Monday, 5 November 2018

Agar Patah Tulang Cepat Sembuh , Inilah Nutrisi Yang di Butuhkan



Patah tulang adalah  sebuah musibah yang tidak diinginkan oleh semua orang , karena dengan mengalami patah tulang entah kecelakaan naik kendaraan , atau jatuh dari pohon adalah suatu musibah yang akan mengganggu aktivitas kegiatan sehari hari.
Biasanya orang yang mengalami patah tulang ingin cepat pulih seperti sedia kala dan dapat melaksanakan aktivitasnya kembali.



B07GFP9ZDV
$4.99

Setelah melakukan operasi , penyembuhan dan pengobatannya dengan bantuan perawatan medis dirumah sakit disarankan juga  melakukan hal lain yaitu  untuk mempercepat penyembuhan tulang yang patah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang tepat.Dirilis dari hellosehat.com dibawah ini ada beberapa Nutrisi yang wajib dikonsumsi agar cepat menyembuhkan patah tulang.


B07GYQWLRL

 1.Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi 
Agar tulang yang patah dapat cepat sembuh disarankan untuk  mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, maka hampir semua kalsium akan disimpan di dalam tulang. Dan hal ini yang membuat tulang  padat dan kuat. Memang, tugas utama dari kalsium dalam untuk menjaga kesehatan tulang.


B07F1BD144

Jadi dibutuhkan makanan yang berkalsium tinggi untuk membuat tulang  yang patah menjadi kuat dan padat kembali. Makanan yang mengandung kalsium tinggi yaitu, salmon, brokoli, bayam, kacang almond, susu, dan kacang kedelai.

2. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Protein
Selain membutuhkan kalsium  dalam rangka penyembuhan ini diperlukan makanan yang mengandung protein.Karena protein sebagai zat gizi makro yang sangat penting untuk membangun jaringan baru di dalam tubuh , sudah barang tentu dibutuhkan nutrisi  untuk membangun dan memperbaiki jaringan tulang menjadi normal kembali. Selain itu, protein juga membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih banyak, sehingga membuat tulang menjadi lebih padat dan kuat.
obatradangsendi.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Tufts Unversity mengungkapkan bila diet tinggi protein dapat mempercepat penyembuhan tulang yang rapuh dan patah. Konsumsi protein harian untuk orang dewasa sehat adalah sekitar 56-65 gram per hari. Namun dalam penelitian tersebut, peserta studi diberikan protein sebanyak 79 gram per hari. Anda dapat mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti daging sapi, daging ayam, telur, susu dan kacang-kacangan.

 
3. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin K
Vitamin K adalah salah satu vitamin yang penting bagi tubuh manusia terutama pada pembekuan darah dan modifikasi protein. Sebuah penelitian terbaru juga menunjukan bahwa Vitamin K memegang peranan yang penting dalam mencegah Osteoporosis dan Alzheimer serta menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kanker.

Makanan yang banyak mengandung vitamin K ini mampu meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan ,disamping itu dapat berperan dalam mencegah pendarahan dan dapat mempercepat penyembuhan luka. Sama dengan vitamin D yang bersifat larut lemak, vitamin K membuat tulang yang patah kembali pulih dan tersambung dengan sempurna. Vitamin K bisa ditemukan  di dalam makanan seperti, brokoli, kale, alpukat, telur, dan kembang kol.

 4.Vitamin D
Vitamin D memainkan peran penting dalam mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah. Kalsium dan fosfor merupakan dua faktor yang sangat penting dalam urusan menjaga kesehatan tulang. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium secara maksimal di usus, serta membantu membangun tulang dan gigi yang kuat.

Vitamin D dianggap sebagai pro-hormon dan bukan semata-mata vitamin karena , Vitamin adalah nutrisi yang harus diperoleh melalui makanan atau suplemen karena tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Sedangkan, vitamin D mampu diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Sumbernya berasal dari sinar matahari yang diserap oleh kulit. Beberapa penelitian menunjukkan, manfaat vitamin D tidak hanya dalam menjaga kekuatan tulang, tapi juga mampu mengurangi risiko penyakit autoimun, jantung, stroke, kanker, diabetes, dan masih banyak lagi.

Vitamn D tak kalah penting dari kalsium dam protein. Fungsi utama vitamin D juga untuk menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan. Tak hanya itu, vitamin larut lemak ini membantu dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh, sehingga dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tulang yang rusak.
Vitamin D didapatkan dari Sinar  matahari butuh kurang lebih selama 10 menit terpapar matahari untuk menghindari kondisi kekurangan.  Dapat juga ditemukan di dalam makanan, contohnya susu, telur, dan ikan laut.

Dengan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tinggi dan  menyempatkan diri terpapar matahari pagi, diharapkan akan dapat mempercepat penyembuhan tulang yang patah.
Sumber : hellosehat.com dan lainnya.










NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner