibersihkan dan juga sudah diolesi oli maka kampas rem cakram dapat dipasang ketempatnya ,dan pasang baut kunci L  kembali untuk mengancing kampas rem agar tidak terlepas. Dan jangan lupa baut kunci 8 yang dikendori tadi ,dikencangi lagi agar olinya tidak mbleber.

Selanjutnya roda ban depan yang tadi dilepas dipasang kembali , dan kerjaan pasang kampas rem cakram sepeda motor Revo telah selesai.
Demikianlah cara pasang kampas rem cakram motor Revo , apabila ada kesalahan mohon para ahlinya untuk meluruskan melalui ruang komentar ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pasang Kampas Rem Cakram Motor Revo"

Post a Comment

close