Kecerdasan Buatan Akan Membuat Mesin Lebih Pintar Dari Manusia


Perkembangan teknologi di jagad ini tak akan berhenti karena manusia manusia yang cerdas haus akan adanya kemajuan teknologi yang diciptakan , apalagi hasil teknologi tersebut bersaing dengan teknologi yang lain disini akan memotivasi diri para ahli teknologi untuk menciptakan karya  yang baru yang lebih canggih dan lebih unggul yang tidak tersaingi.

Disnilah para pakar teknologi berlomba lomba untuk menciptakan karya yang canggih dan berguna bagi umat manusia yang tak akan a da habisnya.  


Pakar teknologi Amerika Serikat Ray Kurzweil memprediksi komputer akan mencapai tingkat kecerdasan setara manusia pada 2029. 
Hal tersebut disampaikan Director of Engineering Google tersebut dalam sebuah wawancara pada Konferensi South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas, AS.

Kondisi yang dikenal dengan istilah singularity tersebut telah sering dibahas oleh para ilmuwan, futuris, dan penggandrung teknologi. Sosok-sosok cerdas dunia percaya bahwa suatu saat nanti kecerdasan buatan (AI) akan menyebabkan mesin menjadi lebih pintar dari manusia.

Robot Pintar (Sumber : LineToday.com)

Sejumlah tokoh termasuk fisikawan Inggris Stephen Hawking, CEO Tesla Elon Musk dan pendiri Microsoft Bill Gates juga pernah mengemukakan hal serupa. Meski mereka cenderung memperingatkan dampak negatif hal tersebut, Kurzweil justru tidak khawatir kecerdasan buatan berpotensi memperbudak manusia.

"Itu tidak realistis, karena bukan hanya ada satu atau dua AI di dunia, melainkan miliaran. Kecerdasan buatan juga membuat kita lebih cerdas," kata Kurzweil yang pernah menulis buku berjudul The Age of Intelligent Machines.

Kurzweil mengatakan, sekira 2030, kecerdasan buatan akan mulai berada dalam tubuh manusia, terhubung dengan bagian otak bernama neokorteks. Dengan bantuan kecerdasan buatan itu, manusia bisa menjadi lebih dalam hal apa pun yang ia inginkan, misalnya menjadi lebih jenaka maupun lebih piawai dalam bidang musik.

Saat ini, komputer harus melewati sesuatu yang dikenal sebagai tes Turing, dikembangkan oleh ilmuwan komputer Inggris Alan Turing. Tes itu berguna untuk melihat apakah mesin dapat menunjukkan perilaku yang setara atau berbeda dengan manusia, dilansir dari laman daring BGR.

Kondisi sekarang ini saja dengan adanya alat teknologi yang ada seperti hp , laptop atau komputer saja sudah membua t manusia menjadi manusia yang hedonisme, bagaimana nanti  dengan perkembangan yang akan datang seperti yang dikatakan diatas dengan bantuan kecerdasan buatan menurut para ahli malah  akan memperbudak  manusia .  


Prediksi para ahli, kecerdasan buatan akan mulai berada dalam tubuh manusia, terhubung dengan bagian otak bernama neokorteks dan  manusia akan menjadi lebih dalam segala hal yang dinginkan.Namun manusia mempunyai karakter yang berbeda beda ,apabila dipasangkan pada manusia yang baik maka tidak akan mengkhawatirkan ,tapi apabila dipasangkan alat kecerdasan buatan tersebut pada manusia yang mempunyai karakter negatif  ini akan sangat membahayakan.
Sumber ; Republika.co 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kecerdasan Buatan Akan Membuat Mesin Lebih Pintar Dari Manusia "

Post a Comment

close