Tips Melepas Stiker Motor atau Mobil Dengan Aman


Orisinilitas kendaraan dapat dilihat dari fasilitas fasilitas yang ada pada kendaraan masih utuh , dan menempel pada body seperti jok , tangki , stang , mesin dan lain lain termasuk yang kecilpun yaitu stiker bawaan pabrik. 

Stiker bawaan ini akan memberikan gambaran bahwa kendaraan tersebut siapa yang memproduksi ( Honda , Yamaha .dll) dan tahun berapa kendaraan tersebut diproduksi dan juga stiker yang menempel di body akan memberikan keindahan pada kendaraan tersebut sehingga enak dilihat.


Namun seiring kemajuan tekhnologi banyak bermunculan stiker stiker yang beredar di pasaran maupun di media media baik elektronik maupun surat kabar.Melalui internet kita dapat melacak stiker stiker yang kita inginkan  dengan design yang menawan .

Kemunculan stiker stiker ini akan menggoyahkan pemilik motor untuk mengganti  stiker lamanya dengan stiker yang baru karena menurutnya lebih gahar dan macho apabila dipasang dengan stiker yang baru tadi.

Nah sekarang problemnya disini , bagaimana untuk melepas stiker lama atau bawaan agar pada waktu melepas stiker tersebut tidak merusak cat dari body motor tersebut.

Dibawah ini akan penulis ajak bagaimana cara melepas stiker agar tidak merusak cat body motor,  yang penulis sitir dari www.otomotifo.com

1. Basahi Terlebih Dahulu Stiker
Agar proses melepaskan stiker menjadi lebih mudah, kami sarankan untuk terlebih dahulu membasahi stiker yang akan dilepas. 

Anda bisa menggunakan cairan WD-40 yang merupakan cairan pembersih. Jika tidak memilikinya,  juga bisa menggunakan air biasa. Hal ini sangat penting agar stiker tidak terlalu lengket serta membersihkan kotoran pada stiker yang akan dilepas.

2.Panaskan Stiker Yang Akan Dilepas
Cara melepas stiker motor ataupun striping motor yang kedua adalah terlebih dahulu memanaskannya agar nantinya striping mudah dilepas. Anda bisa menggunakan korek apik yang digerakan ke kiri atau ke kanan untuk memanasi stiker. 

Pastikan jarak antara stiker dan korek api tak terlalu dekat agar tidak membuat body motor lumer. Selain itu, anda bisa menggunakan hair dryer, namun suhunya jangan terlalu panas agar tidak merusak cat. Hair Dryer juga sering digunakan tukang skotlet untuk melepas stiker dengan mudah, jadi anda wajib mencoba cara yang satu ini.

3.Lepaskan Stiker Dari Body
Setelah semua stiker atau striping dipanaskan, lalu kita menarik perlahan-lahan stiker yangmasih menempel sampai semuanya terlepas. 

Agar proses ini berjalan mudah, kami sarankan untuk melepas stiker dari ujung hingga ke bagian belakang, sehingga tidak ada bagian yang tertinggal. Kami jamin stiker akan mudah terlepas, karena sebelumnya telah dipanaskan. 

Apabila ada bagian yang dirasa sulit dilepas, maka  bisa dicoba lagi memanaskan stiker tersebut dengan hair dryer atau korek.


4.Menghilangkan Bekas Perekat
Stiker yang dilepas biasanya meninggalkan sisa-sisa lem perekat pada permukaan body motor. Cara membersihkannya sangat simple. 

Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih lalu gosok menggunakan kain lap halus. Menurut kami minyak kayu putih lebih bagus dibandingkan menggunakan bensin yang nantinya bisa membuat cat ikut luntur. 

Nah setelah bersih, maka langkah selanjutnya tinggal mengoleksan pemoles yang mengandung compound agar body motor kembali mulus.

5.Cuci Motor Sampai Bersih
Langkah yang terakhir adalah tinggal mencuci motor sampai bersih dan jangan lupa mengolekskan cairan pembersih, seperti “Kit Motor Multi Guna” untuk mengkilapkan dan melindungi seluruh body motor. 

Sekarang motor yang sudah dilepas stikernya terlihat polos dan tampak lebih mewah. Selanjutnya anda yang tinggal menentukan, apakah motor akan dibuat polos atau dipasangi decal stiker yang akan melapisi seluruh body motor.

Selera setiap orang berbeda-beda. Jadi jangan heran apabila ada beberapa orang yang rela melepas stiker bawaan motor yang notabennya dirancang agar tampilan motor semakin sporty. 

Namun sayangnya hal tersebut sering kali menurunkan harga jual motor, karena membuat motor tidak standar lagi. Oleh karena itulah anda harus berikir dua kali sebelum mengikuti cara melepas stiker motor yang kami sampaikan di atas.
Bagi yang masih ragu untuk melepas stiker motor, kami sarankan untuk memilih menutupi body motor dengan stiker. Walaupun hasilnya tak terlalu sempurna, namun yang paling tidak motor akan terlihat polos. 


Nah itulah Tips untuk melepas stiker pada kendaraan bermotor anda yang dapat dilakukan dengan aman , semoga info ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Sumber :www.otomotifo.com 

Comments

Popular posts from this blog

Hernia , Penyebab dan Pengobatannya

RANGKUMAN PELAJARAN FISIKA SEMESTER I KELAS X SMA/MA

CARA MUDAH MENGUKIR BAN BEKAS

Cara memasang Lampu Rem Motor Revo

CARA MUDAH PASANG BAN LUAR AGAR TIDAK NGOBEL

5 CARA MUDAH MENCEGAH BAN BOCOR

CARA EFEKTIF MENAMBAL BAN YANG CEPOL PENTILNYA

Khasiat Daun Kumis Kucing