5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melamar Pekerjaan ' di era digital

Di era digital ini apabila kita tidak menguasai tehnologi yang berkembang saat ini maka kita akan ketinggalan dalam segala bidang.Perkembangan tehnologi ini telah diterapkan disegala bidang di negara maju , demikian juga  dalam melamar pekerjaan diluar negeri sana, kalau di Indonesia lama menuju kesana juga.t

Dibawah ini ada beberapa tips apabila Anda baru saja menemukan lowongan pekerjaan dan tampaknya sangat cocok. Posisinya ada di perusahaan tempat Anda ingin bekerja dan  memenuhi masing-masing kualifikasi majikan. Seberapa sempurna posting pekerjaan ini mungkin didapat?

Alih-alih melamar pekerjaan segera, penting berhenti selama beberapa menit untuk membaca posting pekerjaan dengan cermat dan menganggapnya sebagai petunjuk. Proses ini akan membantu Anda membentuk strategi yang lebih baik untuk lamaran kerja Anda yang akan membuat Anda diperhatikan oleh pemberi kerja.

Saat Anda memikirkan posting pekerjaan sebagai petunjuk, berikut adalah lima hal yang perlu Anda lakukan sebelum mengirim aplikasi:

1. Perbarui profil media sosial Anda.



Ketika Anda melamar pekerjaan, hal pertama yang harus dilihat oleh pemberi kerja setelah lamaran Anda adalah profil media sosial Anda.

Sebelum Anda melamar posisi itu, pastikan profil media sosial Anda menampilkan apa yang ingin dilihat pengusaha. Ini berarti profil LinkedIn Anda harus diperbarui dengan pengalaman Anda yang terbaru dan Anda telah menghapus apa pun dari Twitter atau Facebook yang tidak ingin dilihat oleh pemberi kerja.

2. Penelitian perusahaan.

Setelah Anda membaca posting pekerjaan, lakukan riset tentang perusahaan. Lihatlah situs web majikan dan baca halaman karier mereka. Anda juga harus melihat blog mereka, membaca tentang orang-orang yang bekerja di sana, dan membaca berita perusahaan mereka. Ini akan memberi Anda ide yang lebih baik tentang apa yang dilakukan perusahaan dan bagaimana Anda bisa memasarkan diri Anda kepada majikan.

3. Temukan nama dan email manajer perekrutan.

Setelah Anda melakukan riset tentang perusahaan, saatnya mencari manajer perekrutan. Dengan menemukan manajer perekrutan, Anda akan dapat menyesuaikan surat pengantar Anda dan memastikan aplikasi Anda mendarat di tangan yang tepat.

Mengirim aplikasi pekerjaan Anda ke manajer perekrutan lebih efektif daripada melamar melalui posting pekerjaan karena memungkinkan Anda untuk memiliki kontak langsung dengan majikan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu merasa bahwa aplikasi Anda masuk ke lubang hitam setelah Anda melamar pekerjaan itu.

4. Jangkau karyawan saat ini.

Jika Anda tidak memiliki koneksi dengan majikan, hubungi karyawan yang bekerja di departemen tempat perusahaan mempekerjakan. Ini adalah cara yang bagus untuk jaringan dan menyelinap masuk ke perusahaan melalui pintu belakang.

Setelah Anda siap untuk menghubungi beberapa karyawan, tambahkan mereka di LinkedIn atau kirim email. Perkenalkan diri Anda dan jelaskan bahwa Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan mereka. Karyawan ini mungkin dapat menawarkan beberapa kiat tentang cara melamar pekerjaan dan beberapa wawasan tentang bagaimana rasanya bekerja untuk majikan mereka.

5. Sesuaikan resume Anda dan surat pengantar ke posisi tersebut.


Setelah mengumpulkan informasi dari penelitian dan jaringan Anda, Anda harus dapat menulis resume dan surat pengantar yang disesuaikan dengan posisi. Gunakan pengetahuan yang Anda peroleh untuk membuat aplikasi yang menunjukkan minat Anda untuk bekerja di perusahaan.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini sebelum melamar pekerjaan, Anda akan dijamin menonjol dibandingkan dengan pencari kerja lainnya. Meskipun strategi ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama, Anda akan merasa bersyukur Anda telah melampaui dan melamar pekerjaan itu.


Sumber : Glassdoor.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melamar Pekerjaan ' di era digital"

Post a Comment

close