Tidur Pakai Kaos Kaki Dapat Meningkkatkan Sirkulasi Darah dan Inilah Akibat Kalau Kekurangan Tidur

Tidur merupakan kebutuhan hidup manusia dan itu sangat penting.Karena dengan tidur bisa mengistirahatkan anggota tubuh setelah seharian melakukan aktivitas penuh.Tidur memiliki peran penting bagi tubuh. Pada saat tidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik kondisi fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun,  Selain itu, tidur juga ikut membantu proses tumbuh kembang, terutama  pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan.


Tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas yaitu antara 7 sampai 9 jam .Dengan tidur yang berkualitas tersebut akan dapat memulihkan organ organ tubuh yang kecapaian .

Lalu bagaimana akibatnya kalau kekurangan tidur ?  Menurut .alodokter.com ada lima akibat karena kekurangan tidur yaitu :


1. Menurunnya performa seks
Para pria dan wanita yang kurang tidur, dilaporkan mengalami penurunan hasrat untuk melakukan hubungan seksual dan memiliki tingkat kepuasan seksual yang lebih rendah. Hasrat dan ketertarikan mereka berkurang akibat kelelahan, rasa kantuk, dan meningkatnya stres karena kurang tidur.

2. Menurunkan daya ingat
Tidur adalah saatnya memasukkan hal-hal yang telah dipelajari dan dialami sepanjang hari ke dalam sistem ingatan jangka pendek. Pada saat tidur, koneksi saraf yang mendukung ingatan seseorang mengalami penguatan. Jika waktu tidur terganggu, otomatis kemampuan otak dalam mengolah dan menyimpan ingatan pun akan mengalami gangguan.

3. Mempercepat penuaan dini

Apa yang akan Anda lihat pada wajah orang-orang yang kurang tidur? Kulit pucat dan mata bengkak, bukan? Jika kurang tidur terjadi terus-menerus, maka kulit akan menjadi kusam, timbul kerutan halus, dan terdapat lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini terjadi akibat meningkatnya produksi hormon kortisol pada orang yang kurang tidur. 

Hormon kortisol yang berlebihan dapat menghancurkan kolagen, yang berfungsi menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit. Kurang tidur juga menyebabkan berkurangnya produksi hormon pertumbuhan, yang berperan dalam meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang.

Baca Juga : Daun sirsak manfaatnya bagi kesehatan manusia

4. Mudah sakit dan susah sembuh
Sistem kekebalan tubuh menghasilkan protein-protein yang dinamakan sitokin. Sitokin dibutuhkan untuk membantu tubuh melawan infeksi, peradangan, dan stres. Saat kita tidur, tubuh akan melepaskan sitokin. Jika kita kurang tidur, maka produksi sitokin ini juga akan berkurang.

5. Menderita penyakit serius
Sebanyak 9 dari 10 orang yang menderita insomnia ternyata juga menderita berbagai penyakit serius. Insomnia sendiri adalah kondisi seseorang yang susah tidur atau sulit tidur nyenyak.
Salah satu penyakit serius yang dapat diderita oleh penderita insomnia adalah penyakit jantung, baik berupa gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, maupun serangan jantung

Namun sayang tidak semua orang bisa tidur dengan nyenyak, entah karena stres atau karena kondisi kamar tidur yang tidak nyaman. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, umumnya kita bisa membuat kamar tidur kita menjadi sejuk, gelap, dan tenang. 


Dikjutip dari  lifestyle.kompas.com ,Menurut National Sleep Foundation,tidur memakai kaos kaki adalah perlu , karena tidur menggunakan kaos kaki dapat menjaga kaki tetap hangat ketika tidur dan akan membuat tidur kita lebih nyenyak. 

Ketika kaki kita kedinginan, pembuluh darah akan mengerut dan menyebabkan semakin sedikit aliran darah yang tersirkulasi. 

Kondisi tersebut membuat tidur kita di malam hari menjadi kurang nyenyak.  Suhu tubuh rata-rata orang adalah 98,6 derajat Fahrenheit atau 37 derajat Celcius. Namun, suhu tubuh tersebut bisa berubah-ubah dalam sehari. Suhu tubuh seseorang dipengaruhi oleh ritme sirkadian yang membantu menjaga pola tidur dari tidur di malam hari hingga bangun di pagi hari. Di siang hari, suhu tubuh perlahan meningkat dan mencapai puncaknya di sore hari ketika orang-orang terjaga. 

Selama waktu tidur di malam hari, suhu tubuh menurun dan mengakibatkan munculnya rasa kantuk. Ketika kita tertidur, suhu tubuh akan turun 1 atau 2 derajat. Kondisi tersebut merupakan sinyal bahwa tubuh mulai menghemat energi untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh. 

Ketika kita tidur menggunakan kaos kaki, suhu tubuh kita akan cenderung lebih stabil.  Namun, alasan pentingnya menggunakan kaos kaki saat tidur ternyata tidak hanya itu. Ada beberapa manfaat lainnya yang juga bisa kita dapatkan. 

1.Dapat meningkatkan sirkulasi darah
Buruknya sirkulasi darah pada kaki akan menyebabkan pembengkakan pada urat, sakit kaki dan membuat kaki menjadi dingin. Menggunakan kaos kaki di malam hari akan meningkatkan sirkulasi darah karena kaki akan terjaga pada suhu hangat. 

2. Mengurangi gejala penyakit Raynaud 
Salah satu gejala penyakit Raynaud adalah tangan dan kaki yang menjadi sangat dingin. Hal ini akan berdampak pada pembuluh darah pada kulit dan berkurangnya aliran darah ke tangan dan kaki sehingga menyebabkan kesemutan. 

3. Seks lebih baik 
Pasangan yang menggunakan kaos kaki di malam hari akan mengalami performa seks yang lebih baik dan cenderung lebih mudah mengalami orgasme, menurut para peneliti dari University of Groningen. 

 4. Mencegah semburan panas (hot flash) 
Wanita pada usia menopause akan mengalami fase rasa panas pada kaki yang kemudian akan menyebabkan rambatan rasa hangat ke dalam tubuh, berkeringat, jantung berdebar, dan lainnya. Menggunakan kaos kaki di malam hari akan menjaga suhu tubuh tetap rendah dan sejuk, sehingga terhindar dari gejala-gejala semburan panas. Ilustrasi kaos kaki(shutterstock) 

Menggunakan kaos kaki bisa mengurangi gejala tersebut dan menjaga kaki tetap hangat. Jenis kaos kaki Kamu mungkin bertanya-tanya, jenis kaos kaki seperti apa yang bisa optimal mengurangi gejala-gejala masalah tersebut dan membuat tidur lebih nyenyak. 


Pilihlah kaos kaki yang terbuat dari bahan lembut dan natural, seperti Kashmir, wol atau katun. Pastikan kaos kaki yang kamu gunakan tidak ketat karena justru dapat mereduksi sirkulasi darah dan mengganggu proses penghangatan kaki. Jangan lupa untuk memilih kaos kaki yang lembut dan nyaman digunakan.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tidur Pakai Kaos Kaki Dapat Meningkkatkan Sirkulasi Darah dan Inilah Akibat Kalau Kekurangan Tidur"

Post a Comment

close