Benarkah Di Perut Kita Ada Otak Kedua ?

Dari dulu orang sudah tahu kalau letak otak ada di batok kepala, dimana otak merupakan bagian dari tubuh manusia yang mempunyai tugas mengontrol semua fungsi , fikiran dan reflek gerak  tubuh. Namun dalam  perkembangan ilmu pengetahuan mengungkap, bahwa sebenarnya manusia memiliki otak kedua yang berada di perut.


Otak kedua di dalam perut


Hal ini diungkap  oleh para ahli dari ASAP Science mengatakan, otak kedua manusia ini mengandung bakteri yang mirip dengan struktur otak, serta mempengaruhi mood, perilaku, dan kesehatan mental.




Susunan Otak kedua ini terdiri dari kumpulan saraf yang disebut dengan sistem saraf enterik di pencernaan, berada di usus dan mempunyai tugas mengendalikan banyak hal, melebihi apa yang mungkin kita sadari.

Yang membuat sistem saraf enterik sangat istimewa adalah ia mengontrol seluruh sistem pencernaan, mulai dari kerongkongan sampai anus. Sistem ini juga bisa berfungsi sendiri seutuhnya, bahkan ketika terpisah dari otak.


Selain mengendalikan sistem pencernaan, sistem saraf ini juga memengaruhi mood dan perilaku kita. Lebih dari separuh dopamin dan 90 persen serotonin, dua jenis hormon yang terkait dengan perasaan gembira, diproduksi oleh bakteri di usus.

Bakteri usus tersebut juga mengirimkan sinyal secara langsung ke otak untuk meminta jenis makanan tertentu. Misalnya saja ingin makanan manis.

"Sistem ini sangat rumit untuk berevolusi dan memastikan apa yang harus dikeluarkan dari usus besar," kata Emeran Mayer, Profesor Fisiologi, Psikiatri dan Ilmu Bioperilaku dari Universitas California, Los Angeles.

Selama evolusi, tubuh manusia mengembangkan sistem saraf enterik sebagai cara berkomunikasi antara otak dan usus. Ini karena apa yang kita asup berpengaruh besar pada kelangsungan hidup.

Bakteri usus itu bukan hanya mengontrol nafsu makan , tetapi juga pada mood. Beberapa penelitian menunjukkan, mengonsumsi yogurt yang mengandung bakteri baik akan mengurangi depresi dan kecemasan.

Bakteri usus yang sehat juga bisa meningkatkan daya tahan kita terhadap emosi negatif sehingga kita bisa bersikap memaafkan dan bersosialisasi.
sumber: Medical Daily/Kompas.com







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Di Perut Kita Ada Otak Kedua ?"

Post a Comment

close