Daun Jarum Tujuh Bilah dapat menyembuhkan Mulut atau Gusi Bermasalah

Sebelumnya penulis membabat tanaman ini , tanaman ini tumbuh subur dengan banyak durinya pada batangnya.Pada waktu itu penulis belum tahu kalau nggak ada tetangga yang mau minta daun tersebut untuk pengobatan saudaranya karena sakit.Karena tanaman ini ada manfaatnya bagi kesehatan maka tanaman tersebut sekarang penulis rawat dengan baik .


Tanaman ini diberi nama Daun Jarum Tujuh Bilah karena terdapat tujuh batang duri yang meruncing tajam di sepanjang batangnya.Warna daunnya hijau, bunga berwarna orange dan batangnya berduri. Tanaman ini dalam bahasa  latinnya mempunyai nama Pereskia sacharosa mudah tumbuh pada semua iklim, tertutama iklim tropis. Daunya akan mudah rontok apabila kekurangan air dan mudah pula hidup kalau ada air yang cukup. 

Tanaman ini dalam speciesnya masih dalam keluarga kaktus , yaitu satu satunya kaktus yang berdaun dan daunnya sedikit berlendir dan dapat dijadikan salad. Dalam hidupnya untuk memenuhi pertumbuhannya memerlukan  sinar matahari yang terang dalam iklim tropika. Tanaman ini berasal dari Korea, namun demikian banyak dijumpai dapat tumbuh di Indonesia, Thailand, dan Malaysia.


Image result for gambar daun tujuh bilah
Youtube.com




Tanaman jarum tujuh bintang ini bagus juga dijadikan sebagai tanaman hias. Karena keindahan bunganya tersebut.Bukkan saja indah  sebagai tanaman hias, ternyata tanaman ini terutama daunnya mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh kita.


Daun tujuh duri ternyata mengandung sejumlah senyawa menyehatkan yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit. Juga dapat mengobati beberapa jenis penyakit. Sudah banyak pengobatan herbal yang memanfaatkan khasiat daun ini.

Baca Juga :Daun sirsak dan manfaatnya bagi kesehatan

Daun Jarum Tujuh Bilah ini berkhasiat untuk mengobati kanker stadium 1-2, kista, kanker kolon/usus besar, kanker hidung, mulut/gusi bermasalah, perut kembung, tenggorokan bermasalah, darah tinggi, ambien, pasca operasi, ginjal, anti racun, infeksi, luka bakar dan rematik.
Bagaimana cara menggunakan tanaman ini sebagai obat? Berikut cara menggunakan Daun Jarum Tujuh Bilah sebagai obat :
1. Untuk pencegahan Penyakit
Konsumsi tiap hari 3-5 lembar daun, dikunyah seperti makan sayur atau masukkan 2 helai daun ke dalam air panas, kemudian diminum.
2. Untuk Pengobatan 
Caranya ambil daun  tersebut Sebanyak 10 helai kemudian direbus sampai mendidih ,lalu diminum airnya 3-4 kali sehari.Lakukan ini secara rutin insya Allah akan sembuh.
3. Untuk mengobati luka bakar 
Ambil daun jarum tujuh bilah , kemudian tempelkan daunnya pada luka, atau lebih afdol lagi daun tersebut sampai halus  lalu dioleskan pada luka.
4. Daun dapat dibuat jus dan diminum
Catatan : Jangan mengonsumsi jenis herbal ini dengan mencampurkan bersama dengan air teh, karena dapat mengurangi khasiatnya.

Nah itulah info kesehatan mengenai manfaatnya daun jarum tujuh bilah yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit dalam tubuh kita.

Sumber : bbppketindan.bppsdmp.pertanian.go.id

Comments

Popular posts from this blog

Hernia , Penyebab dan Pengobatannya

RANGKUMAN PELAJARAN FISIKA SEMESTER I KELAS X SMA/MA

CARA MUDAH MENGUKIR BAN BEKAS

Cara memasang Lampu Rem Motor Revo

CARA MUDAH PASANG BAN LUAR AGAR TIDAK NGOBEL

5 CARA MUDAH MENCEGAH BAN BOCOR

CARA EFEKTIF MENAMBAL BAN YANG CEPOL PENTILNYA

Khasiat Daun Kumis Kucing