Inilah Beberapa Penyebab Timbulnya Asam Urat

 Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Penumpukan asam urat ini akan membentuk kristal di sendi, yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. 

Meskipun umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih.

Dibawah ini penulis paparkan ada beberapa makanan maupun minuman yang berpotensi menyebabkan penyakit asam urat yang ada pada tubuh manusia antara lain :  


Minuman Soda
Jangan terlalu  sering minum minuman bersoda! Perlu diketahui   bahwa di balik sensasi rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda menyimpan bahaya yang serius bagi tubuh.


Menurut Dr. Fields , Sirup jagung fruktosa tinggi, adalah penyebab meningkat…

Impor Rektor Asing upaya menaikkan rangking PTN Indonesia di kelas dunia

Seperti kita ketahui pendidikan perguruan tinggi negeri di Indonesia masih kalah bersaing dengan perguruan tinggi luar negeri , contohnya dengan negara tetangga kita yaitu  Singapura yang lebih muda dari Indonesia ternyata Singapura perguruan tingginya yang berdiri tahun 1981  telah masuk 50 besar dunia ,karena apa ? Singapura mendatangkan Rektor dari Amerika. Bukan hanya Singapura saja , China dan juga Arabsaudi pun untuk memajukan perguruan tingginya juga mengimpor rektor asing.


Untuk itu, perlu dilakukan lompatan dan tidak bisa hanya seperti biasa (business as usual). Masalah yang dihadapi antara lain penganggaran dan manajemen.
"Karena rektor dari asing punya 'network' (jaringan) yang baik di dunia, harapannya bisa memperbaiki pendidikan tinggi yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, berbagai regulasi yang terkait itu harus kita perbaiki dulu, supaya nanti ada perguruan tinggi yang dipimpin rektor asing itu berjalan dengan baik," kata Nasir kepada wartawan di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Seberapa jauhkah perguruan tinggi negeri Indonesia dibandingkan dengan perguruan tinggi luar negeri, dibawah ini penulis nukil dari harian Kompas.com menggambarkan kedudukan perguruan tinggi negeri terbaik di  Indonesia  dalam urutan rangking dunia.


Berikut daftar 9 universitas Indonesia dalam pemeringkatan WUR ( World University Rangkings )2019/2020 
1. Universitas Indonesia ( peringkat ke-296 dunia) 
2. Universitas Gadjah Mada (peringkat ke-320 dunia) 
3. Institut Teknologi Bandung (peringkat ke-331 dunia) 
4. Institut Pertanian Bogor (peringkat ke-601-650 dunia) 
5. Universitas Airlangga (peringkat ke-651-700 dunia) 
6. Universitas Padjadjaran (peringkat ke-751-800 dunia) 
7. Universitas Bina Nusantara (peringkat ke-801-1.000 dunia) 
8. Universitas Diponegoro (peringkat ke-801-1.000 dunia) 
9. Institut Teknologi Surabaya (peringkat 801-1.000 dunia)

Berdasarkan data yang ada tersebut Presiden Jokowi meminta agar Perguruan Tinggi di Indonesia bisa sekelas dengan Perguruan Tinggi luar negeri, hal ini dijelaskan oleh Kemenristekdikti seperti yang penulis kutip dari   https://edukasi.kompas.com  Kemenristekdikti merencanakan pada tahun 2020 sudah ada perguruan tinggi negeri ( PTN) yang dipimpin rektor terbaik luar negeri dan tahun 2024 jumlahnya akan ditambah menjadi lima PTN. "Kita baru mappingkan, mana yang paling siap, mana yang belum dan mana perguruan tinggi yang kita targetkan (rektornya) dari asing. Kalau banyaknya, dua sampai lima (perguruan tinggi dengan rektor luar negeri) sampai 2024. 

Tahun 2020 harus kita mulai," ungkap Menristekdikti Mohamad Nasir dilansir dari rilis resmi Kemenristekdikti (26/7/2019). 

Menurut Menristekdikti  langkah rekrutmen rektor luar negeri ini guna meningkatkan ranking perguruan tinggi Indonesia masuk dalam 100 universitas terbaik dunia menurutnya : 

1. Sudah Lumrah dilakukan 

Menurut Menristekdikti mengimpor  rektor asing dalam memimpin perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi publik di suatu negara lumrah dilakukan di luar negeri, terutama di negara-negara Eropa, bahkan di asia seperti Singapura juga melakukan hal yang sama. Pendidikan tinggi di Singapura bergerak maju karena banyak dosen dan rektornya dari asing. demikian juga  Taiwan, Hongkong, Arab Saudi juga melakukan hal yang sama dengan mempekerjakan dosen dan rektor asing.

2. Akselerasi ranking dunia 

Aplikasinya menurut Menteri Nasir mencontohkan, Nanyang Technological University (NTU) yang baru didirikan pada 1981, namun saat ini sudah masuk 50 besar dunia dalam waktu 38 tahun. "Saya ambil contoh, negara yang paling dekat kita, Singapura. Singapura ada NTU, Nanyang Technological University. NTU itu berdiri tahun 1981. Mereka di dalam pengembangan, saya pada saat itu diskusi dengan menteri dari Singapura, apa sejarahnya sehingga berhasil. Ternyata mereka mengundang rektor dari Amerika dan dosen-dosen beberapa besar. Mereka dari berdiri belum dikenal, sekarang bisa masuk 50 besar dunia," papar Menteri Nasir. 

3. Pendidikan kualitas dunia 
Harapan kedepannya  menteri Nasir juga menyampaikan dengan rektor luar negeri dan dosen luar negeri meningkatkan ranking perguruan tinggi Indonesia, rakyat Indonesia akan lebih dekat dengan pendidikan tinggi yang berkualitas dunia. Menristekdikti mencontohkan banyaknya masyarakat Indonesia yang harus pergi ke luar negeri, termasuk NTU untuk mendapatkan pendidikan tinggi terbaik. "Karena rektor asing dan kolaborasinya yang ada di Singapura, (NTU) bisa mendatangkan mahasiswa dari Amerika, Eropa, bahkan Indonesia ke sana," ungkap Nasir. 

4. Peringkat 100 dunia 
Memang berat beban tugas rektor asing yang harus diemban Salah satu tugas rektor luar negeri ini adalah meningkatkan kualitas PTN hingga peringkat PTN ini bisa naik ke tingkat lebih tinggi.  "(Kita nanti tantang calon rektor luar negerinya) kamu bisa tidak tingkatkan ranking perguruan tinggi ini menjadi 200 besar dunia. Setelah itu tercapai, berikutnya 150 besar dunia. Setelah ini 100 besar dunia. Harus seperti itu," jelas Menristekdikti.

Semoga wacana  Menristekdikti untuk mendatangkan rektor asing dapat terlaksana demi kemajuan dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi di Indonesia.Dengan adanya peningkatan ranking berkelas dunia  perguruan tinggi negeri akan memberikan dampak positif bagi Indonesia dimata dunia.

Comments

Popular posts from this blog

RANGKUMAN PELAJARAN FISIKA SEMESTER I KELAS X SMA/MA

Hernia , Penyebab dan Pengobatannya

CARA MUDAH MENGUKIR BAN BEKAS

CARA EFEKTIF MENAMBAL BAN YANG CEPOL PENTILNYA

5 CARA MUDAH MENCEGAH BAN BOCOR

Cara memasang Lampu Rem Motor Revo

Inilah Beberapa Penyebab Timbulnya Asam Urat

CARA MUDAH PASANG BAN LUAR AGAR TIDAK NGOBEL