Cara memperbanyak koloni semut rangrang dengan mudah dan murah

Betenak semut rangrang adalah mudah mudah susah , mudahnya cara perawatannya yang tidak merepotkan susahnya terutama bagi pemula untuk memperbanyak koloni .Bagi pemula jumlah koloni yang terbatas tentu jadi kendala dan tentu hal ini belum bisa untuk menghasilkan kroto yang diharapkan dan ini harus tunggu lama sekali berbulan bulan bahkan tahunan agar koloni yang kita pelihara dapat bertambah banyak.  


Dan apabila kita mau cari dikebon ternyata sudah jarang sekali sarang semut rangrang kita temui , bahkan penulis pernah pesan sama orang untuk mencarikan sarang semut rangrang tersebut sampai berbulan bulan yang tadinya sanggup ternyata tidak ada yang bisa memenuhi.

Dan apabila kita beli dipeternak ada banyak peternak yang mau jual bibit semut rangrang bahkan beserta ratunya , tapi harganya cukup mahal satu toplesnya .Satu toples bibit semut rangrang ternyata tidak penuh bahkan kalau sampai tujuan banyak yang mati, karena penulis pernah mengalami sendiri.

Berdasarkan kendala tersebut diatas penulis tidak putus harapan ,penulis pergi kepasar burung untuk membeli kroto yang segar.Artinya kroto segar yaitu kroto yang baru diunduh dari kebon atau hutan yang kemudian dijual di pasar burung langganannya.




Apa maksudnya dengan kroto segar tersebut ,buat pakan burung,,? bukan, tapi penulis taruh dikoloni semut rangrang disekitar toples.Wah ternyata kroto kroto tersebut diangkuti oleh semut rangrang secara berbaris dibawa masuk menuju sarangnya yaitu toples.Didalam toples kroto kroto tersebut ditata dengan rapi menempel didinding toples.

Berdasarkan ujicoba tersebut akhirnaya kalau pergi kepasar burung dipastikan pulang dengan membeli kroto yang segar.Ingat krotonya yang baru diunduh yang harus kita beli , karena kalau kroto yang sudah lama banyak kemungkinan calon bibit tersebut banyak yang sudah mati.Hal ini dapat kita perhatikan kalau kita beli kroto yang sudah lama , dan kenapa semut rangrang mengangkut kroto kepinggir meja ternak dan dibuang ?, yaitu karena bibit krotonya sudah mati.Karena semut rangrang sendirilah yang tahu mana kroto yang masih hidup dan mana yang sudah mati.Jadi kalau semut rangrang tersebut membawanya kedalam toples berarti bibit tersebut masih hidup .Tapi kalau dibawa kepinggir meja biasanya akan dibuang karena bibit tersebut sudah mati.


Dan mudahnya lagi kita beli kroto hanya lima ribu rupiah saja sudah dapat banyak kroto dan ini tergantung kita sendiri kalau mau cepat banyak koloni semut rangrang yang kita ternak maka tiap hari kita bisa beli kroto yang hanya limaribu rupiah tersebut,sedikit demi sedikit akhirnya menjadi bukit.  

Akhirnya lama kelamaan kroto tersebut akan menjadi semut rangrang yang akan memperbanyak koloni semut rangrang kita. 

Demikianlah tips yang mudah bagi peternak semut rangrang pemula termasuk penulis sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara memperbanyak koloni semut rangrang dengan mudah dan murah"

Post a Comment

close