Inilah akibatnya Kalau Menahan Kencing Terlalu Lama





Seseorang menahan kencing terlalu lama dapat terjadi karena adanya suatu keadaan ,dimana dalam aktivitasnya dalam perjalanan mengalami adanya kendala seperti ; kemacetan lalu lintas, toilet yang masih jauh ,ataupun  toilet yang rusak .
Karena alasan itulah seseorang terpaksa menahan kencing. 

Buang air kecil menunjukkan juga  suatu tanda – tanda tertentu yang dapat kita jadikan sebagai patokan alat ukur mengenai kesehatan kita. Hal ini dapat dilihat dari  warna  urine yang keluar dari tubuh kita. Apabila memiliki warna yang jernih atau bening, dapat disimpulkan bahwa tubuh kita memiliki siklus pencernaan yang berjalan dengan sangat baik. 


Namun, apabila urine berwarna kuning pekat, maka terdapat adanya gangguan pada pencernaan, seperti dehidrasi. Selain itu urine yang keluar bersamaan dengan darah juga menunjukkan adanya infeksi pada bagian – bagian organ dalam tertentu.
Apakah bahaya bagi kesehatan ?,tentu berbahaya bagi kesehatan ,dibawah ini akibat dari seringnya menahan  kencing terlalu lama , yaitu :

1.Inveksi Saluran Kemih
Proses buang air kecil ini menandakan bahwa sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh bekerja dengan baik dan normal. 
2. Dapat mengganggu proses pencernaanApabila menahan buang air kecil terlalu sering, maka secara langsung akan mengganggu dan merusak proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh,  seharusnya proses pencernaan sudah selesai, namun terganggu , maka hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan berikutnya.



Namun dengan seringnya menahan kencing terlalu lama  kalau keseringan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

Kalau pada wanita, keseringan menahan kencing ini bisa bikin anyang-anyangan, sakit, dan air kencing jadi berwarna merah karena ada infeksi

Kandung kemih rata-rata memiliki kapasitas menampung urine sekitar 0,4 liter dan ketika seseorang menahan buang air kecil, maka kandung kemih akan melakukan mekanisme seperti halnya melar atau meregang.

Bahaya menahan kencing terlalu lama yang pertama dan umum adalah terjadinya infeksi pada saluran kandung kemih. Orang yang sering menahan kencing sangat beresiko tinggi untuk menderita penyakit ini. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan bakteri disekitar uretra.

Uretra adalah tabung yang mengangkut urine dari kandung kemih ke luar, jadi ketika urine ditahan, bakteri cenderung masuk dan menumpuk.

Proses pencernaan berikutnya akhirnya menumpuk karena belum membuang sisa hasil pencernaan sebelumnya.Akibatnya organ – organ yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan pun akan terganggu  seperti ginjal, kandung kemih dan saluran kencing akan sangat pentin fungsinya.

3. Akan menimbulkan penyakit – penyakit dan infeksi pada organ pecernaan


Dengan menahan buang air kecil, akibatnya  organ organ tubuh akan  mengalami penyakit – penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan. Berikut ini beberapa penyakit yang terjadi akibat sering menahan untuk membuang air kecil :

 a.Infeksi Pada Ginjal
Infeksi pada ginjal disebabkan oleh menumpuknya urine karena menahan air kencing yang seharusnya dikeluarkan pada bagian ginjal. Infeksi pada ginjal dapat berpengaruh pada :

-.Siklus pembuangan urine
-.Pendarahan ketikak melakukan buang air kecil 
-.Terjadinya gagal ginjal 
Sebaiknya dengan mengkonsumsi air mineral 8 gelas tiap hari Infeksi pada ginjal masih dapat disembuhkan dan juga menghentikan kebiasaan menahan buang air kecil .


b.Gagal Ginjal. 

Dengan menumpuknya kotoran yang berasal dari urine yang seharusnya dikeluarkan, maka ginjal akan mengalami kerusakan apabila menampung urine terlalu lama. Hal ini biasa disebut dengan istilah gagal ginjal.

Apabila gagal ginjal sudah terjadi, maka :

* Ginjal tidak mampu menyaring dan membuang kotoran kotora sisa pencernaan
*Siklus pencernaan akan mengalami gangguan dan semakin buruk.
 Apabila gagal ginjal merupakan tahapan yang sudah parah dan tidak disembuhkan ,maka gagal ginjal hanya dapat diatasi dengan cara melakkukan pendonoran pada ginjal pasien


c.Batu Ginjal
Batu pada ginjal akan terbentuk ketika urine yang menumpuk pada bagian ginjal mulai menggumpal dan mengalami pengerasan. Pengerasan ini dapat terjadi, karena urine memiliki kandungan Kristal – Kristal garam, yang akan menggumpal dan mengeras ketika semakin bertambah banyak. 


Batu ginjal akan membuat terjadinya :
-.infeksi pada ginjal 
-.Rasa sakit dan perih pada saat melakukan buang air kecil   
-.sulit melakukan buang air kecil  
-.Rasa nyeri pada bagian ulu hati




Untuk mengatasi batu ginjal yang sudah terjadi, maka harus dilakukan operasi pembedahan untuk mengangkat dan menghancurkan batu ginjal yang muncul.

4. Kandungan kemih sensitif 

Bahaya  kandungan kemih adalah gangguan pada sensitifitas kandung kemih. Banyak faktor yang mengakibatkan penyakit ini. Beberapa faktornya ialah makanan yang dikonsumsi dan menahan keinginan untuk kencing. 

Kebiasaan menahan kencing secara tidak sadar akan memegaruhi fungsi dari reseptor pada dinding kandung kemih. Menahan kencing akan merusak kemampuan reseptor dan akhirnya mengarah pada infeksi saluran kemih.  

Retensi urine ialah ketidak mampuan untuk mengosongkan kandung kemih. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kronis dan akut yang umumnya diderita seseorang yang memiliki kebiasaan menahan kencing. 

Menurut sudut pandang kesehatan, menahan kencing terlalu lama tentu bukan hal yang baik dan lebih banyak menghasilkan efek yang buruk untuk kesehatan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jadi mulai sekarang jangan menunda-nunda buang air kecil.
Sumber :Berbagai sumber
 
 


 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah akibatnya Kalau Menahan Kencing Terlalu Lama"

Post a Comment

close