Cara Cara Untuk Memperoleh Sperma Berkualitas

Sperma berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti benih. makhluk hidup. Bentuknya seperti kecambah, ada kepala dan ada ekornya. Ukurannya 5 mikron atau 1/10 ukuran rambut kita. Sperma keluar bersama-sama dengan cairan yang disebut semen.Sperma berwarna putih susu, berbau langu . Setiap satu ml cairan pria mengandung 20.000.000 sel sperma. Kalo 5 ml berarti 100.000.000 sperma.


                                                                                                                                                                    Ada beberapa cara untuk memperoleh sperma yang sehat dan berkualitas .
Jumlah dan kualitas sperma ditentukan juga dari asupan vitaminnya. Menurut Dokter Spesialis Kandungan, dr. Rita Bakshi yang dikutip Healthmeup, Jumat (27/12/2013), asupan vitamin mempengaruhi sperma pria.

"Kurangnya vitamin dalam tubuh dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji juga mempengaruhi kesuburan. Mulailah menerapkan gaya hidup sehat dengan diet seimbang," katanya.




Ada juga cara lain untuk memperoleh sperma yang berkualitas yaitu dengan Rajin berolahraga ,yoga sebagai salah satu olahraga rutin. Menurut pakar genetik asal India, Rima Dada, Yoga bisa membuat sperma jadi lebih sehat.

Kesimpulan tersebut diketahui setelah dilakukan studi terhadap pria yang yang melakukan yoga. Pria yang beryoga lima kali seminggu paling memperlihatkan pengurangan oksidasi stres. Lalu kerusakan DNA pada sperma membaik setelah enam bulan rutin melakukan olahraga dari India ini. 


Yoga terbukti mampu menurunkan tingkat stres sehingga kualitas sperma jadi lebih baik seperti dikutip laman Men's Health, Kamis (16/6/2016).
sering mengonsumsi ikan Salmon , ikan salmon kaya akan omega 3, yang bisa menurunkan tingginya kadar kolesterol (buruk) dalam tubuh. Ikan ini juga banyak mengandung protein yang bukan hanya membuat sperma kuat, tapi juga bisa berenang dengan cepat.,


Hasil gambar untuk sperma berkualitas
sumber gambar :google

Selain itu, olahraga yoga juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkaktan kesehatan kelenjar reproduksi pria, serta menjaga jumlah sperma pada tingkat ideal.

 Memiliki berat badan normal , artinya  tidak kegemukan karena badan yang gemuk akan banyak mengandung lemak,dan  timbunan lemak dapat mengganggu pelepasan  kesuburan seks   .

Ciri ciri seseorang mempunyai sperma berkualitas


1. Perut tidak bergelambir
Tidak harus   memiliki perut berbuku enam (six-pack), selama perut Anda tidak buncit kemungkinan sel sperma Anda dalam kondisi prima.

Penelitian dari tim ilmuwan di Belanda menunjukkan, pria dengan lingkar perut lebih dari 100 sentimeter memiliki konsentrasi dan jumlah sperma lebih sedikit dibanding pria yang perutnya ramping.

Timbunan lemak di perut diketahui mengganggu pelepasan hormon seks dan juga produksi dan perkembangan sperma.

2. Wajah tak terlalu sangar
Kabar baik bagi pria dengan wajah biasa-biasa saja. Menurut sebuah penelitian di Spanyol dan Finlandia, pria yang memiliki wajah maskulin, ternyata kualitas spermanya lebih rendah dibanding pria berwajah manis.

Salah satu teori yang menjelaskan hal itu adalah "hipotesa pertukaran." Jika seorang pria mengambil lebih banyak energi pada produksi sperma, ia mungkin hanya memiliki jatah sedikit dalam pengembangan ciri seksual sekunder, misalnya wajah yang maskulin atau badan kekar.

3. Hobi makan ikan
Apakah protein favorit Anda adalah daging merah, asin, dan diproses? Jika iya, kualitas sperma Anda kemungkinan buruk.


Peneliti dari Harvard menemukan bahwa pria yang banyak mengasup daging yang diproses memiliki jumlah sperma berbentuk normal lebih sedikit.

Ikan justru memiliki efek perlindungan. Pria yang sering mengonsumsi ikan, terutama ikan laut dalam, konsentrasi spermanya jauh lebih tinggi dibanding yang jarang makan ikan.

4. Jarang memakai celana ketat
Studi tahun 2012 di Inggris menyebutkan, pria yang sering memakai celana longgar seperti celana boxer memiliki jumlah sperma yang pintar berenang lebih banyak.

"Celana dalam dengan potongan longgar menyebabkan temperatur organ intim lebih rendah dibanding jika memakai celanan ketat. Hal itu akan meningkatkan kualitas sperma," kata Andrew Povey, Ph.D, peneliti.

5. Tubuh bugar
Pria yang rajin berolahraga memiliki konsentrasi sperma 73 persen lebih tinggi dibanding yang jarang bergerak aktif. Olahraga bukan hanya menurunkan berat badan tapi juga meningkatkan ekspresi antioksidan ke seluruh tubuh. Hal ini bisa mencegah radikal bebas merusak sel sperma.


Membangun tubuh yang sehat dan fit bukan sesuatu yang didapat dalam waktu sehari tetapi butuh disiplin dan komitmen dalam jangka panjang. Pada awalnya mungkin akan terasa agak berat tetapi setelah beberapa waktu usaha untuk mendapatkan tubuh fit atau bugar akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan agar badan menjadi bugar:

Mengkonsumsi makanan dengan cara yang sehat
Ingin mendapatkan tubuh sehat dan fit artinya harus merelakan makanan-makanan favorit yang biasa kita makan. Cobalah bereksperimen dengan cara-cara memasak yang sehat misalnya dengan memasak makanan dengan cara dikukus atau di rebus tidak dengan cara digoreng atau dibakar. Tidak berarti harus sama sekali meninggalkan makanan favorit anda sesekali tidak apa-apa selama tidak berlebihan.

Cukup minum
 Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memperlancar metabolisme dan pengoptimalan energi. Jangan biarkan anda merasa haus dan air putih adalah pilihan terbaik.

Kebutuhan air pada bayi atau anak-anak dan lanjut usia tentunya lebih sedikit dibanding orang dewasa sehat. Normalnya, remaja dan dewasa sehat perlu minum air putih 8 gelas per hari atau dua liter. "Minum air 8 gelas per hari itu sangat vital. Tidak boleh dilupakan," kata Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM Fiastuti Witjaksono dalam acara yang sama. Namun, pada orang gemuk, kebutuhan cairan juga lebih banyak. 
Dan  kurangi minuman yang banyak mengandung kalori atau gula karena dapat meningkatkan berat badan.

Kurangi alkohol
Alkohol adalah musuh untuk hidup sehat. Alkohol mempengaruhi banyak organ dalam tubuh. Dalam sistem metabolisme, alkohol menjadikan makanan tidak segera diproses dan diubah menjadi simpanan lemak. Bila terlalu sering akan merusak metabolisme.

Konsumsi alkohol yang berlebih dapat mengakibatkan disfungsi ereksi , karena mengkonsumsi alkohol dapat mmenghambat kelancaran peredaran darah keseluruh tubuh.Dan aliran darah yang tidak lancar dapat menghambat peredaran darah menuju penis.Akibatnya  ereksi tidak dapat tahan lama.Dampak negatif alkohol bagi kesehatan seksual pria adalah dapat memperkecil testis akibat dapat mengurangi kesuburan pria.

Cukup tidur

 Tidur menjadi pendukung penting agar tubuh tetap fit dan segar. Dan sebaliknya apabila kurang tidur beberapa jam saja semalam, dapat memperlambat metabolisme. Tidur yang cukup dan tepat waktu juga membuat hormon-hormon bekerja dengan baik dan baik bagi sistem pencernaan.

Sebuah studi terbaru menunjukkan sebuah korelasi antara lamanya waktu tidur dengan efek negatif yang timbul terhadap fungsi otak. Seperti dilansir oleh The Daily Mail, ilmuwan dari Universitas London menemukan bahwa sebanyak delapan persen orang yang secara konsisten tidur lebih dari waktu yang direkomendasikan (red. enam hingga delapan jam sehari) memiliki performa lebih rendah dalam beberapa tes kognitif. 

Lebih menakutkan lagi, otak akan mengalami penuaan hingga tujuh tahun jika Anda tidur lebih dari delapan jam sehari secara reguler. Jangan heran ya jika Anda sering merasa kelelahan setelah menghabiskan akhir pekan dengan tidur hingga sepuluh jam

Jaga agar berat badan tetap ideal
Obesitas adalah keadaan yang tidak baik untuk kesehatan, berat badan berlebih sering dihubungkan dengan tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung dan diabetes. Orang dengan berat badan berlebih juga lebih mudah lelah. 

Menjaga agar berat badan tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat membuat tubuh lebih bugar sehingga organ-organ bisa berkerja secara maksimal.
 Untuk memperoleh tubuh ideal tidaklah mudah , kita harus melakukan kegiatan olah raga dengan teratur ,diet ,makan dengan makanan yang berserat tinggi dan mengurangi konsumsi gula, mengurangi makanan baerkolestrol.   
Sumber :Kompas.com dan  Dari berbagai sumber






 





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cara Untuk Memperoleh Sperma Berkualitas"

Post a Comment

close