Daun Kelor Daun Kelor.. hebatnya khasiatmu

Ribuan tanaman tumbuh dipelosok tanah air tercinta ini dan hebatnya banyak dari tanaman tersebut daunnya sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh manusia, salah satunya adalah daun kelor.

Daun kelor yang nama latinnya Moringa Oleifera ini ternyata banyak memiliki khasiat dan bermanfaat bagi kesehatan .daun kelor ini  diduga berasal dari Agra dan Oudh, yang terletak di Himalaya (India). 

Istilah ‘Shigon’ untuk menyebut kelor telah tertulis sejak awal masehi di dalam kitab ‘Shushruta Sanhita’. Ada bukti bahwa daun kelor sejak ribuan tahun yang lalu telah dibudidayakan di India. Masyarakat kuno India sudah tahu bahwa biji kelor mengandung minyak nabati dan digunakan untuk pengobatan. Tanaman ini mempunyai ketinggian hingga 7-11 meter.

Daun kelor berbentuk bulat lonjong, dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan.Penelitian mengenai khasiat daun kelor telah dimulai sejak 1980, pada bagian daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya.

Begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan sehingga Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsinya, karena manfaat dari kandungan daun kelor yang besar, yaitu mengandung:


• Potasium tiga kali lipat dari pada pisang.
• Kalsium empat kali lipat daripada susu.
• Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk.
• Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.
• Dua kali lipat protein dari pada susu.

Organisasi WHO yang menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree, setelah menemukan manfaat penting daun kelor. Id.wikipedia.orgLebih dari 1.300 studi, artikel dan laporan telah menjelaskan tentang manfaat kelor dan kemampuan dalam penyembuhan penyakit, yang penting dalam menghadapi permasalahan wabah penyakit dan masalah kekurangan gizi.



Image result for gambar daun kelor
Viva.co.id


Diambil dari berbagai sumber dibawah ini akan diinfokan beberapa manfaat dari daun kelor , adapun manfaat daun kelor antara lain :


1.Dapat untuk Mencerahkan Wajah 


Masker daun kelor dapat untuk menjaga kebersihan wajah ,secara rutin menggunakan masker daun kelor dapat menghilangkan bintik bintik hitam di wajah , sehingga wajah akan tampak halus dan bersih terawat.


2.Dapat Menurunkan Kadar Gula

Daun kelor yang diolah menjadi sayur maupun dioalah menjadi teh berdasarkan penelitian yang dilakukan di India dapat menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan.Ini dapat terjadi akibat pemberian obat Glibencllamide yang berfungsi meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pankreas. Hal ini menjadikan banyak orang di India yang menggunakan daun kelor sebagai obat herbal dalam menurunkan kadar gula.

3.Dapat Menurunkan kolestrol
Jumlah kolestrol yang tinggi didalam darah dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.Dengan mengkonsumsi daun kelor dapat membantu menurunkan kolestrol dalam tubuh

4.Dapat Mencegah Kanker
Dalam Studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan per  Juni 2011 Jurnal Food and Chemical Toxicology ternyata Ekstra Kelor dapat mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel sel kanker Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa daun kelor dapat menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami.

5.Dapat Mengobati Arthritis
Daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit dari beberapa bentuk arthritis,yang menurut studi yang diterbitkan pada edisi Februari2011 dari journal of Chinese Integrative Medicine. Dalam studi hewan laboratorium , ekstra daun kelor dapat mengurangi kepekaan terhadap  rangsangan yang menyakitkan pada sendi  rematik. Para peneliti menegaskan bahwa kombinasi akar dan ekstra daun kelor memiliki  efek sinergis untuk mengurangi rasa sakit.

6.Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam sebuah penelitian ilmiah yang telah dilakukan untuk membuktikan bahwa daun kelor sangat baik untuk kesehatan jantung maka para ahli melakukan percobaan ilmiahnya dengan menggunakan seekor tikus sebagai hewan percobaan. Dan hasilnya bahwa daun kelor dapat mencegah tumbuhnya bibit penyakit pada jantung juga ada manfaat lain yaitu sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

7.Untuk Mencegah Sakit Mata 
Ternyata masih ada lagi manfaat daun kkelor bagi kesehatan , yaitu daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, adapun caranya dengan menghaluskan daun kelor dan menambah 100ml air kemudian saring dan pisahkan .Gunakan air saringan tersebut untuk membasuh mata sdetiap harinya , maka mata yang sakit dan terasa lelah akabn kembali sehat dan segar.

8.Menjaga Kesehatan Ginjal
Kesehatan adalah paling utama , karena dengan tubuh yang sehat kita bisa dengan enteng melakukan bermacam macam aktivitas .Namun kalau salah satu anggota organ tubuh kita mengalami penyakit seperti sakit ginjal misalnya , maka kita tidak dapat  melakukan kegiatan dengan nyaman,
Orang yag terserang penyakit ginjal dapat diobati dengan daun kelor.Yaitu dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin, maka secara bertahap  ginjal akan melakukan penyembuhan dan ginjal akan sehat kembali dan berfungsi secara optimal.


9.Menyembuhkan Jerawat

Hebatnya daun kelor ini dapat menyembuhkan beragam penyakit , apalagi orang yang mempunyai jerawat.Jerawat yang sedang meradangpun akan cepat kempes dan sembuh dengan daun kelor.
Cara mengatasi jerawat tersebut cukup tempelkan daun kelor yang telah dihaluskan pada bagian wajah yang berjerawat sebagai masker.Insya Allah secara bertahap jerawat akan hilang. 

Itulah  manfaat daun kelor yang dapat untuk mengobati beragam penyakit dari yang ringan sampai penyakit yang berat semoga dapat bermanfaat.
Sumber : dari berbagai sumber
































Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daun Kelor Daun Kelor.. hebatnya khasiatmu "

Post a Comment

close