Posts

Showing posts from August 17, 2019

Kram Otot dan Pencegahannya

Kram Otot
Kram otot adalah kontraksi tiba-tiba dan tidak disengaja dari satu atau lebih otot kaki. Mungkin  pernah terbangun di malam hari atau berhenti di jalur Anda oleh kuda charley yang tiba-tiba, Anda tahu bahwa kram otot dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat. 
Meskipun umumnya tidak oberbahaya, kram otot dapat membuat sementara tidak mungkin untuk menggunakan otot yang terkena.

Penyebab Kram Otot

Kram Otot dapat terjadi apabila 
*. Olahraga atau menggunakan tenaga fisik dalam waktu lama, terutama di cuaca panas, dapat menyebabkan kram otot. 
*. Beberapa obat dan kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan kram otot. Anda biasanya dapat mengobati kram otot di rumah dengan tindakan perawatan diri.
*. Terlalu sering menggunakan otot, 
*. dehidrasi, 
*. ketegangan otot atau hanya memegang posisi untuk waktu yang lama

Apa Gejalanya 
Kebanyakan kram otot berkembang di otot-otot kaki, terutama di betis. Selain rasa sakit yang tiba-tiba dan tajam, Anda mungkin juga merasakan atau melihat benjo…

Manfaat Makanan Pedas

Image
Manfaat Makanan Pedas
Kita akan merasa kurang nikmat apabila makan tidak bercitarasa pedas. Makan dengan makanan bercita rasa pedas akan terasa lezat dan akan menimbulkan nafsu makan yang berbeda. 

Perlu anda ketahui makan dengan makanan bercitarasa pedas setidaknya akan membakar 75 kalori dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan yang tidak pedas. 

Universitas Purdue di India telah mengandalkan penelitian bahwa kandungan capsaicinoid yang ada di dalam makanan pedas akan membantu anda dalam mengurangi rasa lapar. 

Ada beberapa manfaat lain dari mengkonsumsi makanan pedas seperti dilansir dari boldsky.com.

1. Menyegarkan pernapasan
Makanan pedas banyak mengandung bahan alami yang berasal dari rempah-rempah di dalamnya. 

Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan alami dari rempah-rempah akan mampu melindungi paru-paru dan iritasi serta polutan, seperti asap rokok, knalpot, debu, dan virus penyakit. 

Sehingga dengan mengkonsumsi makanan pedas dari rempah-rempah dapat …

Dahsyatnya Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Image
Tomat yang dalam bahasa latinnya Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum adalah tumbuhan dari keluarga solanacea, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Dan tomat merupakan tumbuhan  yang siklus hidupnya singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses.

Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.



Mencegah Kanker Prostat
Tomat merupakan buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi, salah satunya adalah likopen. Manfaat likopen yang terkenal adalah mencegah kanker prostat.
Semakin bertambahnya usia, risiko terkena kanker prostat juga meningkat. Sekarang ini prevalensi kanker prostat di Indonesia mencapai 11/100.000 pria.

Ada cara mudah untuk mencegah kanker prostat yakni dengan mengonsumsi tomat. Tapi…