Tips Mengetahui Kampas Rem Asli atau Palsu

Kampas rem merupakan salah perlengkapan kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun kendaraan roda empat dan masih banyak lagi kendaraan yang menggunakan kampas rem.


Kampas rem ini berkaitan dengan roda kendaraan tersebut dimana fungsi kampas rem untuk menahan laju kendaraan dari kecepatan tinggi menjadi kecepatan rendah sesuai yang diinginkan pengendara.

Prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat, dengan demikian laju kendaraan menjadi pelan atau berhenti dikarenakan adanya kerja rem.

Demikian juga fungsi kampas rem berguna untuk menghindari kejadian kejadian yang tak diinginkan seperti menghindari kecelakaan , mengurangi kecepatan pada waktu melewati jalan turunan.Tidak berfungsinya kampas rem dapat mengakibatkan fatal bagi pengendara yang dapat mengakibatkan keselamatan bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Banyak kampas rem yang beredar dipasaran dengan segala macam merk yang menawarkan keunggulan produknya masing masing , baik itu yang asli maupun yang tiruan atau palsu.

Namun demikian ada beberapa tips untuk mengetahui kampas rem tersebut asli atau palsu  
Ada lima tips yang bisa diterapkan untuk membedakan kampas rem asli atau palsu. 

Berikut tipsnya seperti dikutip situs resmi Honda, Jumat 26 Juli 2019:
1. Perhatikan barcode, produk asli menggunakan barcode yang tidak tercetak      dalam kemasan tetapi dibuat dalam bentuk stiker.
2. Kampas rem yang asli dilapisi dengan lapisan anti jamur (chrome) yang berwarna kekuningan, namun produk palsu berwarna abu-abu pucat.
3. Terdapat ciri khas marking masing-masing produk.
4. Produk asli terdapat nomor produksi pada bagian ujung body, sementara yang palsu tidak.
5. Posisi dudukan panel presisi untuk produk asli, namun untuk yang palsu tidak presisi.

Nah demikianlan tips untuk mengetahui kampas rem kendaraan motor anda yang mau dibeli agar mendapatkan kampas rem yang diinginkan dan  tidak mudah tertipu karena banyaknya produk yang beredar dipasaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengetahui Kampas Rem Asli atau Palsu"

Post a Comment

close