Inilah Dosa Yang Mengalir Terus Sampai Hari Kiamat

Perbuatan manusia didunia itu dapat mendatangkan dua hal yaitu pahala dan dosa. Apabila kita melakukan perbuatan yang baik secara tulus ikhlas  maka akan mendapat ganjaran dari Allah yaitu pahala. Namun bila kita melakukan perbuatan yang melanggar ketentuan Allah maka  akan mendapat dosa dan itu pasti sudah kita pahami semua.



Banyak sekali perbuatan baik yang dapat dilakkukan oleh manusia  yang dapat mendatangkan amal jariyah , dan amal jariyah ini pahalanya akan terus mengalir meskipun kita sudah meninggal  dunia, misalnya ada suatu kampung sedang membangun masjid kemudian kita menyumbang keramik, atau genteng dllnya.

Namun sebaliknya apabila kita melakukan perbuatan yang melanggar ketentuan dari Allah maka kita akan mendapat dosa akibatnya. Ternyata dosa juga ada dosa jariyah  yaitu dosa yang terus mengalir sampai hari kiamat nanti. Ini sungguh mengerikan  sungguh rugi besar apabila orang yang mengalami d osa jariyah ini.
  


Dibawah ini penulis lansir dari artinusa.com  beberapa hal yang menjadi penyebab  mendapatkan dosa jariyah - na'udzubillah min dzaalik -, semoga kita dijauhkan daripadanya.
1. Mengajarkan keburukan pada orang lain
Mengajarkan keburukan  kepada  orang lain ini bukan hal sepele, akan sangat besar konsekuensinya. Sebagai contoh, kita belajar kepada seseorang cara mencuri. Selama orang-orang yang kita ajari itu membuat 'ilmu'  atau mempraktekkan ilmu dari kita maka dosa akan terus mengalir.
Belum lagi jika orang yang kita ajari itu mengajarkannya kepada orang lain lagi. Dapat kita katakan, keburukan ini akan memberikan dosa lebih berat.
Selain firman Allah tentang orang yang mengajarkan atau mencontohkan ibadah dosa kepada orang lain, ia akan membayar dosa orang yang mengikutinya
“Mereka akan memikul dosa-dosanya dengan penuh pada hari Kiamat, dan MEMIKUL DOSA-DOSA ORANG YANG MEREKA SESATKAN, yang tidak memberitahukan sedikitpun (karena mereka disesatkan)” . (QS. An Nahl: 25)
2. Tidak mengajar, hanya berbagi saja di media sosial
Ini termasuk yang sepele, lebih ringan daripada menulis secara langsung, tapi sama saja akibatnya. Sebagian kita memang tidak tahu akan hal itu. Terlebih di era media sosial seperti sekarang ini. Begitu banyak orang yang menurutnya hanya sekedar “berbagi” tapi ternyata besar dosanya.
Misal, kita pernah berbagi video porno ke media sosial dengan banyak orang menjadi penontonnya. Atau juga memajang foto dengan aurat terbuka di media sosial. Dan masih banyak lagi, intinya tidak bisa secara langsung.
Dalilnya masih sama seperti di atas, selama ada orang kata “dosa” yang kita bagikan maka kita juga mendapat bagiannya. Oleh karena itu , sebelum malaikat maut menjemput, sebelum nafas keluar dari kerongkongan mari kita bertaubat dengan taubat yang sungguh-sungguh insyaallah Allah akan mengampuni.
Milik diri dengan banyak istighfar dan memberi manfaat untuk oranglain dengan hal yang sangat kecil, seperti memberi hadiah untuk menambah ibadah kepada Allah. Jangan dulu nilainya, tapi manfaat kedepannya.

;
Dengan adanya info ini semoga kita juga penulis  dapat merenungkan diri  apakah kita telah melakukan perbuatan dosa yang mana ganjarannya sangat berat  melakukan perbuatan dosa tersebut diatas mungkin kita tidak menyadarinya..Lebih baik kita beristighfar  dan bertasbih  kepada Allah semoga kita diberi petunjuk jalan yang lurus.amiin...







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Dosa Yang Mengalir Terus Sampai Hari Kiamat"

Post a Comment

close