Apa Saja Kandungan Yang Ada Pada Kuaci Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dikalangan masyarakat Orang sudah banyak yang tahu mengenai kuaci. Kuaci merupakan salah satu camilan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Kebanyakan kuaci diolah dari biji buah semangka dan biji buah waluh serta  biji bunga matahari yang dikeringkan dan diasinkan.

smber : Liputan6.com

  
Selain sebagai camilan ringan, kuaci juga merupakan makanan yang menyehatkan .
Ternyata kuaci tersebut memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Lalu bagaimana kandungan nutrisi yang ada pada kuaci  tersebut  pengaruhnya bagi kesehatan .

 Ditengok dari segi kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, jenis camilan biji-bijian yang satu ini menawarkan manfaat kesehatan yang sangat baik bagi tubuh

 Kuaci biji bunga matahari juga sarat akan kandungan manfaat vitamin E, yaitu vitamin yang mampu bertindak sebagai antioksidan dan anti radang. Vitamin E berguna untuk : Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular (jantung), Menurunkan resiko terjadinya plak pada pembuluh darah, Menurunkan resiko gangguan penyakit kanker kolon, Mengurangi tingkat keparahan serta hot flush yang terjadi pada wanita yang sedang dalam masa menopause, Menurunkan resiko komplikasi diabetes, Menurunkan tingkat resiko gangguan penyakit yang dipengaruhi oleh radikal bebas dan radang seperti asma, osteoarthritis, rheumathoid arthritis, Melindungi daya ingat otak dan membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berlebihan .

Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang banyak terkandung dalam kuaci biji bunga matahari, dimana dalam 100 gram kuaci terdapat kandungan kalium sebersar 648 hingga 689 mg. Jenis mineral ini sangat baik untuk mengimbangi kandungan natrium di dalam tubuh. Selain itu, sifat hipotensif yang dimiliki kalium akan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Artinya, mengkonsumsi kuaci akan membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

Kuaci biji bunga matahari juga memiliki kandungan fosfor yang cukup baik, dimana dalam setiap 100 gramnya terdapat +/- 705 hingga 755 mg fosfor yang sangat baik untuk membantu dalam proses pembentukan masa tulang dan gigi, sehingga dengan begitu akan dapat menurunkan resiko penyakit osteoporosis.
 

Salah satu manfaat kuaci adalah sebagai pengontrol kerusakan sel sehingga berperan penting dalam mencegah serangan kanker. Hal tersebut dikarenakan kuaci mengandung selenium yang merupakan musuh utama sel kanker.

Kuaci juga mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Misalnya kalsium, magnesium, dan tembaga.

Kandungan magnesium dalam kuaci berfungsi sebagai ‘obat penenang’ sehingga penggemar kuaci akan dijauhkan dari stres, migrain, dan tetap rileks.

Sudah tidak diragukan lagi jika kuanci mengandung banyak sekali vitamin E di dalamnya. Vitamin E yang terkandung dalam kuaci juga mampu menyehatkan dan menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh peradangan alami seperti nyeri sendi, infeksi lambung, dan asma bisa diredakan dengan makan kuaci, sebab kuaci biji bunga matahari adalah sumber antioksidan yang baik.

Makan seperempat cangkir kuaci setiap hari mampu menjauhkan diri dari penyakit jantung. Pasalnya kuaci mengandung lebih dari 60% vitamin E. Vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh untuk menyingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri sehingga mampu menunkan risiko kematian dini dari penyakit jantung.

Kuaci juga mengandung folat yang membantu pertumbuhan sel-sel darah merah untuk metabolisme dan menjaga homosisten dan asam amino dalam tubuh agar tetap berada dalam keadaan normal.

Kuaci mengandung senyawa pitosterol yaitu senyawa pada tumbuhan yang memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan kolesterol. Ketika disajikan saat diet, jenis biji-bijian yang satu ini diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol, menambah respons imun, dan mampu menurunkan risiko kanker tertentu.
Sumber Okezone.com dan lainnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Kandungan Yang Ada Pada Kuaci Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan"

Post a Comment

close