Inilah 10 Skill Yang Dibutuhkan Perusahaan Th 2019

10 Skill yang Paling Dibutuhkan Perusahaan Tahun 2019 

Perkembangan tehnologi terus berjalan mengikuti arusnya,berjalan mencapai posisi yang lebih tinggi seiring  usia dunia yang semakin bertambah tua.Perkembangan tehnologi tersebut tidak mempunyai batas ruang dan waktu.Dan hebatnya perkembangan tehnologi tersebut didapuk dan diaplikasikan oleh perusahaan perusahaan mapan maupun instansi pemerintah yang terus maju berkembang bersamanya.


Perkembangan tehnologi itu tidak akan berjalan kalau tidak ada sumberdaya manusia ataupun pelaku pelaku yang menguasai hard skill dan soft skill.Karena kombinasi keduanya tersebut yang akan dapat menjalankan roda perusahaan maupun instansi pemerintah bisa survive pada tahun 2019 dan masa masa yang akan datang.

Untuk itulah diera tahun 2019 ini para pencari kerja agar  dapat meraih karir yang lebih tinggi diwajibkan menguasai kombinasi skill kedua duanya.Karena untuk menyongsong tantangan tantangan yang akan datang harus mempunyai skill atau kemampuan yang paling unggul. 

Seperti yang  .kompas.com paparkan ini : Berdasarkan analisis dari laman berjejaring LinkedIn, pada 2019 perusahaan cenderung mencari kandidat yang menguasai kombinasi dari hard skill dan soft skill, dengan kreativitas berada di posisi pertama dalam daftar keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Dikutip dari laman resmi Forum Ekonomi Dunia (WEF), data LinkedIn tersebut senada dengan data Future Jobs Report WEF yang menyimpulkan keterampilan 'manusia' seperti orisisnalitas, inisiatif dan pemikiran kritis cenderung meningkat nilainya di mata para pencari tenaga kerja seiring dengan kemajuan teknologi dan otomatisasi. "Memperkuat soft skill adalah salah satu investasi terbaik yang bisa Anda lakukan untun berhasil dalam karier, karena hal tersebut tidak akan pernah kedaluwarsa,"ujar LinkedIn Learning Editor Paul Petrone. 



"Selain itu, dengan berkembangnya AI (kecerdasan buatan) membuat soft skills menjadi semakin dibutuhkan, karena hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh robot," lanjut dia. Selain kreativitas menurut  LinkedIn, ada empat soft skill lain yang diminati perusahaan dari calon karyawannya. 


Yaitu persuasi atau kemampuan untuk meyakinkan orang lain, kolaborasi, kemampuan beradaptasi, dan manajemen waktu. WEF memandang posisi berbagai skill tersebut cenderung akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu dengan proses pembelajaran yang aktif, kreativitas dan pengaruh sosial juga akan meningkat dalam daftar tersebut. 

Menurut WEF, masih ada kesenjangan antara pendidikan dan kebutuhan kapasitas, karena teknologi terus mengubah tuntutan dan kompetensi dalam pekerjaan yang ada.



Laporan tersebut memperkirakan bahwa lebih dari setengah dari semua karyawan akan membutuhkan pelatihan keterampilan dan kemajuan di tahun-tahun mendatang.

"Pergeseran saat ini sedang berlangsung di mana ada pekerjaan yang akan diganti sementara pada saat yang sama menciptakan peluang kerja baru," menurut laporan WEF. (liz / kes)
Soft skill dan hard skill berikut ini adalah yang paling dibutuhkan pada tahun 2019 menurut LinkedIn:



Adapun untuk hard skill, komputasi cloud berada di posisis teratas, dan diikuti oleh AI, analytical reasoning, manajemen manusia, juga user experience (UX) design. 

Berikut daftar skill yang paling dibutuhkan perusahaan tahun ini, 


Soft Skill 

1. Kreativitas 
2. Persuasif 
3. Kolaborasi 
4. Kemampuan beradaptasi 
5. Manajemen waktu 

Hard Skill 

1. Komputasi kloud 
2. Kecerdasan buatan 
3. Analytical reasoning 
4. Manajemen manusia 
5. UX design 

Nah bagi para pencari kerja maupun yang sudah menjadi karyawan kombinasi skill kedua tersebut yaitu soft skill dan hard skill benar benar harus dikuasai apabila pengin menggapai karir yang lebih tinggi lagi.Karena diera tahun yang akan datang apabila tidak menguasai skill tersebut bisa bisa tersingkir dari jabatan yang disandangnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Inilah 10 Skill Yang Dibutuhkan Perusahaan Th 2019"

Post a Comment

close