Pengin Anak rambutnya Hitam Lebat , Ini Caranya

Rambut hitam lebat adalah dambaan bagi orang tua untuk bayinya.Karena dengan rambut hitam lebat mencerminkan keadaan anak yang sehat .Anak yang sehat akan memberikan kebahagian pada keluarga yang nantinya akan memberikan ketentraaman dalam membina rumah tangga.Rambut yang sehat merupakan cerminan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tak terkecuali pada para ibu yang berharap bayinya juga memiliki rambut yang tebal dan sehat.

smbr : Zona anak .com


Menyitir dari Kompas.com  dr.Margareta Komalasari, spesialis anak dari RS Pusat Pertamina Jakarta mengatakan, tebal tipisnya rambut sangat dipengaruhi oleh faktor genetik (50 persen), dan sisanya faktor nutrisi serta lingkungan.

"Faktor genetik tidak bisa kita ubah, kalau ayah atau ibunya rambutnya tipis, anaknya kemungkinan juga berambut tipis," paparnya dalam acara My Baby Keramas Ceria di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Walau begitu, kita bisa memberikan gizi yang baik dan mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh agar rambut pun jadi sehat. Selain itu, perawatan kulit kepala juga perlu diperhatikan," ujar Margareta.

Pola pertumbuhan rambut setiap anak berbeda-beda. Ada bayi yang sejak lahir rambutnya tipis tetapi saat besar rambutnya tubuh lebat.

"Di usia 3 tahun biasanya akan kelihatan apakah rambut anak akan tebal atau tipis saat besar," katanya.

Tinggal di negara dengan iklim tropis akan membuat rambut anak gampang lepek dan bau. Karena itu, rambut bayi juga perlu dibersihkan.

"Jadi memang harus rajin-rajin keramas. Saat keramas, sel-sel kulit mati akan dibersihkan dan diganti baru, sehingga kulit kepala pun bersih, tidur juga lebih enak," kata Margareta.

Bukan hanya itu, bayi dan balita juga memiliki kelenjar yang aktif sehingga produksi keringatnya lebih banyak. Mandi dan keramas sebagai mekanisme membersihkan tubuh sebaiknya dilakukan rutin.

"Memandikan bayi juga bisa dipakai sebagai media untuk mempererat ikatan ibu dan bayinya," katanya.

Menurut Cara Sehat .Com diterangkan cara melebatkan rambut secara alami ,yaitu dengan :

1. Dengan Lidah buaya
  Lidah buaya terkenal akan keampuhannya untuk melebatkan, menyehatkan, dan membantu pertumbuhan rambut dengan cepat. Lidah buaya masuk kedalam kategori obat melebatkan dan menyehatkan rambut pada anak. Hal ini dikarenakan selain lidah buaya sifatnya herbal dan alami, lidah buaya juga sangat aman untuk digunakan anak anak.

Cara melebatkan rambut anak dengan lidah buaya; ambillah isi dalam dari lidah buaya. Hancurkan lidah buaya tersebut. Jika dirasa sulit boleh menggunakan blender. Setelah itu usapkan di kulit kepala anak secukupnya saja. Diamkan selama 30 menit sampai 1 jam baru kemudian dibilas dengan shampo.

2.Dengan Minyak kemiri
Minyak kemiri juga sangat terkenal sebagai salah satu bahan herbal untuk melebatkan dan membantu pertumbuhan rambut. Namun karena sulitnya membuat minyak kemiri jarang ada yang menggunakannya. Bagi yang ingin mencobanya tidak perlu membuatnya lagi, sekarang minyak kemiri sudah ramai dijual dipasaran hanya saja kita memang harus tetap pintar pintar dalam memilih minyak kemiri yang asli.

 Untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut pada anak, minyak kemiri tergolong aman untuk digunakan bagi anak anak. 
Jadi bagi yang ingin menyehatkan dan melebatkan rambut anak bisa dicoba dengan menggunakan minyak kemiri.

Cara melebatkan rambut anak dengan minyak kemiri; oleskan rambut dan kulit kepala anak anda dengan minyak kemiri. Pijat pijat dengan lembut kepala anak anda agar protein dan vitamin yang terkandung didalam minyak kemiri bisa meresap dengan sempurna ke kulit kepala anak. Diamkan di kepala anak cukup 30 menit saja kemudian siram dan bilas dengan air dan shampo.

3.Dengan Madu
Madu yang merupakan bahan campuran makanan ini juga sangat bermanfaat di bidang kesehatan. Baik di dalam tubuh maupun di luat tubuh. Madu bisa dijadikan juga sebagai obat minum maupun obat oles. Untuk obat oles madu sangat baik untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kulit dan rambut.

Untuk rambut, madu bermanfaat untuk menjaga kekuatan akar rambut, mengurangi kerontokan pada rambut, dan membantu prtumbuhan rambut. Madu juga sangat aman untuk digunakan, tidak akan menimbulkan iritasi dan efek samping. Sehingga untuk membantu pertumbuhan rambut pada anak madu dinilai sangat aman untuk digunaka.

Cara melebatkan rambut anak dengan madu; ambil madu secukupnya saja untuk rambut dan kepala anak kita. Oleskan dengan merata sambil dipijat sangat lembut di kepala anak kita. Tunggu hingga madu di kepala agak mengering, kemudian bilas dengan shampo bayi. Lakukan metode ini 2 sampai 3 kali dalam 1 minggu.

4.Dengan Daun seledri
Para ibu pasti banyak yang mengetahui manfaat dari sayuran satu ini untuk kesehatan rambut. Daun seledri, jenis sayuran ini ternyata bukan hanya sebagai bahan masakan saja. Daun seledri dinilai sangat ampuh untuk melebatkan rambut dan menguatkan akar rambut. Daun seledri juga sangat aman jika ingin digunakan pada bayi karena tidak menimbulkan iritasi dan efek samping.

Cara melebatkan rambut anak dengan daun seledri; remas remas atau giling daun seledri hingga halus dan lembut. Oleskan daun seledri di kepala dan rambut bayi secara merata. Tunggu hingga sekitar 10 menitan saja kemudian dibilas dengan air hangat dan shampo.

5.Dengan Kuning telur
Telur sudah terkenal manfaatnya di bidang kecantikan. Selain bermanfaat untuk masker wajah, ternyata telur juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Hanya saja disini kita menggunakan bagian kuning telur saja. Penggunaan telur untuk rambut merupakan cara yang paling mudah karena telur sangat mudah ditemukan. Selain itu telur juga dinilai aman jika ingin digunakan pada anak. Namun jika memang ingin menggunakan telur untuk anak sebaiknya kita menggunakan telur ayam kampung saja.

Cara melebatkan rambut anak dengan telur;
 ambillah 1 butir telur ayam kampung. Kemudian pisahkan antara putih dan kuning telur karena kita hanya menggunakan bagian kuning telur saja. Oleskan kuning telur tersebut di kepala anak secara merata lalu tunggu hingga agak mengering. Jika sudah mulai mengering bilas dengan air hangat dan shampo.

Semua bahan bahan alami di atas bisa digunakan untuk melebatkan rambut anak secara alami. Selain itu juga bisa membantu mengurangi kerontokan pada rambut anak. Namun selain semua hal di atas kita juga tetap harus memperhatikan nilai nilai gizi dalam makanan anak.

 Disamping rajin keramas anak perlu diberi nutrisi dan gizi dalam makanan anak dipenuhi secara seimbang, maka pertumbuhan rambut pada anak pun akan baik jadinya. Semoga dengan informasi tersebut dapat membantu para ibu untuk dapat membuat rambut anak tumbuh subur dan lebat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengin Anak rambutnya Hitam Lebat , Ini Caranya"

Post a Comment

close