Inilah Beberapa Penyebab Timbulnya Asam Urat


 Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.



Penumpukan asam urat ini akan membentuk kristal di sendi, yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Meskipun umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih.

Dibawah ini penulis paparkan ada beberapa makanan maupun minuman yang berpotensi menyebabkan penyakit asam urat yang ada pada tubuh manusia antara lain :  






Minuman Soda
Jangan terlalu  sering minum minuman bersoda! Perlu diketahui   bahwa di balik sensasi rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda menyimpan bahaya yang serius bagi tubuh.
Menurut Dr. Fields , Sirup jagung fruktosa tinggi, adalah penyebab meningkatkan kadar asam urat dan meningkatkan risikonya. Satu kaleng minuman soda, telah terbukti meningkatkan asam urat baik pada pria dan wanita.

Masih menurut dokter tersebut, Orang yang berisiko terkena asam urat harus beralih ke soda diet, yang tidak mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, atau membatasi soda sama sekali. Perlu juga diperhatikan apalagi buat anak anak kesayangan kita yang menyukai makanan ini bahwa, sirup jagung fruktosa tinggi dapat ditemukan dalam banyak minuman buah, es krim, permen, atau makanan cepat saji. 




Maka dari itu perlunya  baca label dengan hati-hati untuk menghindarkan serangan penyakit asam urat pada anggota keluarga kita.Bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati.....



Makan Makanan Tinggi Purin
"Makanan tinggi purin dapat memicu serangan asam urat, tetapi mereka bukan penyebab utama," kata Theodore Fields, MD, juru bicara GoutPitStop.com, direktur Rencana Praktik Fakultas Rheumatologi di Rumah Sakit untuk Bedah Khusus, dan profesor dari obat klinis di Weill Cornell Medical College di New York City.

Baca juga : Diluar dugaan almunium foil dapat menyembuhkan asam urat
 

Kadang kadang manusia tidak memperhatikan resiko dari mengkonnsumsi makan yang dinikmati apalagi makanan tersebut memikat selera maka disikat dengan  lahapnya tanpa ambil resiko  ,seperti daging merah .



"Makanan yang salah dapat menjadi penyebab terakhir yang memicu serangan asam urat, apalagi jika deposit asam urat di dalam darah sudah cukup tinggi." Contoh makanan tinggi purin termasuk daging merah, kerang dan bir ", demikian lanjut dr.Fields


Minum Alkohol
Meminum alkohol jenis apa pun dapat memicu serangan asam urat, karena mengurangi kemampuan ginjal untuk menyaring asam urat dan dapat menyebabkan penumpukan. Minuman beralkohol tinggi purin, seperti bir, juga dapat menyebabkan kadar asam urat yang lebih tinggi.

Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, semakin besar kemungkinan serangan asam urat. Hal ini juga berlaku selama enam bulan pertama, setelah memulai obat penurun asam urat.

Kegemukan atau Obesitas
Penyebab Asam Urat  lainnya adalah Obesitas atau kegemukan.Obesitas  dapat melipatgandakan kemungkinan tubuh menderita asam urat. "Obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi adalah kondisi yang biasa terlihat pada pasien yang menderita sindrom metabolik. Pasien dengan kondisi ini sering juga mengalami peningkatan asam urat dalam darah mereka," kata Herbert S.B. Baraf, MD, profesor kedokteran klinis di George Washington University dan mitra senior di Arthritis and Rheumatism Associates di Washington, D.C.

Ada kalanya diuretik yang diresepkan untuk mengobati tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat. Kadang-kadang, tingkat tinggi asam urat karena masalah yang terkait dengan masalah kesehatan ini.Dengan melakukan  penurunan berat badan dapat membantu mengurangi kadar asam urat.Aktivitas penurunan berat badan ini dapat dilakukan dengan melakukan olah raga secara terprogram , bisa juga melakukan diet.

"Secara teori, asam urat larut dalam darah dan karena itu lebih mungkin mengendap di suhu yang lebih dingin," kata Fields. "Ini mungkin salah satu alasan mengapa jempol kaki adalah tempat paling umum untuk asam urat, karena suhu di jari kaki lebih rendah daripada banyak area tubuh lainnya."jelasnya dr Fields

Sepatu yang tidak pas
Ada penyebab lain asam urat ,selain mengkonsumsi makanan.Penyebab yang berpotensi sering munculnya asam urat yang lain adalah pemakaian sepatu yang salah atau memakai sepatu kekecilan. Setiap jenis kerusakan atau trauma pada suatu area terutama kaki, dapat menyebabkan nyeri asam urat. Sepatu yang terlalu menekan jari kaki, dapat berkontribusi pada serangan asam urat. Jadi sebaiknya pastikan bahwa, bagian ujung sepatu  cukup lebar untuk jari kaki bergerak bebas.
Itulah berapa info yang penulis sampaikan mengenai penyebab terjadinya asam urat yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca , semoga info tersebut dapat bermanfaat .
sumber: everydayhealth.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Beberapa Penyebab Timbulnya Asam Urat"

Post a Comment

close